1
Muslim Lifestyle

Tidak Diragukan Lagi, Ini Keutamaan Memiliki Sifat Qanaah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Apa pun yang diberikan oleh Allah kepada kita dalam hidup tentunya harus kita terima dengan lapang dada dan penuh dengan ungkapan rasa syukur kepada-Nya. Kita harus dapat menyikapi semua keputusan Allah itu dengan benar. Salah satu sikap yang harus kita lakukan adalah qanaah, yakni menerima apa adanya. Tentu keutamaan memiliki sifat qanaah bisa Anda dapatkan jika sudah menerapkannya dalam hidup.

Dengan sikap qanaah ini, maka kita tidak akan pernah berburuk sangka kepada Allah dengan segala keputusannya terhadap kita dan kita akan senantiasa berusaha untuk mengambil hikmah dari semua keputusan itu.

Baca juga : Hikmah Silaturahmi yang Jarang Diketahui Seorang Muslim

Allah Adalah Sebaik – baiknya Perencana

“ Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui ”. ( Al Baqarah : 216 )

Allah SWT tidak pernah melarang umatnya mencari rezeki. Tapi Allah SWT Juga tidak menyuruh umatnya untuk bermalas-malasan dan berpangku tangan. Namun ketahuilah bahwa Allah SWT menyuruhmu berikhtiar, bekerja, karena manusia hidup di dunia ini untuk beribadah kepada Allah SWT

Bekerja merupakan amal ibadah. Kita harus yakin bahwa dalam bekerja ada kalah dan ada menang. Kalah dalam menghadapi rayuan dan menang dalam melawan ajakan setan. Karenanya, bekerjalah dengan tekun dan bersungguh-sungguh. Hati-hatilah terhadap tipu daya nafsumu dan tipu daya setanmu agar tidak terjerumus mengais rezeki haram.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Karena Allah lah sebaik – baiknya perencana dan Islam mengharapkan kita menjadi manusia yang cerdas. Dan kecenderungan terhadap sifat manusia sendiri yang selalu merasa tidak puas dengan apa yang sudah di dapatkan. Keutamaan memiliki sifat qanaah juga harus bisa di terima baik kaya atau miskin latar belakang seseorang.

Allah swt. berfirman: “Tiada sesuatu yang melata di bumi, melainkan di tangan Allahlah rezekinya.” (QS Hûd (11) : 6). Rasulullah Saw. bersabda: “Kekayaan itu bukan karena banyaknya harta benda, tapi kekayaan yang sebenarnya itu adalah kaya hati.” (HR. Bukhari dan Muslim)

webinar umroh.com

Keutamaan Sifat Qanaah

keutamaan memiliki sifat qanaah

1. Hati akan dipenuhi dengan keimanan kepada Allah

Seseorang yang qanaah akan yakin terhadap ketentuan yang ditetapkan Allah SWT sehingga diapun ridha terhadap rezeki yang telah ditakdirkan dan dibagikan kepadanya. Hal ini erat kaitannya dengan keimanan kepada takdir Allah. Seorang yang qanaah beriman bahwa Allah SWT telah menjamin dan membagi seluruh rezeki para hamba-Nya, bahkan ketika sang hamba dalam kondisi tidak memiliki apapun. Sehingga, dia tidak akan berkeluh-kesah mengadukan Rabb-nya kepada makhluk yang hina seperti dirinya.

3. Terjaga dari berbagai dosa

Umroh.com merangkum, seorang yang qanaah akan terhindar dari berbagai akhlak buruk yang dapat mengikis habis pahala kebaikannya seperti hasad, namimah, dusta dan akhlak buruk lainnya. Faktor terbesar yang mendorong manusia melakukan berbagai akhlak buruk tersebut adalah tidak merasa cukup dengan rezeki yang Allah berikan, tamak akan dunia dan kecewa jika bagian dunia yang diperoleh hanya sedikit. Semua itu berpulang pada minimnya rasa qanaah. Jika seseorang memiliki sifat qanaah, bagaimana bisa dia melakukan semua akhlak buruk di atas? Bagaimana bisa dalam hatinya timbul kedengkian, padahal dia telah ridha terhadap apa yang  telah ditakdirkan Allah?

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

4. Kekayaan sejati terletak pada sifat qanaah

Qanaah adalah kekayaan sejati. kekayaan sejati itu letaknya di hati, yaitu sikap qanaah atas apa yang diberikan-Nya, bukan terletak pada kuantitas harta. Nabi saw bersabda,

 “Kekayaan itu bukanlah dengan banyaknya kemewahan dunia, akan tetapi kekayaan hakiki adalah kekayaan (kecukupan) dalam jiwa (hati)” ( HR. Bukhari: 6446; Muslim: 1051)

5. Memperoleh kemuliaan

Kemuliaan terletak pada sifat qanaah sedangkan kehinaan terletak pada ketamakan. Mengapa demikian ? karena seorang yang dianugerahi sifat qanaah tidak menggantungkan hidupnya pada manusia, sehingga dirinya pun dipandang mulia. Adapun orang yang tamak justru akan menghinakan dirinya di hadapan manusia demi dunia yang hendak diperolehnya. Jibril ‘alaihissalam pernah berkata,

“Wahai Muhammad, kehormatan seorang mukmin terletak pada sholat malam dan kemuliaannya terletak pada ketidak bergantungannya pada manusia” ( HR. Hakim: 7921).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

6. Mendapatkan dunia seluruhnya

Dari ’Ubaidillah bin Mihshan Al-Anshary radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman di rumahnya (pada diri, keluarga dan masyarakatnya), diberikan kesehatan badan, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul pada dirinya.” (HR. Tirmidzi, no. 2346; Ibnu Majah, no. 4141. Abu ’Isa mengatakan bahwa hadits ini hasan gharib).