1
Muslim Lifestyle

Jangan Sampai Terjerumus, Inilah Dalil Tentang Syirik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Seseorang yang beriman hendaknya tidak menyekutukan Allah. Perbuatan menyekutukan Allah disebut syirik. Itu termasuk dosa besar. Dalil tentang syirik berikut ini perlu kita pahami. Sehingga kita tidak terjerumus pada perbuatan tersebut.

Allah Tidak Memiliki Sekutu

“Tiada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya dan Dialah yang Maha mendengar lagi Maha melihat.” (QS.Asy Syura: 11).

Larangan Berbuat Syirik, Terutama di Masjid

“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu ialah milik Allah. Maka janganlah kalian menyembah sesuatu pun di dalamnya selain Allah.” (QS.Al Jinn: 18).

Baca juga: Terungkap! Ini Hukum Syirik yang Tak Terbantahkan

Pertanyaan Allah kepada Pelaku Syirik

“Katakanlah wahai Muhammad, ‘Siapakah yang memberi kalian rezeki dari langit dan bumi? Siapa yang menguasai pendengaran dan penglihatan? Siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati, dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup? Siapa yang mengatur segala urusan?’ Maka mereka akan menjawab, ‘Allah.’ Maka katakan, ‘Lantas mengapa kalian tidak bertakwa?” (QS.Yunus: 31)

“Dan jika engkau bertanya kepada mereka, ‘Siapakah yang menciptakan mereka?’ Maka mereka pasti menjawab, ‘Allah.’ Lantas bagaimana mereka dapat dipalingkan?” (QS.Az Zukhruf: 87)

Syirik adalah Kezaliman yang Besar

“Sesungguhnya menyekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar.” (QS.Luqman: 13)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Hadis Tentang Dosa yang Paling Besar

“Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang dosa-dosa besar yang paling besar?” (Beliau mengulangi pertanyaan ini tiga kali.) Mereka (para Sahabat) menjawab: “Tentu saja, wahai Rasulullah.”

webinar umroh.com

Beliau lalu bersabda, “Syirik kepada Allah, durhaka kepada kedua orang tua.” Ketika itu beliau bersandar lalu beliau duduk tegak seraya bersabda: “Dan ingatlah, (yang ketiga) perkataan dusta!” (HR.Bukhari dan Muslim)

Balasan bagi Orang yang Menyembah Selain Allah

“Dan barangsiapa menyembah ilah yang lain bersama Allah, padahal tidak ada satu dalil pun baginya tentang itu, maka sesungguhnya perhitungannya di sisi Rabb-nya. Sesungguhnya orang-orang kafir itu tiada beruntung” (QS.Al Mukminun: 117)

Syirik adalah Dosa yang Tidak Diampuni

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa selain dari (syirik) itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa mempersekutukan Allah (berbuat syirik), maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar” (QS.An Nisa: 48).

Pelaku Syirik Diharamkan dari Surga

“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan Surga kepadanya, dan tempatnya adalah Neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zha-lim itu seorang penolong pun.” (QS.Al Maidah: 72)

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paket umrohnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Dalil tentang Syirik Akan Menghapus Amalan Seseorang

“Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.” (QS.Al An’am: 88)

“Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (Nabi-nabi) sebelummu: ‘Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapus amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.’” (QS.Az Zumar: 65)

“Barangsiapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali Neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.” (QS.Hud: 15-16)

Kisah Tentang Orang yang Syirik dengan Beribadah pada Selain Allah

“Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai rabb-rabb selain Allah, dan (juga mereka menjadikan rabb) Al Masih putera Maryam; padahal mereka hanya disuruh beribadah kepada Allah Yang Maha Esa; tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) selain Dia. Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS.At Taubah: 31).

“Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Dan seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksa-Nya (niscaya mereka menyesal).” (QS.Al Baqarah: 165).

Bersumpah Selain dengan Nama Allah Termasuk Syirik

Rasulullah Shalllahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa bersumpah dengan selain Nama Allah, maka ia telah berbuat kufur atau syirik.” (HR.Tirmidzi, Hakim, dan Ahmad)

Beramal Sholeh Hendaknya karena Allah

“Katakanlah: ‘Sesungguhnya aku ini hanyalah manusia sepertimu, yang diwahyukan kepadaku: ‘Bahwa sesungguhnya Ilah kamu itu adalah Allah Yang Esa.’’ Barangsiapa mengharapkan perjumpaan dengan Rabb-nya, maka hendaklah ia mengerjakan amal shalih dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Rabb-nya.” (QS.Al Kahfi: 110).

Riya’ Termasuk Syirik Kecil

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik kecil.” Mereka (para Sahabat) bertanya: “Apakah syirik kecil itu, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Yaitu riya’.” (HR.Ahmad)

Orang Beriman yang Tidak Berbuat Syirik akan Mendapat Petunjuk

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS.Al An’am: 82).

Dalil tentang Syirik Membuat Seseorang Tersesat

“Barangsiapa mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya” (QS.An Nisa: 116).

Orang yang Mati dalam Keadaan Syirik akan Masuk Neraka

Dari Jabir, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan tidak berbuat syirik pada Allah dengan sesuatu apapun, maka ia akan masuk surga. Barangsiapa yang mati dalam keadaan berbuat syirik pada Allah, maka ia akan masuk neraka” (HR.Muslim).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Allah dan Rasul-Nya Berlepas Diri dari Kaum Musyrikin

“Dan (inilah) suatu permakluman dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrikin” (QS.At Taubah: 3).

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.