Doa Motivasi Muslim Lifestyle

Kebaikan yang Bisa Diperoleh dari Makna Surat Al-Fatihah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Surat Al-Fatihah merupakan surat pembuka dalam Al Quran yang diturunkan di Mekkah dan terdiri dari 7 ayat. Bagi setiap umat islam diwajibkan untuk dapat menghapal bacaan surat ini karena merupakan salah satu bacaan yang menjadi  rukun nya setiap sholat baik itu wajib maupun sunnah.

Rasulullah saw bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلاَةً لَمْ يَقْرَأْ فِيْهَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ ثَلاَثًا غَيْرُ تَمَامٍ فَقِيْلَ لِأَبِيْ هُرَيْرَةَ: إِنَّا نَكُوْنُ وَرَاءَ اْلإِمَامِ فَقَالَ: اِقْرَأْ بِهَا فِيْ نَفْسِكَ فَإِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: قَالَ اللهُ تَعَالَى: قَسَّمْتُ الصَّلاَةَ بَيْنِيْ وَبَيْنَ عَبْدِيْ نِصْفَيْنِ وَلِعَبْدِيْ مَا سَأَلَ

Artinya :

“Barangsiapa yang melakukan sholat, sedang ia tak membaca Ummul Qur’an (Al-Fatihah) di dalamnya, maka sholatnya kurang (3X), tidak sempurna”. Abu Hurairah ditanya, “Bagaimana kalau kami di belakang imam”. Beliau berkata, “Bacalah pada dirimu (yakni, secara sirr/pelan), karena sungguh aku telah mendengar Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda, “Allah -Ta’ala- berfirman, “Aku telah membagi Sholat (yakni, Al-Fatihah) antara Aku dengan hamba-Ku setengah, dan hamba-Ku akan mendapatkan sesuatu yang ia minta”. [HR. Muslim (395), Abu Dawud (821), At-Tirmidziy (2953), An-Nasa’iy (909), dan Ibnu Majah (838)].

Baca juga: Baca Surat Al-Fatihah Sebelum Membaca Doa-doa Ini

Surat Al-Fatihah akan selalu menjadi ujung tombak bagi setiap umat islam dalam berbagai perihal hidup. Namun ternyata Kebanyakan dari sebagian umat islam hanya sekedar hapal dan mengamalkan nya dalam sholat tanpa mengetahui makna dari surat Al-Fatihah tersebut. Padahal jika diketahui dan ditelaah dengan betul, surat Al-Fatihah ternyata mempunyai makna dalam yang begitu berarti bagi kita sebagai umat islam. Makna dahsyat apakah yang terkandung dalam surat Al-Fatihah ? berikut penjelasan nya untuk anda. 

Baca juga: Mudah dan Praktis, Baca Surat Al-Fatihah di Sini

Surat Al-Fatihah beserta artinya:

Al-Fatihah Ayat 1

Bismillah Hirrahman Nirrahim

Artinya : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Al-Fatihah Ayat 2

alhamdu lillaahi rabbil aalamiina

artinya : Segala puji {2} bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Al-Fatihah Ayat 3

arrahmaanirrahiim

Artinya : Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Al-Fatihah Ayat 4

maaliki yawmiddiin

Artinya : Yang menguasai  di Hari Pembalasan

Al-Fatihah Ayat 5

iyyaaka na’budu wa-iyyaaka nasta’iin

Artinya : Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. 

Al-Fatihah Ayat 6

ihdinaash shiraathaal mustaqiim

Artinya : Tunjukilah kami jalan yang lurus

Al-Fatihah Ayat 7

shiraathalladziina an’amta ‘alayhim ghayril maghdhuubi ‘alayhim walaadhdhaalliin

Artinya : (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri ni’mat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. 

