1
Muslim Lifestyle

Jangan Lupa, Ini Keutamaan Dzikir Ketika Masuk Pasar!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Beribadah dan berdzikir bukan hanya dilakukan di saat-saat tertentu, atau di tempat khusus beribadah. Sebagai seorang muslim, hendaknya kita selalu menyertakan Allah dalam setiap kegiatan kita. Termasuk saat berbelanja di pasar. Dzikir ketika masuk pasar pun punya beberapa keutamaan.

Baca juga: Adab Masuk Pasar Menurut Islam Agar Terhindar dari Maksiat

Doa dan Dzikir ketika Masuk Pasar

Sebelum masuk pasar, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca setiap muslim. Doa ini akan membuat kita senantiasa dilindungi oleh Allah. Sehingga terhindar dari gangguan setan. Umar bin Khatab ra mengungkapkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca: Laa ilaaha illalllah, wahdahu laa syariika lah, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa huwa ‘alaa kulli syai’in qodiir, Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan.” (HR.At Tirmidzi, Al Hakim, dan Ibnu Majah)

Hadis tersebut berisi pesan Rasulullah untuk senantiasa berdoa dan berdzikir ketika di pasar dengan teks Doa Masuk Pasar berikut ini.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaaha illalllah, wahdahu laa syariika lah, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa huwa ‘alaa kulli syai’in qodiir

Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya dan Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Tempat Mana Saja yang Disebut Pasar?

Menurut para ulama, tempat yang disebut pasar adalah tempat yang didatangi orang-orang, dimana terjadi jual beli berbagai macam barang dagangan. Di masa kini, tempat yang disebut pasar adalah pasar tradisional atau modern, supermarket, mall, dan toko-toko besar.

webinar umroh.com

Di tempat yang disebut pasar itu, orang-orang melakukan transaksi jual beli, dan kesibukan sering membuat manusia lupa pada Allah. Karena itu, para ulama menjelaskan bahwa pasar menjadi tempat berkumpulnya setan dan bala tentaranya.

Berdzikir saat berada di pasar bisa membuat kita terlindung dari godaan setan. Setan bisa melalaikan manusia untuk bermaksiat dalam bentuk apapun jika kita lalai dari mengingat Allah. Terus mengingat Allah dan melafalkan dzikir menjadi langkah untuk memerangi setan. Selain itu, berdzikir juga akan mendatangkan pahala bagi kita.

Keutamaan Dzikir Ketika Masuk Pasar

1. Berdzikir di Kala Tidak Banyak Orang Beramal

Umroh.com merangkum, melafalkan dzikir ketika sedang berada di pasar sebenarnya merupakan sebuah amalan yang dilakukan di tengah orang yang sedang tidak beramal.

2. Meraih Pahala Lebih Besar

Dzikir ketika masuk pasar termasuk amalan rahasia. Amalan sunnah yang dirahasiakan akan memberikan nilai pahala lebih besar. Untuk mengusahakan kerahasiaannya, ada baiknya dzikir di pasar dilakukan dengan suara lirih dan tidak menggunakan tasbih.

Bukan hanya karena perkara kerahasiaannya, berdzikir di pasar juga menghadirkan pahala lebih besar karena dilakukan di tengah orang yang tegah lalai. Ia tidak terhanyut mengikuti apa yang dilakukan masyarakat di sekitarnya, sehingga menjadikan amalan itu lebih berat. Semakin berat amalan, maka pahalanya lebih besar.

3. Menjadi Sebab Allah Menangguhkan Adzab

Jika ada seseorang yang menyempatkan diri beramal di tengah orang yang lalai, maka hal itu bisa menjadi sebab Allah menangguhkan azab-Nya. Ibnu Rajab menjelaskan bahwa para ulama salaf mengungkapkan bahwa berdzikir dan mengingat Allah di tengah orang yang lupa pada Allah, ibarat melindungi sekelompok masyarakat yang lemah. Jika bukan karena keberadaan orang yang berdzikir di tengah manusia yang lalai, niscaya mereka akan binasa.

Tak hanya menjadi tamu istimewa Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paket umroh terbaik di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4.  Allah Mengampuni Dosa Kita

Ada sebuah kisah yang dituturkan oleh Abu QIlabah, seorang ulma Tabi’in. Dalam kitab yang ditulisnya, disebutkan ada dua orang mukmin yang bertemu di pasar. Salah satu kemudian memberi saran atau nasihat pada temannya, “Mari kita memohon ampun kepada Allah di tengah kelalaian manusia”.

Mereka berdua kemudian banyak membaca istighfar di tengah manusia yang ada di pasar itu. Kemudian suatu hari salah satu dari mereka meninggal dunia. Salah seorang yang masih hidup kemudian bertemu dengan temannya yang telah meninggal itu di dalam mimpi. Temannya yang telah meninggal itu berkata, “Tahukah kamu? Ternyata Allah mengampuni dosa kita di sore hari, ketika kita bertemu di pasar”.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Mendapat Tambahan Rezeki dan Karunia dari Allah

Berdzikir kepada Allah akan menjadi jalan untuk menggapai ridho dan rahmat dari Allah. Atas amal sholeh yang kita lakukan, berupa dzikir, shalat, atau zakat, kita akan mendapat balasan yang lebih baik dari Allah. Sebagaimana janji Allah dalam ayat berikut ini.

“Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingat Allah, mendirikan shalat, dan membayarkan zakat. Mereka takut pada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. (Mereka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberi balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas” (QS.An Nur: 37-38).

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.