1
Muslim Lifestyle

Jangan Malas untuk Membacanya, Ini Keutamaan Membaca Doa Iftitah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Pada kesempatan sebelumnya penulis telah membahas sedikit mengenai pengertian doa iftitah dan macam-macam doa iftitah. Sesuai dengan hadits Shahih dari Abu Hurairah RA menyimpulkan bahwa bacaan doa iftitah menjadi doa yang di bacakan oleh Nabi Muhammad SAW semasa beliau hidup baik itu saat sholat wajib maupun sholat sunnah. Selain itu juga dengan membacanya Anda bisa mendapatkn keutamaan membaca doa iftitah sama dengan doa – doa yang lainnya.

Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi kalian membacanya juga ketika mengerjakan sholat. Karena begitu banyak keutamaan yang dapat kita peroleh dengan membaca doa iftitah di setiap sholat yang Anda jalani. Mari kita sma-sama simak penjelasan berikut ini  :

Baca juga : Arti Masya Allah dan Manfaat dari Mengucapkannya

Adab Membaca Doa Iftitah

Sebelum kita membahas keutamaan dari membaca doa iftitah, penulis akan membahas terlebih dahulu mengenai adab membaca doa iftitah. Adab membaca doa iftitah ini berasal dari kitab Al Adzkar yang ditulis oleh Imam An Nawawi, adab ini juga mengandung tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda melaksanakan sholat wajib maupun sholat sunnah, diantaranya yaitu :

  • Disunnahkan untuk menggabung Doa Iftitah
  • Makmum masbuk, boleh membaca doa iftitah ataupun tidak. hal ini berdasarkan pada kemampuan dari makmum masbuk tersebut. namun makmum tersebut tetap diharuskan untuk membaca surah Al Fatihah.
  • Jika anda lupa untuk membaca doa iftitah, maka anda tidak perlu melakukan sujud syahwi, karena doa iftitah ini merupakan salah satu syarat sunnah.
  • Dibaca lirih dan tidak mengeraskan suara saat menjadi imam maupun makmum, seperti halnya bacaan surah Al Fatihah.
  • Jika Anda lupa untuk membaca doa iftitah pada rakaat pertama, maka anda bisa menggantinya dengan membaca doa iftitah pada rakaat kedua.
  • Bila Anda shalat di akhir waktu, maka anda tidak perlu menggunakan doa iftitah

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Keutamaan Doa Iftitah

Hampir sama dengan bacaan bacaan dalam sholat, doa iftitah merupakan salah satu dari syarat wajib dari rukun islam. Meskipun sholat yang Anda akan selalu sah walaupun tidak membaca doa iftitah, namun alangkah ruginya jika tidak membacanya. Doa iftitah sendiri banyak sekali mengandung keutamaan, terutama pada arti kandungannya yang memiliki makna makna indah dan menunjukkan penghambaan yang lebih kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala.

1. Mendapat pahala amalan sunnah

Sholat sunnah menjadi suatu amalan sunnah yang disunnahkan untuk dilakukan, baik itu dalam sholat wajib maupun sholat sunnah. Doa iftitah juga menunjukkan hakikat kehidupan kita sebagai makhluk ciptaan Allah yang tak luput dari segala dosa dan kesalahan dan menjadi sumber pahala bagi tiap-tiap umat muslim yang membacanya, karena doa iftitah merupakan salah satu cara dan tempat untuk melakukan permohonan kepada Allah subhanallahu wa ta’ala.

Dapatkan Paket Umroh Menarik Hanya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

2. Diangkat doanya oleh para malaikat

Umroh.com merangkum, sesuai hadits Shahih dari Anas bin Malik RA bahwa ketika ada seorang laki-laki muslim membaca doa iftitah saat ia mengerjakan sholat, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Aku melihat 12 malaikat bersegera menuju kepadanya (laki-laki muslim) mereka saling berlomba untuk mengangkat doa itu kepada Allah SWT”. (Hadits riwayat Muslim No. 1385).

3. Bentuk mendekatkan diri pada Allah SWT

Membaca doa iftitah sebagai bentuk mendekatkan diri kita sebagai seorang mukmin kepada sang pencipta Allah SWT. Hal ini karena doa iftitah itu sangatlah lengkap. Di dalamnya terdapat memohon ampunan kepada Allah SWT, meminta di berikan petunjuk dan meminta diberikan keselamatan serta meminta perlindungan kepada Allah SWT.

webinar umroh.com

Untuk itu umat muslim senantiasa dianjurkan membaca doa iftitah baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah. Melihat dari keutamaan yang dapat kita peroleh dari membaca doa iftitah, maka sangat di sayangkan jika kita melewatkan sholat tanpa membaca doa iftitah. Meskipun doa iftitah bukan menjadi syarat wajib dan sah nya sholat.

keutamaan membaca doa iftitiah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Namun kita akan mendapatkan pahala amalan sunnah bagi Anda yang mengamalkan setiap doa nya dalam sholat yang di lakukan. Jadi sangat dianjurkan bagi Anda untuk senantiasa membaca doa iftitah ketika sholat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan tentunya dapat membawa kebaikan pula untuk kita yang menjalankannya.