1
Muslim Lifestyle

Perhatikan! Ini Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Berbakti kepada orang tua merupakan ajaran Islam yang tinggi dan mulia. Berbakti kepada orang tua ialah pondasi dan dasar seorang hamba meraih ridho Allah SWT. Berbakti kepada orang tua merupakan hak kedua orang tua yang harus dilaksanakan anak, sesuai dengan perintah Islam, sepanjang kedua orang tua tidak memerintahkan atau menganjurkan anak-anaknya untuk melakukan hal-hal yang dibenci dan dilarang Allah SWT karena itu salah satu dari keutamaan berbakti kepada orang tua.

Seorang anak harus berbakti kepada orang tuanya, itu adalah wajib hukumnya. Bila tidak dilaksanakan berarti ia berdosa karena melanggar kewajiban tersebut. Dalam hal ini Allah SWT tidak hanya serta merta memerintahkan dan mewajibkan seorang anak untuk berbakti pada orang tua melainkan terdapat keutamaan di dalamnya. Diantaranya ialah :

Baca juga : Inilah Asal Usul Ibadah Thawaf Dalam Haji

Keutamaan Dan Kebaikan dari Berbakti Kepada Orang Tua

1. Amalan Paling Utama

Berbakti kepada orang tua adalah amalan yang paling utama. Dengan demikian jika kita ingin senantiasa mendapat kebaikan hendaknya mendahulukan amalan-amalan yang paling utama di antaranya ialah berbakti kepada kedua orang tua. Sebagaimana Nabi saw bersabda :

“Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Pertama sholat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan sholat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah” ( H.R Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9 )

2. Di Mudahkan Segala Urusan

waktu tidur rasulullah

Setiap hal yang akan kita lakukan tentunya ingin selalu lancar dan mudah. Perbuatan berbakti kepada kedua orang tua yang senantiasa kita lakukan, dapat digunakan untuk bertawasul kepada Allah SWT ketika kita mengalami kesulitan, insyaAllah SWT kesulitan tersebut akan hilang. Berbagai kesulitan yang dialami seseorang saat ini diantaranya karena perbuatan durhaka kepada kedua orang tuanya.

Kalau kita mengetahui, bagaimana beratnya orang tua kita telah bersusah payah untuk kita, maka perbuatan anak yang mencoba untuk membalas budi baik kepada ibu bapak saat ini, atau yang akan datang, itu pun belum sebanding dengan jasa orang tuanya ketika mengurusnya sewaktu masih kecil.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Mendapat Ampunan Allah

Setiap manusia tentu tak luput dari salah dan dosa. Memiliki dosa besar juga dapat dihapuskan dengan berbakti kepada orangtua. Sebagaimana disebutkan dalam kisah berikut:

webinar umroh.com

Seorang laki-laki mendatangi Nabi shallallahu ‘alaih wa sallam lalu berkata, “Wahai Rasulullah, aku telah melakukan dosa besar. Apakah ada taubat untukku?” Nabi bertanya, “Apakah engkau memiliki seorang ibu?” Laki-laki itu menjawab, “Tidak.” Nabi bertanya lagi, “Apakah engkau memiliki seorang bibi?” Ia menjawab, “Ya. “ Nabi bersabda, “Berbaktilah kepadanya.” (HR. Ibnu Hibban)

Dapatkan Paket Umroh Menarik Hanya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

4. Jalan Menuju Jannah

Di akhirat kelak semua manusia di dunia tentu ingin menikmati dan menetap di surganya Allah SWT. Berbuat baik kepada kedua orang tua merupakan salah satu sarana untuk seseorang yang ingin memasuki surga. Dalam hal ini, ada hadits yang disampaikan oleh imam Al Baihaqi yang artinya:

“ Dari Aisyah dia berkata, Rasulullah bersabda: „Aku telah bermimpi berada di dalam surga, maka aku mendengar seorang pembaca yang melantun kan bacaan.‟ Akupun bertanya siapakah dia? Maka malaikatpun menjawab dia adalah sahabat Haritsah bin an-Nu‟man . Maka Rosululloh menjawab itulah berbakti. Itulah berbakti. Dia adalah sebaik-baik manusia yang berbakti kepada ibunya.‟ (HR. al Baihaqi)

Rasulullah saw bersabda : “Orang tua adalah paling pertengahan dari pintu-pintu surga. Jika kamu mau, sia-siakanlah pintu itu (kau tidak mendapat surga) atau jagalah ia (untuk mendapatkan pintu surga itu).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Umroh.com merangkum, dari kedua hadits di atas sudah jelas diterangkan bahwa azab akan selalu diberikan bagi mereka yang durhaka pada orangtua, sedangkan mereka yang berbakti pada orangtua senantiasa akan dijauhkan dari malapetaka dan berkenan membuka pintu dan serta tinggal di surganya Allah SWT .

5. Ridho Allah Adalah Ridho Orang Tua

Sudah sering mendengar bahwa ridho orangtua adalah ridho Allah kan ? kalau kita bisa memaknai ini dengan dalam hal ini tentulah sangat penting dan akan berpengaruh besar terhadap segala sesuatu yang kita kerjakan. Perlu dicermati, bahwarestu atau ridho kepada orang tua merupakan wujud penghormatan kepada mereka. Sebagaimana dari Abdullah bin ‘Amru r.a berkata, Rasulullah saw bersabda.

“Ridho Allah tergantung pada ridho orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua” ( H.R Hakim, ath-Thabrani )

berbakti kepada orang tua

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Umroh.com merangkum, saat kita berbuat baik kepada orang tua dan orang tua ridho atas segala yang kita lakukan, maka secara otomatis Allah pun akan meridhoi hidup kita.

Sungguh luar biasa keutamaan berbakti kepada orang tua saat kita mampu melaksanakannya dengan baik, tulus dan ikhlas. Semoga kita semua senantiasa diberikan hati dan pikiran yang terang agar selalu mengingat betapa pentingnya arti orang tua dalam hidup kita.