1
Sejarah Islam

Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik Sebagai Wisata Religi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik di Gresik merupakan kawasan wisata religi yang kerap dikunjungi para peziarah. Adapun Kota Gresik sendiri memiliki kisah sejarah seputar walisongo dan jasanya, salah satunya Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik di Gresik,

Baca juga : Begini Niat Puasa Daud Dan juga Keutamaannya

Sejarah Makam Sunan Giri

Salah satu sejarah yang melekat dari Gresik adalah Pemerintahan kerajaan Sunan Giri yang dulunya membuat pesantren di atas bukit. Saat ini tempat tersebut sudah menjadi warisan cagar budaya.

Namanya adalah Giri Kedaton, lokasinya berada di puncak sebuah bukit pada ketinggian 200 mdpl yang masuk wilayah Dusun Kedaton, Desa Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Gresik. Letaknya kira-kira beberapa ratus meter dari makan Sunan Giri.

Menuju situs ini pengunjung harus berjalan menaiki tangga berundak yang terbuat dari semen. Situs Giri Kedaton berada jauh lebih tinggi dari makam sunan. Dari tempat yang tinggi ini, para pengunjung bisa menyaksikan indahnya pemandangan Kota Gresik.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Sunan Giri mendapat masukan dari Sunan Bonang dan tokoh-tokoh penyebar Islam lain untuk menjadikan tempat ini menjadi pusat pemerintahan. Akhirnya, 9 Maret 1487 berdirilah Kedaton dan Sunan Giri ditunjuk sebagai kepala pemerintahannya.

Memiliki Komplek Situs Giri Kedaton

Di komplek situs Giri Kedaton pengunjung bisa menyaksikan bukti-bukti lain tentang keberadaan kerajaan ini di masa silam, antara lain: makam Raden Supeno putra pertama Sunan Giri, kolam sebagai tempat berwudhu sunan dan santrinya, makam para kerabat dekat sunan, dan Mushola tepat di tengah area Giri Kedaton.

Situs Giri Kedaton sendiri merupakan bangunan yang terbuat dari batu andesit bertingkat berundak-undak. Ada sekitar lima undakan di sana. Di bagian paling atas berdiri bangunan masjid yang sudah direnovasi.

webinar umroh.com

Makam Sunan Gresik

Makam Sunan Gresik atau Syeh Maulana Malik Ibrahim berada di Desa Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Lokawisata religi itu selalu ramai dikunjungi peziarah dari pelbagai daerah, khususnya saat weekend dan hari libur. Para peziarah yang datang biasanya melantunkan zikir, salawat, dan mengirimkan doa untuk Syeh Maulana Malik Ibrahim.

Kompleks makam ini tidak terlalu luas. Ada dua bagian utama di kompleks tersebut, yaitu bangunan berbentuk pendopo sebagai tempat utama makam Syeh Maulana Malik Ibrahim serta makam para ulama lain. Untuk masuk ke pendopo ini, peziarah bisa melewati gapura berwarna putih yang lebarnya hanya cukup dilewati 1-2 orang.

Bila banyak alasan dan pembenaran menunda ke Baitullah, maka ketaatan takkan maksimal. Dan kehadiran Umroh.com akan menyempurnakan ibadah Anda!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Di dalam bangunan utama ada cungkup makam utama yang berisikan Makam Sunan Gresik. Selain itu, dalam cungkup yang sama juga terdapat makam Syayyidah Siti Fatimah dan Syekh Maulana Maghfur yang merupakan istri dan anak laki-laki Syeh Maulana Malik Ibrahim. Ketiga makam ini dikelilingi pagar besi sebagai tujuan penjagaan agar tidak dirusak.

Akses Menuju Makam Sunan Gresik

Akses menuju makam ini tidaklah sulit. Memasuki Kota Gresik, kamu tinggal menuju ke alun-alun kota. Nah, lokasi makam Syeh Maulana Malik Ibrahim hanya sekitar 200 meter saja dari sana. Untuk parkir kamu bakal dikenai tarif Rp 3.000 untuk sepeda motor, Rp 10 ribu untuk mobil, dan tarif khusus untuk rombongan.

Selesai berzikir dan berdoa, kamu bisa menyusuri gang di sebelah kompleks pemakaman untuk membeli oleh-oleh khas Gresik. Gang ini juga sekaligus sebagai jalan penghubung dari makam ke tepat parkir bus.

Sejarah Sunan Gresik

Maulana Malik Ibrahim merupakan salah satu dari sembilan wali (Walisongo) yang menyebarkan Islam di Nusantara. Namun, Maulana Malik Ibrahim disebut-sebut termasuk orang pertama yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Delapan Wali lainnya adalah Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati.

Maulana Malik Ibrahim mempunyai beberapa sebutan di antaranya Syekh Maghribi, Makhdum Ibrahim Al-Samarqandi, dan yang paling terkenal adalah Sunan Gresik. Bahkan, orang Jawa menyebutnya dengan Asmorokondi.

Maulana Malik Ibrahim mendapat pendidikan agama Islam dari ayahnya. Kemudian pada abad ke-XIII Masehi (801 Hijriyah) ia ditugaskan berdakwah ke Asia Tenggara oleh ayahnya. Setelah melewati rintang yang ada, Maulana Malik Ibrahim sampai di Pelabuhan Gresik yang kala itu adalah salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Maulana Malik Ibrahim memilih desa Leran di Gresik untuk memulai dakwahnya. Pada 1392 Masehi (801 Hijriyah) ia mulai menyebarkan agama Islam.

Umroh.com merangkum, selain berdakwah ia juga berniaga dengan membuka toko di desa Romo. Ia mempelajari bahasa daerah dengan cara menjajakan barang dagangannya. Kabarnya, ia disegani karena sering dijadikan penengah untuk mendamaikan warga yang berkonflik. Maka dengan itu, masyarakat pun memeluk agama Islam.

Sunan Gresik Mempunyai Silsilah Keturunan Rasulullah

Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik di Gresik

Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik adalah anak dari Barakat Zainul Alam (Ayah) yang merupakan ulama besar dari Maghrib. Sunan Gresik lahir di Champa (Kamboja). Sunan Gresik mempunyai silsilah yang dekat dengan Rasulullah SAW.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Jalurnya adalah melalui jalur Husain bin Ali, Ali Zainal Abidin, Muhammad al-Baqir, Ja’far al-Shadiq, Ali al-Uraidhi, Muhammad al-Naqib, Isa al-Rumi, Ahmad al-Muhajir, Ubaidullah, Alwi Awwal, Muhammad Sahibus Saumh, Alwi al-Tsani, Ali Khali’ Qasam, Muhammad Shahib Mirbath, Alwi Ammi al-Faqih, Abdul Malik (Ahmad Khan), Abdullah (al-Azhamat) Khan, Ahmad Syah Jalal, Jamaluddin Akbar al-Husain (Maulana Akbar), dan Maulana Malik Ibrahim.