1
Serba-serbi Ramadhan

11 Keutamaan Bulan Ramadhan Ini Jangan Disia-siakan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Keutamaan bulan Ramadhan menjadi pengingat kebesaran Allah SWT. Hal ini lantaran limpahan nikmat Allah SWT sangat terasa kita dapatkan saat bulan Ramadhan. Di bulan yang selalu dinanti oleh seluruh umat Islam ini begitu banyak anugerah dan kemuliaan yang akan diberikan Allah SWT kepada hambanya yang beriman dan beramal sholeh. Nikmat dan Anugerah tersebut terbungkus dalam 11 keutamaan bulan ramadhan .

11 Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan Ramadhan mungkin masih jadi pertanyaan banyak orang. Berikut keutamaan bulan Ramadhan!

1. Bulan Al-Qur’an Diturunkan

Peristiwa ini bisa kita dapatkan informasinya dari ayat-ayat al-Qur’an. Beberapa diantaranya seperti yang bisa kita baca dalam surat al-Baqoroh ayat 185. Allah berfirman, yang artinya:

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan al-Qur’an, sebagai petunjuk dan pembeda antara yang baik dan buruk (haq dan yang batil)” (QS. Al Baqarah:185)

Begitu juga seperti yang termaktub dalam kitabullah al-Qur’an surat Al-Qadr ayat pertama, yang artinya:

“Sesungguhnya Kami sudah menurunkannya (al-Qur’an) di malam lailatul qadar.” (QS. Al-Qadr:1)

2. Pintu Langit di Buka dan Pintu Neraka di Tutup

Sebagaimana sabda beliau Rasulullah SAW :

إذا دخل شهر رمضان فتحت أبواب السماء و غلقت أبواب جهنم و سلسلت الشياطين

webinar umroh.com

“Bila telah tiba bulan Ramadhan, pintu-pintu di langit akan terbuka, pintu neraka tertutup, dan setan-setan dirantai.” (HR. Bukhari & Muslim)

3. Diampuni Dosa

Salah satu keutaman bulan Ramadhan yang sangat penting bagi para umat adalah terbukanya pintu ampunan dari Allah SWT. Maka dari itulah mengapa ada istilah Ramadhan adalah syahrul maghrifoh, yang artinya bulan pengampunan. Di Bulan ini Allah SWT memberikan amnesti besar-besaran kepada hamba-hamba-Nya yang bertaqwa.

Sabda Rasulullah SAW :

“Siapa yang menjalankan puasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, maka diampunilah dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari & Muslim)

Baca juga : Mengatasi Cegukan Saat Puasa Tanpa Minum

4. Dilipat Gandakan Semua Pahala

Diriwayatkan dalam sebuah hadits shahih oleh Imam al-Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW bersabda,

“Pahalanya umrah di bulan Ramadhan sama seperti pahala ibadah haji.” Sedangkan Imam Muslim meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “…sama seperti ibadah haji bersamaku.”

5. Malam Seribu bulan

Malam Lailatul Qadr berarti malam kemuliaan yang berada pada salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Di malam itu, barokah dan kemuliaan diturunkan dengan sangat besar. Bahkan disebutkan bahwa kebaikannya melebihi seribu bulan.

Allah SWT berfirman, yang artinya,

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu?Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar” ( Al Qadr : 1-5)

Rasulullah SAW bersabda :

Sesungguhnya bulan Ramadhan telah tiba pada kamu sekalian, di dalamnya ada sebuah malam yang baik melebihi seribu bulan, siapa yang tak mendapatkannya maka ia telah kehilangan sangat banyak kebaikan.”(Riwayat Ibnu Majah)

6. Syari’at untuk beriktikaf

Dari sahabat Anas bin Malik Ra, ia berkata, “Nabi SAW melakukan i’tikaf di sepuluh hari akhir bulan Ramadhan, hingga beliau telah tiada (wafat), lalu istri beliau beri’tikaf setelahnya.” (HR. Bukhari & Muslim)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

7. Bulannya Ibadah dan Amal

Sabda Rasulullah SAW, “Siapa yang mendirikan shalat di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Aisyah R.a berkata, “Rasulullah SAW biasanya saat masuk 10 hari Ramadhan yang terkahir, beliau bersungguh dalam ibadah (dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam dengan ibadah, serta membangunkan istri-istrinya untuk ibadah.” (HR. Bukhari)

8. Ddo’a dikabulkan, berkah dan rahmat diturunkan

Rasulullah SAW bersabda, “telah tiba kepada kamu sekalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan” (HR. an-Nasai)

Riwayat lain juga menyebutkan bahwa bulan Ramadhan pintu-pintu rahmat di buka. “Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka pintu-pintu rahmat dibuka, ditutup pintu-pintu neraka, dan setan dibelenggu.” (HR Bukhari & Muslim)

9. Puasa sebagai tiket ke surga

Suatu riwayat menceritakan di zaman Rasulullah SAW hiduplah dua orang yang berasal dari bani Qudha’ah. Salah seorang dari keduanya meninggal dalam keadaan syahid. Lalu, satu tahun kemudian satunya lagi juga wafat.

Salah seorang sahabat Rasulullah SAW yang bernama Thalhah bin Ubaidillah berkisah tentang mimpinya, “Aku bermimpi melihat keadaan surga, kemudian aku melihat seseorang yang meninggal satu tahun kemudian itu masuk surga sebelum seorang lagi yang mati syahid, aku heran. Maka di pagi harinya aku memberitahukan kepada Rasulullah SAW, beliau lalu bersabda:

Bukankah setelah itu (dalam jangka waktu setahun tersebut) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat?” (HR. Ahmad)

10. Mengajarkan Sabar dan Meningkatkan Ketakwaan

Umroh.com merangkum, puasa di Bulan Ramadhan mengajarkan bagaimana sabar dalam menahan makan, minum, dan hawa nafsu. Kesabaran itulah yang menuntun pada peningkatan ketakwaan dan penghambaan diri kepada Allah dan membebaskan hati dari penyakit-penyakit hati yang bisa menurunkan ketakwaan. Hal itu sesuai dengan kalam Allah dalam surat al Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. al Baqarah: 183).

11. Salat tarawih berjamaah menggugurkan dosa

11 Keutamaan Bulan Ramadhan

Selama bulan Ramadan, umat Muslim dianjurkan untuk menegakkan qiyamul lail atau salat malam. Qiyamul lail biasanya dilaksanakan secara berjemaah setelah Isya, biasa disebut salat tarawih. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad RA, mereka yang menjalani qiyamul lail (salat tarawih) berjamaah dengan sang imam, nilai salatnya setara dengan satu malam penuh.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Masya Allah! Sungguh 11 keutamaan bulan Ramadhan ini sangat luar bisa. Jangan sampai disia-siakan karena belum tentu bisa merasakan bulan Ramadhan tahun berikutnya.