play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Macam – Macam Keutamaan Tawakal Yang Wajib Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com- Semua orang tentunya ingin menjadi sukses, namun jalan untuk menuju sukses tersebut berliku-liku tentunya. Semua membutuhkan usaha dan juga proses, selain usaha yang maksimal salah satu jalan kita menuju sukses yaitu dengan cara bertakwa dan bertawakal kepada Allah SWT. Perlu Anda pahami mengenai macam – macam keutamaan tawakal yang sudah diajarkan oleh para terdahulu.

Tawakal menjadi salah satu bentuk iman kepada Allah SWT, untuk itu tidak heran jika tawakal kepada Allah SWT memiliki beberapa keutamaan. Apa saja keutamaannya? Berikut penulis uraikan untuk Anda semua.

Baca juga : Catat! Ini Fiqih Pernikahan Serta Rukun dan Syaratnya

Macam – Macam Keutamaan Orang yang Tawakal

Umroh.com merangkum, orang yang bertawakal akan selalu menyandarkan hati dan bergantung kepada Allah, serta menyerahkan semua urusan di dunia dan akhirat. Di dalam hatinya, ada keyakinan bahwa hanya Allah-lah yang bisa memberikan manfaat kepada dirinya.

1. Mengantarkan Pada Surga Allah SWT Tanpa Hisab

Sesuai dengan hadits husain bin imran, Rasulullah SAW memberitahu bahwa diantara umat beliau ada yang masuk surga tanpa hisab dan juga tanpa azab. Dan mereka adalah orang yang tidak bertathayyur yaitu mengaitkan nasib buruk dengan keadaan burung atau yang lainnya. Tidak mengobati dirinya dengan setrika (API) dan hanya kepada Allah SWT mereka bertawakal (HR. Bukhari No. 5420). Untuk itu kita harus senantiasa bertawakal menyerahkan segala usaha dan hasil yang telah kita lakukan, karena dengan bertawakalah dapat mengantarkan Anda pada surganya Allah SWT.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

2. Menjauhkan Kita Dari Bahaya Dan Mendapat Perlindungan

Jika Anda senantiasa bertawakal kepada Allah SWT, maka Anda akan selalu mendapat perlindungan, pertolongan dan bahkan anugerah dari Allah SWT. sebagaimana yang telah disebutkan dalam surat Al-Anfal yang berbunyi : “Barang siapa yang bertawakal kepada Allah SWT maka sesungguhnya Allah SWT maha perkasa lagi maha bijak sana”.

3. Mendatangkan Rezeki

Tawakal menjadi salah satu cara Anda untuk memperoleh rezeki sebagaimana Rasulullah saw bersabda :

Seandainya kalian bertawakal kepada Allah dengan tawakal yang sebenar-benarnya, kalian pasti diberi rezeki sebagaimana burung diberi rezeki, ia pergi pada pagi hari dalam keadaan perut kosong, kemudian pulang pada sore harinya dalam keadaan kenyang.” (HR Tirmidzi).

Jika Anda senantiasa menyerahkan diri segala urusan dalam setiap usaha yang Anda lakukan pada Allah SWT, hasilnya pun akan datang dengan cara-cara lain dan di waktu yang tepat, termasuk rezeki bukan masalah besar atau kecilnya namun lebih kepada keberkahan rezeki tersebut dapat dimanfaatkan di jalan yang benar. Karena hal itu tidak akan terwujud tanpa adanya yang benar dari dalam hati seorang hamba.

4. Memperoleh Kecukupan Dari Apa Yang Dibutuhkan

Orang yang bertawakal kepada Allah akan dicukupkan apa yang menjadi keperluannya dalam hidup. Bila dari sisi jumlah tidak cukup, paling tidak dengan bertawakal itu dia akan merasa cukup dengan apa yang diperolehnya. Allah swt berfirman : “Barang siapa bertawakal kepada Allah SWT niscaya Dia akan mencukupkan (keperluan)nya” (Ath-Thalaaq : 3)

Harga pas dikantong, pilih paket umroh di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

5. Tidak Dikuasai Setan

Orang yang bertawakal tidak bisa di goda apalagi dikuasai oleh setan. Sebab, bagaimana mungkin setan dapat menggoda orang-orang yang begitu dekat dan terikat kepada Allah swt sebagaimana dalam firman-Nya : “Sungguh, setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan.” (an-Nahl : 99)

6. Menghargai Usaha Yang Dilakukan

Saat seseorang berusaha lalu tidak mencapai hasil yang diharapkannya kadang dia merasa sia-sia atau percuma saja berusaha bila hasilnya hanya demikian. Sikap ini disebabkan oleh tidak bertawakalnya dia kepada Allah swt. Bila dia bertawakal, maka dia akan menerima apa yang sudah diperolehnya dan mensyukurinya. Namun, lain halnya dengan orang yang bertawakal, bila belum memuaskan seperti yang dia harapkan, maka dia akan berusaha lagi dengan usaha yang lebih maksimal. Dapat dipahami bahwa bila pekerjaan atau usaha dirinya sendiri saja sudah tidak dihargai, bagaimana mungkin dia bisa menghargai pekerjaan orang lain, apalagi bila pekerjaan itu tidak mencapai hasil yang diinginkannya.

macam - macam doa iftitah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Semoga dengan mengetahui begitu banyaknya keutamaan yang bisa kita peroleh dari bertawakal, maka senantiasalah berusaha dan bertawakal dalam setiap langkah dan usaha yang Anda lakukan yang semata-mata untuk mendapat kesuksesan dan juga ridha dari Allah SWT. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.

Facebook Comments