1
News

Keren! Ratusan Pemuda Turki Menjadi Duta Wisata di Istanbul

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat berkunjung ke Turki di musim-musim sekarang, bisa jadi kita akan menemukan sekelompok pemuda yang tampak membantu turis-turis di Turki. Mereka adalah relawan yang diorganisir oleh Kotamadya Fatih.

Diterjunkannya relawan untuk membantu turis di Turki ini merupakan kegiatan tahunan. Tahun ini, adalah kali kesepuluh mereka melakukan kegiatan itu. Tujuan utama dari para relawan ini adalah untuk menjembatani masyarakat lokal dengan para wisatawan yang datang ke Turki.

Pertemuan pertama untuk perkenalan para relawan dilaksanakan di Hagia Sophia pada tanggal 9 Juli 2019. Dilansir dari Daily Sabah, tahun ini ada 1.500 pemuda yang mendaftar dalam kegiatan tersebut. Mereka adalah siswa sekolah menengah atas dan mahasiswa di Turki. Usia mereka berkisar antara 14 tahun hingga 30 tahun.

Namun tidak semua pendaftar bisa menjadi ‘duta Turki’ dalam kegiatan sukarela tersebut. Mereka harus mengikuti serangkaian tes, yang diawali dengan tes tertulis hingga wawancara secara langsung. Tahun ini, terpilih 450 orang yang lolos seleksi dan akhirnya bisa bekerja sukarela sebagai duta pariwisata di Turki.

Kita akan menemukan mereka di 6 lokasi padat wisatawan di Turki, yaitu di :

Sultanahmet

Sultanahmet merupakan kawasan kota tua Istanbul. Di sana, terdapat beragam bangunan ikonik yang menjadi destinasi wisata para turis. Bangunan bersejarah yang ada di Sultanahmet antara lain Istana Topkapi, Masjid Sultanahmet atau Blue Mosque, Hagia Irene, dan sebagainya.

Hagia Sophia

Hagia Sophia merupakan salah satu bangunan bersejarah. Para relawan juga akan berkumpul di bangunan yang dulunya merupakan gereja di jaman kerajaan Romawi, lalu diubah menjadi masjid di jaman Kerajaan Ottoman. Kini, Hagia Sophia difungsikan sebagai museum, yang terkenal dengan mosaik indah dan galerinya.

Basilica Cistern

Bangunan ini merupakan tangki atau penampungan air bagi bangsa Romawi kuno. Sistem penyimpanan air bawah tanah ini dibangun oleh Raja Justinian untuk menyediakan air bersih bagi seluruh kota. Walaupun merupakan penampungan air, namun bangunan Basilica Cistern ini sangat indah. Kita bisa menyusuri lorong-lorong bawah tanah dengan pilar-pilar di sisinya. Tata cahaya di dalam membuat wisatawan semakin mengagumi bangunan ini.

webinar umroh.com

Divanyolu Street

Jalanan ini termasuk yang sering dipadati wisatawan. Di sepanjang ini, wisatawan bisa menjumpai beragam stan atau kedai yang menjual berbagai makanan. Ada restoran, cafe, es krim, simit (bagel ala Turki), dan sebagainya. Jalanan ini mengarah pada daerah kerajaan di masa pemerintahan Romawi dan Ottoman.

Grand Bazaar

Pasar besar atau Grand Bazaar ini merupakan salah satu destinasi wisata di Istanbul. Terdapat ribuan toko yang menjual beragam souvenir khas Turki di pasar ini. Bahkan Grand Bazaar Istanbul dijuluki sebagai pusat perdagangan tertua di dunia.

Eminönü

Daerah Eminönü merupakan area di tepi pelabuhan di kota Istanbul. Di sini, ada dermaga feri yang selalu sibuk mengantar para pelancong. Area ini juga tidak jauh dari Grand Bazaar dan Pasar Mesir.

 

Relawan muda tersebut siap membantu wisatawan dengan bahasa Inggris, Jerman, Arab, Spanyol, Perancis, Rusia, Korea, Jepang, dan Italia. Mereka akan bertugas hingga tanggal 7 September 2019.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.