play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

8 Keutamaan dan Kemuliaan Doa dan Zikir

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Doa bisa diartikan sebagai satu permohonan dan pujian dalam bentuk ucapan dari hamba yang rendah kedudukannya pada Rabb Yang Maha tinggi. Mengapa Allah perintahkan kita berdoa? Ya tentu kita perlu berdoa, karena Allah suka jika hamba-Nya berdoa kepada-Nya. Terdapat keutamaan dan kemuliaan doa jika Anda selalu memanjatkannya dimana dan kapan pun.

Doa adalah bukti bahwa kita mengakui kelemahan kita di hadapan Allah, merasa rendah di hadapan-Nya dan senantiasa membutuhkan pertolongan dari-Nya. Pentingnya Allah SWT memerintahkan hambanya untuk berdoa tentu bukan tanpa alasan. Dalam hal berdoa nyatanya banyak sekali keutamaan dan kemuliaan yang kita dapatkan. Dan sangat merugi sekali jika umat muslim menyianyiakan kesempatan ini.

Baca juga : Pengertian Najis Dalam Islam yang Perlu Anda Ketahui

8 Keutamaan dan Kemuliaan Doa dalam Islam

1. Doa Adalah Ibadah

Doa adalah senjata bagi orang-orang mukmin doa adalah ibadah, Berdoa berarti menghadapkan hati kepada Allah dengan penuh keyakinan dan keikhlasan.

Berdasarkan firman Allah:

“Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (Qs. Ghaafir 40: 60)

Perlu diketahui jika doa merupakan hal yang paling mulia di mata Allah SWT dan tidak ada ucapan yang lebih mulia melebihi doa di sisi Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa”. ( Sunan At-Tirmidzi, bab Do’a 12/263, Sunan Ibnu Majah, bab Do’a 2/341 No. 3874. Musnad Ahmad 2/362 ).

2. Doa Adalah Dzikir Kepada Allah SWT

Merupakan obat bagi jiwa, menghilangkan kesusahan, dan menjauhkan manusia dari dosa. Dengan doa manusia akan mendapat pengampunan Allah sehingga jiwanya lebih tenang. Allah menyuruh kita berdoa agar kita ingat kepada-Nya. Sesungguhnya, ingat kepada Allah adalah rezeki yang tidak ternilai harganya. Dengan mengingat Allah, hati akan tenang. Ketenangan adalah kunci kebahagiaan. “…(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang” (Ar Rad: 28)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3. Allah Murka Terhadap Orang-Orang Yang Meninggalkan Doa

 Berdasarkan hadits bahwa Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“ Barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan memurkainya”. ( Sunan At-Tirmidzi, bab Do’a 12/267-268 ).

Makna hadits di atas yaitu barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Dia akan murka begitu pula sebaliknya Dia sangat senang apabila diminta hamba-Nya. Orang yang meninggalkan doa berarti sombong dan merasa tidak membutuhkan Allah.

Allah sangat senang saat dimintai karunia-Nya, maka barangsiapa yang tidak memohon kepada Allah, maka berhak mendapat murka-Nya. Permohonan hamba kepada Allah merupakan kewajiban yang paling agung dan paling utama, karena menghindar dari murka Allah adalah suatu yang menjadi keharusan.

Dengan berdoa umat muslim akan terhindar dari murka Allah Swt. Dalam hal ini orang yang berdoa kepada Allah SWT mengaku bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan sedikitpun dalam hidup. Hidupnya tergantung bagaimana takdir Allah Swt. dengan berdoa ia menyadari keterbatasan yang ada dalam dirinya. Rasulullah Saw. bersabda:

Sesungguhnya barang siapa yang tidak berdoa (meminta) kepada Allah, maka ia akan mendapatkan murka-Nya. (HR. Tirmidzi, no. 3373)

4. Menolak Takdir Allah SWT

Doa juga merupakan hal baik yang dilakukan sebab bisa menolak takdir yang tidak bisa dilakukan dengan cara lain selain berdoa kepada Allah SWT. Yang dimaksud dengan takdir disini adalah bergantung dari doa seperti berdoa agar tidak terkena musibah dan sebagainya.

“Tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali doa”. ( Sunan At-Tirmidzi, bab Qadar 8/305-306 )

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

5. Doa Sebagai Penghalang Musibah

Memanjatkan doa juga akan bermanfaat sebagai cara agar terhindar dari musibah. Sebab doa seorang umat muslim tidak mungkin ditolak. Namun, doa ini bisa ditunda dan digantikan dengan sesuatu yang jauh lebih maslahat dibandingkan yang diminta baik untuk di dunia maupun di akhirat. Banyak berdoa bisa menghindarkan bencana dan musibah, sebagaimana firman Allah yang mengisahkan tentang Nabi Ibrahim a.s.

“… Dan aku akan berdoa kepada Tuhanku, mudah-mudahan aku tidak akan kecewa dengan berdoa kepada Tuhanku”. ( Qs. Maryam 19: 48 )

Dan firman Allah swt tentang Nabi Zakaria a.s.

“ Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku”. ( Qs. Maryam 19: 4 )

6. Mencari Kebaikan dan Menjauhkan Diri Dari Kemudharatan

Umroh.com merangkum, doa merupakan cara terbaik agar pintu rahmat bisa terbuka secara lebar dan Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang selalu meminta. Doa juga berguna terhadap sesuatu yang bahkan belum terjadi sehingga sangat baik untuk dilakukan.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa diantara kalian telah dibukakan baginya pintu doa, pasti dibukakan pula baginya pintu rahmat, dan tidaklah Allah diminta sesuatu yang Dia berikan lebih Dia senangi dari pada diminta kekuatan.” Dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “sesungguhnya doa itu bermanfaat baik terhadap apa yang terjadi maupun belum terjadi, maka hendaklah kalian berdoa.” ( HR. At-Tirmidzi V/552 ) no.3548

7. Memperlihatkan Keagungan Allah SWT

Berdoa dalam islam juga dapat  memperlihatkan keagungan Allah SWT pada setiap hamba-Nya yang lemah. Dengan berdoa, maka manusia menyadari jika hanya Allah SWT yang bisa memberikan kenikmatan, menerima taubat dan juga mengabulkan segala doa yang di panjatkan.

Allah SWT berfirman, “Siapa yang memperkenankan [doa] orang yang mengalami kesulitan dan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu sebagai khalifah di bumi?. Apakah di samping Allah SWT ada Tuhan [yang lain]?, amat sedikitlah kamu mengingat-Nya”. [QS. An Naml: 62].

tujuan aqidah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

8. Belajar Rasa Malu Pada Allah SWT

Keutamaan dan kemuliaan doa yang terakhir adalah belajar rasa malu kepada Allah SWT. Berdoa juga akan mengajarkan rasa malu kita terhadap Allah SWT, sebab di saat Allah SWT mengabulkan doa yang kita di panjatkan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang akan merasa malu untuk mengingkari segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Saat manusia ada di puncak keimanan sekali pun, maka seseorang yang rajin berdoa akan semakin dekat untuk mensyukuri segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

Facebook Comments