play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Dapat Tiket Masuk Surga, Ini Keistimewaan Sholat Tahajud

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Sholat merupakan kewajiban setiap muslim untuk menjalankan perintah Allah SWT. Sholat yang wajib dikerjakan hanya lima waktu. namun, selain itu ada sholat sunnah yang jika dikerjakan mendapatkan keistimewaan yang luar biasa. Salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan adalah sholat sunnah tahajud. Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah tidur. Waktunya terbentang mulai setelah isya’ hingga sebelum Subuh, dengan didahului tidur. Dan waktu paling utamanya adalah di sepertiga malam yang terakhir.  Lalu apa keistimewaan dari melaksanakan sholat tahajud itu sendiri?

Allah swt berfirman sebagai berikut:

“Dan pada sebagian malam hari, sembahyang tahajjudlah kamu sebagaimana ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ketempat yang terpuji.” (Al-Isra’ 17:79)

Baca juga: Bisa Menambah Pahala, Ini Tips Mudah Sholat Tahajud

Keistimewaan Sholat Tahajud

Umroh.com merangkum, menjalankan sholat tahajud memiliki keistimewaan tersendiri. Sholat tahajud termasuk sholat yang sangat mulia. Keajaiban melaksanakan sholat tahajud sudah tertera dalam Al Quran. Apalagi Allah menyuruh langsung pada umatnya agar melaksanakan sholat tahajud. Berikut ini keistimewaan sholat tahajud yang perlu diketahui, diantaranya.

1. Tiket untuk Masuk Surga

Surga adalah impian setiap manusia. Terdapat sebuah hadis yang mengatakan tentang keistimewaan sholat tahajud yang mengagumkan untuk umat manusia apabila menjalankannya. keistimewaanitu adalah menjadikan sebuah tiket untuk masuk ke surga.

Berikut bunyi hadis yang dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud. “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Mengangkat Derajat

Allah akan mengangkat derajat orang yang gemar melakukan sholat tahajud. Sebagaimana Allah berfirman, “Dan pada sebagian malam, dirikanlah sholat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS.Al-Isra:79)

2. Amalan yang Akan Membantu di Akhirat

Selain hadis di atas, ada juga ayat yang terkandung di dalam Al Quran terkait sholat malam ini. Dimana dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, insha Allah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah ketika kelak sudah berada di akhirat.

Dimana dalam ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa. “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

3. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli sholat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada sholat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

4. Doanya Dikabulkan

Keistimewaan sholat tahajud yang menakjubkan berikutnya adalah akan dikabulkan doa-doanya oleh Allah SWT. Apalagi bila seseorang melaksanakannya di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir.

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Tak hanya menjadi tamu Allah, Umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya di umroh.com!

Hikmah Sholat Tahajud

Selain keistimewaan dalam melaksanakan sholat tahajud, ada pula hikmah yang akan didapat jika kita sering melaksanakan sholat tahajud, diantaranya.

1. Menenangkan Hati

Berdasarkan pemaparan tim Umroh.com, ketika kita bangun untuk melakukan sholat tahajud di 1/3 malam, maka kita akan merasakan pikiran jernih serta kembali segar. Pada saat itu adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran sehingga perasaan pun merasa lebih tenang.

Al-‘Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas sholat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan sholat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.” [Baca Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah oleh Ibnul Qayyim (hal. 278)].

2. Penghapus dan Pencegah Dosa

Sholat tahajud merupakan ajang mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapus dosa, menolak penyakit serta pencegah dari dosa. Nah, dengan menjalankan sholat tahajud, maka Anda bisa mendapatkan manfaat sholat tahajud yang mengagumkan ini. Dosa-dosa kecil yang pernah Anda perbuat menjadi berguguran.

3. Memperoleh Cinta Allah

Ketika orang lain sedang menikmati tidur, kamu lebih memilih mendekatkan diri kepada Allah. Janji Allah SWT nyata bahwa orang-orang yang senantiasa mendekatkan dan meminta kepada-Nya, maka akan dikabulkan. Allah akan lebih cinta terhadap hamba-Nya yang mau mendekatkan diri.

4. Menjaga Kesehatan Rohani

Kalau Anda selalu rutin dalam mengerjakan amalan ibadah yang paling utama di malam hari ini, tentu saja akan ada hikmah yang bisa diraih. Dimana selain keistimewaan sholat tahajud di atas, kamu juga bisa mendapatkan hikmah sholat tahajud yang mengagumkan seperti kesehatan rohani yang cukup terjaga.

Dimana hal ini sudah jelas ditegaskan oleh Allah SWT dengan mengatakan bahwa orang yang selalu sholat tahajud akan selalu mempunyai sifat yang rendah hati dan ramah dan refleksi ketenangan jiwa di dalam kehidupan sehari-hari.

Allah SWT telah berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Hikmah  dari sholat tahajud lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh ini akan menjadikan tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan sholat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis.

Demikianlah beberapa keistimewaan dan hikmah yang didapat jika rutin melaksannakan sholat tahajud. Semoga kita termasuk ke dalam orang-orang  yang beriman rutin melaksanakan sholat tahajud.

Facebook Comments