play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

Ini 7 Manfaat Kurma Muda Selain Sunnah Rasul

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh. com – Olahan buah kurma menjadi sesuatu yang dicari masyarakat. Aneka kurma untuk kesehatan diantaranya, kurma muda, sari kurma, dan madu kurma. Kurma yang biasa kita konsumsi semuanya dalam keadaan matang. Beda dengan kurma muda, yaitu kurma yang belum masak. Kurma muda terkenal karena memiliki banyak khasiat, salah satunya yang paling populer adalah untuk kesuburan. Makanya manfaat kurma muda banyak dicari jika telah menikah tapi belum kunjung diberi keturunan.

Baca juga : Amal Tak Diterima, Ini Syarat Wakaf yang Harus Terpenuhi

Kandungan Kurma Muda

Kurma muda disebut juga sebagai Kurma Ruthob. Nah, kurma ruthob ini kondisinya masih setengah matang ketika di konsumsi. Buah kurma muda ini tidak mengalami proses pengeringan dan proses-proses lainnya yang biasa dilalui oleh kurma pada umumnya.

Tampilan kurma muda mirip seperti buah sawit, tetapi memiliki tekstur buah yang berbeda, agak keras, dan bagian dalamnya seperti kelapa (putih). Kurma muda memiliki rasa agak sedikit sepet, tapi tergantung warna buahnya yang terdiri dari tiga jenis: merah, hijau, dan kuning.

Kurma muda atau Ruthob merupakan jenis kurma segar yang memiliki cita rasa manis dengan tekstur renyah nan crunchy. Harganya cukup mahal, berkisar 250-400 ribu rupiah/kg. Wajar, mengingat ketersediaannya di negara kita yang terbatas dan lebih mengandalkan impor dari negara luar.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Kurma muda sarat akan berbagai nutrisi dan mineral penting, seperti vitamin A, Vitamin B, kalsium, zat besi dan berbagai kandungan lainnya yang sudah barang tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan fruktosa dalam kurma muda mampu memberikan energi instan ketika tubuh mengalami kelelahan. Bagi ibu hamil, konsumsi kurma muda secara rutin pun tak kalah menakjubkan. Pasalnya, dalam kurma muda terkandung hormon serupa oksitosin yang disinyalir dapat membantu mempercepat proses kelahiran dan mencegah terjadinya pendarahan hebat saat melahirkan.

Manfaat Kurma Muda

Khasiat kurma muda tidak kalah dengan buah kurma basah atau kurma kering. Berbagai khasiat yang dikandungnya membuat kurma muda sangat dianjurkan bagi para pasangan yang sedang berupaya program hamil. Berikut ini manfaat kurma muda, diantaranya.

1. Menguatkan Tulang

Kurma muda kuning kaya akan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan tersebut dapat menutrisi tulang, dan gigi sehingga mencegah keroposnya tulang terutama pada perempuan yang sudah lanjut usia.

2. Meningkatkan Kesuburan

Bukan rahasia umum lagi bahwa kurma muda kuning memiliki manfaat untuk kesuburan perempuan. Buah ini kerap di konsumsi sebagai obat alami bagi pasangan yang sedang menjalankan program hamil (promil) karena kaya akan zat besi, dan kalsium.

Tidak hanya untuk perempuan, buah kurma muda kuning juga bisa dimanfaatkan oleh laki-laki sebagai makanan sehat guna meningkatkan kualitas sperma.

Bila banyak alasan dan pembenaran menunda ke Baitullah, maka ketaatan takkan maksimal. Dan kehadiran Umroh.com akan menyempurnakan ibadah Anda!

3. Baik untuk Ibu Hamil

Umroh.com merangkum, manfaat kurma muda bagi ibu hamil terbilang luar biasa. Betapa tidak, di dalam kurma muda terkandung hormon yang menyerupai hormon oksitosin yang diketahui dapat membantu mempercepat proses kelahiran dan mencegah terjadinya perdarahan hebat saat melahirkan.

Bahkan kandungan fitoestrogen dalam kurma muda pun memiliki aktivitas estrogenik yang memiliki struktur serupa dengan estorogen alami wanita sehingga dipercaya mampu meningkatkan kesuburan. Untuk pasangan yang telah lama menantikan kehadiran buah hati, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi secara rutin buah yang satu ini.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak diidap oleh orang Indonesia. Mungkin dari pola makan orang Indonesia yang kurang baik, apalagi setelah lebaran di mana makanannya bersantan dan banyak karbohidratnya daripada serat dan protein.

Selain obat hipertensi, ternyata kurma muda bisa berguna juga untuk menurunkan darah tinggi, loh. Hal ini dikarenakan kurma muda mengandung kalium yang sangat tinggi. Kalium dapat menekan natrium (garam) berlebih yang biasanya dimiliki oleh pasien darah tinggi.

5. Menjaga Kesehatan Mata

manfaat kurma muda

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui kalau kurma muda sangat baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan antioksidan yang terkandung dalam kurma muda dalam jumlah besar, sehingga kurma muda jadi sangat baik untuk mata. Konsumsi kurma muda secara rutin supaya fungsi mata Anda selalu dalam kondisi prima.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Siapa yang suka cepat lupa? Jika dibiarkan, bisa-bisa Anda jadi cepat pikun ketika sudah menginjak usia manula. Sebagai pencegahan, konsumsilah kurma muda. Ya, manfaat kurma muda yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan daya ingat. Kurma muda mengandung kalium yang sangat tinggi, dan kalium adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh otak. Dengan rutin memakan kurma muda, kinerja otak Anda bisa jadi lebih maksimal.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

7. Detoks Tubuh

Ahli kesehatan Islam menyarankan untuk mengkonsumsi kurma muda dan kurma biasa dalam waktu yang bersamaan. Kurma muda teksturnya kering dan dingin, lalu kurma biasa lembab dan hangat. Perbedaan sifat kedua kurma ini dipercaya dapat menetralkan obat, makanan, dan racun yang ada di dalam tubuh.

Facebook Comments