play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

8 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Luar Biasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements

Umroh.com –  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh umat muslim. Bulan kesembilan dalam kalender Islam ini, dirayakan oleh umat Islam dengan berpuasa dan memperingati turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW. Dikenal dengan sebutan bulan suci,terdapat 8 keutamaan bulan ramadhan yang akan menjadi pembahasan kali ini :

Baca juga : Doa Menyambut Bulan Ramadhan dan Keistimewaan di Dalamnya

Pilih Paket Umroh Terbaik Anda, hanya di Umroh.com!


Bulan Diturunkannya Al Quran

Ramadhan adalah bulan diturunkannya permulaan Al Quran sebagai petunjuk manusia. Keterangan ini dijelaskan dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 185, yang berbunyi sebagai berikut:

Artinya: “Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, yang bertujuan sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dengan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara mereka yang menyaksikan (berada) di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa) maka wajib menggantinya sebanyak hari yang ditinggalkan itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu sekalian bersyukur. )Surat Al Baqarah: 185).

Setiap Amal Akan Dilipat gandakan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh nikmat dan limpahan rahmat karena pada bulan Ramadhan Allah SWT memberikan nikmat dan karunia yang berlipat ganda, setiap amalan yang lakukan pasti akan mendapat pahala yang besar. Khusus di bulan ini, ibadah yang kita jalankan nilai dan pahalanya akan berlipat ganda.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Ada banyak amalan serta ibadah istimewa yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan, seperti solat tarawih dan memberi makan orang yang berpuasa. Oleh karena itu, manfaatkan momen Ramadhan dengan perbanyak amalan kebaikan, karena Allah SWT tekah membuka banyak jalan untuk kita mengumpulkan amalan ibadah.

Bulan Pelepasan Diri Dari Neraka

Keberkahan kemuliaan di dalam bulan Ramadhan adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta syaithan-syaithan diikat. Dengan demikian, Allah Ta’ala telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang mereka perbuat pada bulan Ramadhan.

Mengingat berbagai keutamaan Ramadhan tersebut di atas, maka sangat disayangkan bila Ramadhan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada usaha maksimal dari kita untuk meraihnya dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shalih. Semoga ramadhan tahun ini akan lebih baik dalam hal amalan ibadah daripada tahun-tahun sebelumnya.

Diceritakan dalam hadis Rasulullah SAW, dari Abu Hurairah riwayat Imam Bukhori tentang keutamaan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Sebagaimana keterangan dalam kitab Shahih Bukhori juz 3 halaman 32, yang artinya sebagai berikut:

“Apabila datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan yang jahat dibelenggu.” (HR. Bukhori).

Malam Yang Lebih Baik Dari Seribu Bulan

Allah menetapkan Lailatul Qadar pada bulan tersebut, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan, sebagaimana firman Allah Ta’ala:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan, Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?  Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar,” (QS. Al-Qadar : 1-5).

Umroh hemat bersama Umroh.com. Kunjungi sekarang juga!

Allah telah mengistimewakan bulan Ramadhan dengan adanya Lailaul Qadar. Untuk menjelaskan  keutamaan malam yang barokah ini, Allah turunkan surat Al-Qadar. Keterangan ini juga dijelaskan oleh Rasulullah sallallahu ’alaihi wa sallam:

“Bulan Ramadhan telah tiba menemui kalian, bulan (penuh) barokah, Allah wajibkan kepada kalian berpuasa. Pada bulan itu pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu (neraka) jahim ditutup, setan-setan durhaka dibelenggu. Padanya Allah memiliki malam yang lebih baik dari seribu bulan, siapa yang terhalang mendapatkan kebaikannya, maka sungguh dia terhalang (mendapatkan kebaikan yang banyak).” (HR. Nasa’I dan Ahmad)

Bulan Dikabulkannya Doa

Umroh.com merangkum, 8 keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya bisa kita jadikan ajang untuk berlomba berbuat kebaikan serta memohon doa yang terbaik untuk kehidupan. panjatkanlah semua doa dan keinginan, karena niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa yang kamu panjatkan. Allah SWT juga melimpahkan ampunan-Nya kepada orang-orang yang melaksanakan puasa Ramadhan atas dasar keimanan yang jujur dan mengharapkan pahala di sisi Allah SWT.

Bulan Penuh Keberkahan

Bulan ramadhan disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini adalah berdasarkan pada dalil hadits Nabi Rasulullah SAW yang artinya :

”Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Bulan Pengampunan Dosa

Allah SWT memilih bulan Ramadhan sebagai tempat kesempatan untuk bertaubat dan memberikan penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Nabi saw bersabda yang artinya:

”Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

Melalui berbagai aktifitas ibadah di bulan Ramadhan Allah Swt menghapuskan dosa kita. Di antaranya adalah puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Saw yang artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

8 keutamaan bulan ramadhan

Begitu pula dengan melakukan sholat malam (tarawih, witir dan tahajud) pada bulan Ramadhan dapat menghapus dosa yang telah lalu, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya :

“Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan qiyam Ramadhan (sholat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR.BukharidanMuslim).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Mengajarkan Sabar dan Meningkatkan Ketakwaan

8 Keutamaan bulan ramadhan yang terakhir adalah mengajarkan kita bagaimana sabar dalam menahan makan, minum, dan hawa nafsu. Kesabaran itulah yang menuntun pada peningkatan ketakwaan dan penghambaan diri kepada Allah dan membebaskan diri dari penyakit-penyakit hati yang bisa menurunkan ketakwaan. Hal itu sesuai dengan kalam Allah dalam surat al Baqarah ayat 183:

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. al Baqarah: 183).

Facebook Comments