play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

Pengertian Sholat Idul Fitri Dan Hukumnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements

Umroh.com – Setelah sebulan penuh berpuasa, umat muslim di seluruh dunia melaksanakan sholat Idul Fitri. Ini salah satu bentuk kemenangan dan rasa syukur kita atas berakhirya bulan Ramadhan. Idul Fitri diartikan sebagai hari suci atau hari dimana umat islam seperti terlahir kembali dan bersih dari dosa. Saat Idul Fitri kita melakukan satu ibadah yang hanya dilaksankana pada Hari Raya Idul Fitri saja yakni sholat Idul Fitri atau yang biasa disebut sebagai sholat id. Sholat Idul Fitri adalah salah satu sholat yang hanya dikejakan saat perayaan Hari raya Idul Fitri.

Apa itu Sholat Idul Fitri?

Umroh.com merangkum, Idul Fitri atau yang biasa disebut dengan hari lebaran adalah salah satu momen yang ditunggu oleh umat islam baik di Indonesia atau di negara lain dan dirayakan pada tanggal 1 Syawal. Saat Idul Fitri kita melakukan satu ibadah yang hanya dilaksankana pada Hari Raya Idul Fitri saja yakni sholat Idul Fitri atau yang biasa disebut sebagai shalat id.

Pilih Paket Umroh Terbaik Anda, hanya di Umroh.com!


Sholat Idul Fitri adalah salah satu sholat yang hanya dikejakan saat perayaan Hari raya Idul Fitri. Sholat idul fitri berbeda dengan sholat sunnah lainnya seperti sholat dhuha, sholat tahajud, sholat witir, dan sholat wajib dalam hal cara melaksanakan. Sholat Idul Fitri dilaksanakan pada pagi hari saat Hari Raya Idul Fitri dan umat islam akan beramai-ramai mengunjungi mesjid atau lapangan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri secara berjamaah.

Baca juga: Luar Biasa! Ini Keutamaan Sholat Idul Fitri

Pada Hari Raya Idul Fitri kita menyaksikan banyak umat islam yang melaksanakan ibadah sholat id di sebuah tanah lapang hal ini sesuai hadits rasullullah SAW yang menyatakan bahwa sholat Idul Fitri di sebuah tanah lapang lebih afdhol daripada sholat id dalam masjid

“Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha menuju tanah lapang.” (HR Abu Said)

Namun jika memiliki uzur seperti hujan, dan tidak adanya tanah lapang disekitar tempat tinggal anda maka sholat id boleh dilaksanakan di dalam masjid.

Hukum Sholat Idul Fitri

Hari raya ied adalah syiar Islam yang sangat jelas. Rasulullah Shallaallāhu‘alaihi wa sallam terus melestarikannya, begitu juga dengan para sahabat setelah wafatnya beliau. Rasulullah Shallaallāhu‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada kaum muslimin untuk turut serta dalam hari ied tersebut, bahkan kepada para wanita, termasuk wanita haid, hanya saja mereka diperintahkan untuk menjauhi tempat sholat.

Hal tersebut menunjukkan betapa penting dan agungnya keutamaan hari raya ied, sampai-sampai nabi memerintahkan wanita untuk turut serta, yang mana mereka bukanlah golongan yang diperintahkan untuk berjamaah. Terlebih lagi untuk laki-laki. Karena itu, sebagian ulama berpendapat bahwa hukum shalat ied adalah fardhu ‘ain, diantaranya adalah pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah.

Hukum melaksanakan sholat idul fitri ini adalah sunnah muakkad, karena Rasulullah SAW selalu mengerjakannya. Sedangkan menurut pendapat imam Abu Hanifah, hukumnya fardhu ‘ain dan menurut imam Ahmad hukumnya fardhu kifayah., Sholat idul fitri disunnahkan baik bagi orang yang mukmim ataupun musafir, merdeka atau budak, laki-laki maupun perempuan.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Meskipun sholat Idul Fitri termasuk sholat sunnah, namun beberapa hadist dan dalil menyatakan bahwa hukum melaksanakan sholat Idul Fitri adalah wajib. Berikut adalah beberapa dalil tentang shalat idul fitri

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada kami pada saat sholat ‘ied  agar mengeluarkan para gadis yang  beanjak dewasa dan wanita yang dipingit, begitu pula wanita yang sedang haidh. Namun beliau memerintahkan pada wanita yang sedang haidh untuk menjauhi tempat shalat.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Sholat eid diwajibkan berdasarkan beberapa pendapat. Seperti yang dijelaskan berikut ini:

  • Rasullullah memerintahkan umatnya untuk melaksanakan sholat idul fitri dan bila seseorang memiliki uzur ia tetap harus keluar rumah dan pergi ketempat dilaksanakannya shalat namun tetap harus menjaga jaraknya
  • Rasullullah selalu melaksanakan sholat id dan tidak pernah meninggalkannya
  • Perintah Allah SWT dalam surat Al Kautsar ayat 2 “Dirikanlah sholat dan berqurbanlah (an nahr).” (QS. Al Kautsar: 2)
  • Boleh meninggalkan shalat jum’at jika pagi harinya telah melaksanakan sholat id (jika idul fitri jatuh pada hari jum’at) hal ini ditafsirkan bahwa seseuatu yang sifatnya wajib bisa gugur karena sesuatu yang wajib pula.

Facebook Comments