Baca juga: Cukup dengan Bacaan Surat Al-Fatihah, Insya Allah Impian Umroh Anda Terwujud

Makna dari surat Al-Fatihah

Ayat pertama

Pada surat Al-Fatihah yang berbunyi Bismillah Hirrahman Nirrahim bacaan ini sangat dianjurkan untuk membacanya setiap akan memulai suatu kegiatan terutama hal baik terlebih jika dikerjakan dengan niat semata karena Allah swt. Kata Bismillah Hirrahman Nirrahim memiliki makna yaitu pada saat kita umat muslim membaca Al Quran dengan menyebutkan nama Allah sambil memohon pertolongan darinya insyaAllah kita semua akan mendapatkan sumber energi yang utama atas keberkahan, kekuatan, keselamatan serta kebahagiaan dalam hidup. 

makna surat al-fatihah
source: shutterstock

Ayat kedua

Alhamdulillahi rabbil alamin biasanya digunakan umat Muslim untuk bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah kepada hambanya. Ucapan Alhamdulillahi rabbil alamin sudah menjadi bagian dari budaya umat Islam saat mendapatkan keberkahan dalam hidupnya. 

Ayat ketiga

Ayat surat Al-Fatihah yang berbunyi arrahmanirrahim artinya memberitahukan kita bahwa segala kehidupan baik buruknya di dunia saat ini merupakan rahmat dari kasih dan sayang Allah kepada kita. Segala bentuk perjalanan hidup baik suka maupun duka semua menjadi bagian dari rahmat, kasih dan sayang Allah kepada kita. Oleh karena itu, melalui surat Al-Fatihah dalam ayat Arrahmanirrahim artinya kita harus senantiasa mengerti bahwa kasih dan sayang Allah kepada makhluknya tidak terbatas.

Ayat keempat

Maliki yaumiddin artinya yang menguasai pada Hari Pembalasan kelak. Malik berarti yang menguasai, dan yaumiddin berarti hari pembalasan. Maaliki yaumiddin adalah Allah yang maha merajai hari akhir atau hari pembalasan nantinya. Hidup di dunia itu sifatnya hanya sementara. Kehidupan sesungguhnya akan kita jumpai nanti pada saat kiamat tiba yaitu di akhirat kelak. di mana hari pembalasan selalu ada terhadap apa yang dikerjakan manusia selama hidupnya di dunia . di hari pembalasan kelak hanya Allah yang menguasai atau merajai segalanya. yaitu hari di mana setiap perbuatan manusia mendapatkan balasan.

makna surat al-fatihah
source: shutterstock

Ayat kelima

Ayat yang berbunyi iyya kana’budu wa iyya kanasta’in bermakana manusia seharusnya tahu dan mengerti bahwa Allah lah satu-satunya dzat yang disembah dan Allah lah satu-satunya dzat yang dijadikan sandaran atau tempat untuk meminta pertolongan dalam segala hal persoalan dalam hidup. Tidak ada yang lain. 

Ayat keenam

Ayat pada surat Al-Fatihah yang berbunyi ihdinas siratal mustaqim menegaskan kepada umat Islam untuk meminta kepada Allah agar senantiasa diberikan pintu hidayah melalui jalan yang lurus, yaitu jalan yang benar dan di ridhoi menurut Allah. Karena hidup ini tak pernah lepas dari godaan dan bujukan rayu syaitan. 

Ayat ketujuh

Ayat terakhir dari surat Al-Fatihah yang berbunyi shiraathalladziina an’amta ‘alayhim ghayril maghdhuubi ‘alayhim walaadhdhaalliin yang memiliki makna bahwa kita meminta kepada Allah agar diberikan petunjuk atau hidayah berupa jalan yang lurus (melanjutkan kalimat ihdinas siratal mustaqim), yaitu jalan yang benar-benar dirahmati oleh Allah, bukan jalan yang dimurkai atau jalan yang sesat sebagaimana orang-orang telah dimurkai dan disesatkan oleh Allah karena kelakuan dan perbuatan mereka sendiri.

makna surat al-fatihah
source: shutterstock

Demikian lah penjelasan mengenai makna dari surat Al-Fatihah. Semoga bisa memberikan manfaat yang nyata dalam menjalankan ibadah sehari-sehari . sebagai seorang Muslim yang selalu mengharapkan rahmat dan ridho Allah baiknya tidak hanya sekedar dibaca sebagai syarat sah sholat tetapi kita juga wajib memahami setiap makna dalam ayat tersebut dengan sungguh – sungguh.  

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini