1
Muslim Lifestyle

Benarkah Kiamat Terjadi di Hari Jumat? Ini Jawabannya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Hari Jumat disebut juga Sayyidul Ayyam, atau hari yang paling utama dalam tujuh hari yang kita lalui. Dalam Islam, ada banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada hari Jumat. Seperti diciptakannya Adam dan dimasukkannya ia ke dalam surga. Pada hari Jumat pula Adam dikeluarkan dari surga. Lalu benarkah jika hari kiamat akan terjadi di hari jumat?

Hadist Tentang Keutamaan Hari Jumat 

Rasulullah bersabda (diriwayatkan Imam Abu Dawud, Imam An Nasai, Imam Ibnu Majad, dan Imam Ahmad), “Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum’at. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan”. 

Baca juga: Beginilah Gambaran Hisab dan Timbangan di Akhirat Kelak

Kiamat Terjadi di Hari Jumat 

Umroh.com merangkum, dari hadist tersebut, bukan hanya peristiwa yang menimpa Nabi Adam as yang diceritakan, kita juga bisa mengetahui bahwa kiamat akan terjadi di hari Jumat. Tampak dari kalimat “..di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan. Di hari itu pula tiupan kedua dilakukan”. 

Selain hadist tersebut, ada juga hadist dari Abu Hurairah dan diriwayatkan Imam Muslim, bahwa Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at”. Hadist ini menyebutkan dengan jelas bahwa kiamat terjadi di hari Jumat. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Kandungan dalam Hadist Keutamaan Hari Jumat 

Umroh.com merangkum, hadist Rasulullah tersebut juga mengandung pesan yang dalam bagi kita yang mengaku beriman. Dalam hadist tersebut ada anjuran bahwa kita hendaknya banyak beramal di hari yang mulia tersebut (hari Jumat). Di hari Jumat, seorang hamba yang beriman hendaknya mempersiapkan diri dengan memperbanyak amal sholeh, agar Allah selalu merahmati dan meridhoi, serta menjauhkan kita dari murkaNya. Hal tersebut dijelaskan Al Qodhi’iyadh dalam Syarh Muslim karya Imam Nawawi. 

Hanya Allah yang Tahu Kapan Datangnya Kiamat 

Hadist di atas menjelaskan secara singkat tentang hari terjadinya kiamat, yaitu di hari Jumat. Akan tetapi, tetap tidak ada yang mengetahui kapan tepatnya hari kiamat akan terjadi.  

Ketika banyak orang yang mempertanyakan datangnya kiamat pada Rasulullah untuk membuktikan kebenaran ajarannya, Allah berfirman dan memberi jawaban melalui surat Al A’raaf ayat 187. 

webinar umroh.com

“Mereka bertanya kepadamu tentang Kiamat, ‘Kapankah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’” 

Firman serupa juga tercantum di surat Al Ahzab ayat 63. 

“Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah.’ Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya”. 

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Kejadian pada Hari Kiamat 

Kiamat pasti datang. Akhir zaman yang akan ditandai dengan hancurnya bumi dan alam semesta. Peristiwa saat hari kiamat juga diceritakan di Al Quran. Berikut adalah kejadian-kejadian saat kiamat yang difirmankan Allah: 

1. Sangkakala Bertiup, dan Penghuni Bumi dan Langit Mati 

Di surat Az Zumar ayat 38 Allah berfirman, “Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)”. 

2 Manusia Berhamburan dan Gunung Berterbangan 

Surat Al Qoriah ayat 1 sampai 5 menceritakan bagaimana manusia berhamburan seperti anai-anai (rayap), dan gunung yang menjulang itu berterbangan seperti bulu yang dihamburkan. 

“Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran,dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan” (QS. Al Qoriah: 1-5). 

3. Manusia Panik dan Bertanya-tanya 

Surat Al Zalzalah ayat 1-8 merekam ekspresi manusia ketika hari kiamat tiba. Di surat tersebut Allah berfirman, “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangannya (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (jadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya”. 

“Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

4. Muncul Asap yang Menyiksa 

Salah satu kejadian di hari kiamat adalah munculnya asap, dan kemunculannya itu akan menjadi siksa bagi manusia. Di surat Ad Dukhan ayat 11 Allah berfirman, “Maka tunggulah hari ketika langit membawa asap yang nyata. Yang meliputi manusia, inilah siksa yang pedih”.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.