1
Serba-serbi Ramadhan

Luar Biasa! Inilah Keutamaan Sholat Idul Fitri

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Menjalankan sholat idul fitri memiliki keistimewaan yang luar biasa. Pasalnya, keistimewaan sholat ini dianjurkan oleh Rasulullah yang memerintahkan kaum laki-laki dan perempuan untuk mengerjakannya. Bahkan wanita haid juga diperintahkan menyaksikan meskipun harus menjauh dari tempat sholat. Sholat ini juga menjadi pemandangan terbesar kekuatan kaum muslimin, terlihat dari begitu banyaknya jamaah yang hadir. Apalagi keutamaan yang luar biasa jika kita melaksanakan sholat idul fitri menjadi hikmah dan makna yang dapat kita ambil. Lalu apa keutamaan Sholat Idul Fitri itu sendiri?

Keutamaan Sholat Idul Fitri

Umroh.com merangkum, hari raya idul fitri adalah hari raya yang Allah SWT syariatkan untuk umat Islam agar mereka bergembira dengan limpahan nikmat dan ampunan Allah SWT setelah mereka menjalankan shaum Ramadhan dan qiyam (sholat tarawih dan witir) selama sebulan penuh. Pada hari raya ini Allah SWT mensyariatkan sholat idul fitri. Sholat idul fitri memiliki berbagai keutamaan yang bisa menjadi hikmah dan makna yang dapat kita ambil, diantaranya.

1. Mengagungkan Asma Allah

Dengan melaksanakan sholat idul fitri kita pasti akan mengucapkan asma Allah berkali-kali terutama kalimat takbiratul ikhram, atau Memaha Besarkan Allah. Dengan begitu kita akan mendapatkan pahala dari mengagungkan dan mengucapkan atau berdzikir atas nama Allah. Tentunya bagi kita yang jarang untuk berdzikir dan mengucapkan nama Allah ini adalah kesempatan besar untuk kita kembali mengingat Allah di hari Raya Besar Umat Islam ini.

2. Sholat Berjamaah

Sholat idul fitri sudah pasti dilaksanakan secara berjamaah. Untuk itu, dari pelaksanaan sholat berjamaah ini akan membuat kita mendapatkan pahala sholat berjamaah yang besar dari Allah SWT. Inilah kesempatan besar umat islam untuk merapatkan barisan dan mendapatkan kebersamaan lewat sholat berjamaah.

Di saat sholat berjamaah tentunya kita tidak akan memandang bulu, suku, jabatan, rupa, dan hal-hal lainnya. Selagi mereka bersujud kepada Allah dan membesarkan Allah.

Baca juga: Wajib Ditiru! Inilah Cara Rasulullah Merayakan Idul Fitri

3. Silaturahmi Sesama Muslim

Dengan sholat idul fitri, kita juga mendapatkan kesempatan untuk silaturahmi sesama muslim. Mungkin di bulan-bulan atau kesempatan lainnya kita akan jarang untuk bersilahuturahmi. Saat idul fitri ini menjadi kesempatan bagi kita bertemu dan bermaaf maafan dengan kerabat terdekat kita atau tetangga.

Saat idul fitri inilah semua orang islam keluar dari rumahnya dan semuanya menyempatkan untuk bisa ikut sholat berjamaah idul fitri di masjid atau lapangan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, inilah keutamaan sholat idul fitri, dimana Allah tidak hanya memasukkan unsur ketauhidan atau hubungan manusia dengan Allah saja, namun juga memiliki dampak terhadap hubungan manusia dan manusia.

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

4. Merayakan Bersama Kemenangan Umat Islam

Dengan melaksanakan sholat idul fitri kita juga bisa merayakan hari kemenangan bersama dengan para umat islam lainnya. Kita bisa merasakan kebersamaan dan kebahagiaan dari apa yang dilakukan setelah sholat idul fitri. Tentunya kebersamaan dan merasakan kebahagiaan bersama adalah hal yang mahal dan tidak tertandingi oleh apapun.

5. Menunjukkan Ukhuwah Islamiah dan Kekuataan Umat Islam

Karena hukumnya yang sunnah muakad atau fardhu kifayah, maka sholat idul fitri ini membuat orang-orang islam akan terdorong untuk melaksanakannnya. Pengertian ukuwah islamiyah, insaniyah dan wathaniyah tentunya sangat penting untuk dipahami dan dilakukan oleh umat islam. Untuk itu, dengan berkumpulknya umat islam bersama maka akan berefek kepada ukhuwah islamiah yang terbentuk. Hal ini juga akan sekaligus menunjukkan bahwa umat islam adalah umat yang besar dan padu. Hendaknya juga menjadi motivasi bagi para umat islam agar saling membantu dalam kebaikan dan juga memberikan dorongan agar memajukan islam bersama.

Hukum Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

Dalam hukum pelaksanaan sholat idul fitri, ulama memiliki perbedaan pendapat di dalamnya. Hal ini dapat dibagi dalam beberapa pendapat mengenai hukumnya tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sunah Muakkad

Sunnah muakkad adalah sunnah yang sangat dianjurkan atau ditekankan. Pendapat mengenai hukum sholat idul fitri adalah sunnah muakad adalah pendapat para jumhur ulama atau mayoritas ulama. Hal ini dikarenakan sholat idul fitri hanya dilaksanakan setahun sekali dan merupakan bagian dari serangkaian ibadah di bulan Ramadhan.

2. Fardhu Kifayah

Fardhu kifayah adalah hukum yang bersifat wajib bagi umat muslim secara kesatuan. Untuk itu, hukumnya adalah pada kesatuan umat islam. Karena sifat fardhu kifayah maka jika sebagian besar uma islam sudah melaksanakannya, maka sudah cukup. Hal ini dikemukakan pendapatnya oleh Imam Mahdzab Hambali.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

3. Fardhu ‘Ain

Fardhu A’in adalah hukum ibadah yang wajib bagi setiap muslim atau muslimah. Untuk itu jika tidak dilakukan maka akan berodsa. Pendapat mengenai sholat idul fitri adalah fardhu ‘ain adalah dari imam mahdzab hanafi dan juga salah satu pendapat yang berasal dari salah satu riwayat yang dikemukakan oleh Imam Ahmad.