1
Muslim Lifestyle

Berikan Hal Positif, Ini Manfaat Membaca Doa Qunut

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sebagai seorang muslim, mendengar dan mengamalkan doa qunut mungkin sudah tidak asing lagi. Namun, ternyata tak semua umat muslim mengamalkan doa ini dalam bagian sholatnya. Sebab, doa qunut memang bukan termasuk kedalam rukun sholat. Lalu apa saja manfaat dari membaca doa qunut?

Baca juga: Sering Dilupakan, Ini Pengertian dari Doa Qunut

Pengertian Doa Qunut

Umroh.com merangkum, kata Qunut berasal dari bahasa Arab yang menurut bahasa memiliki beberapa arti yaitu: ketaatan, kesungguhan, patuh, berdiri lama, dan diam. Sedangkan menurut istilah adalah sebuah doa yang dibaca oleh seseorang ketika menjalankan ibadah sholat. Bagi pengikut madzab Syafi’I dan juga madzat Maliki, membaca doa qunut saat sholat subuh merupakan sunat muakad. Bahkan, sebagian dari pengikut madzab Maliki berpendapat bahwa sholat subuh tidak akan sah apabila lupa membaca qunut. Sedangkan pada sholat witir, penggunaan doa qunut untuk pertama kalinya dilakukan saat Bani Sulaim mendapatkan musibah.

Doa qunut dilakukan di dalam sholat usai i’tidal di rokaat kedua. Cara melakukan doa yang satu ini adalah dengan mengangkat kedua tangan di rokaat kedua sholat subuh setelah ruku. Setelah selesai, kamu bisa berdoa tidak perlu mengusap muka setelah selesai berdoa. Tapi langsung melakukan ruku’ dan melanjutkan bacaan dan setelah itu lakukan gerakan sholat lainnya sampai selesai.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Macam–macam Doa Qunut

Sebenarnya doa qunut memiliki beberapa pembagian. Namun, yang biasa kita kenal dan digunakan ialah doa qunut subuh. Menurut ilmu fiqh kurang lebihnya terdapat tiga bacaan doa qunut yang wajib diketahui dan di amalkan. Diantaranya ialah :

1. Qunut Shubuh dan witir

Qunut shubuh adalah qunut yang mungkin paling familiar di telinga kita. Seperti namanya, qunut shubuh dibaca tepat sebelum sujud ketika shalat shubuh. Sedangkan seperti namanya, qunut witir adalah qunut yang dilakukan ketika melakukan shalat witir. Dalam mazhab Syafi’i, qunut witir dilakukan selama setengah terakhir (15 malam) shalat witir di bulan Ramadhan, setelah shalat taraweh. 

“Allaahumahdinii fiiman hadait, wa ‘aafinii fiiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawallait, wa baariklii fii maa a’thait, wa qinii birahmatika syara maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaik, wa innahu laa yadzillu man walait, wa laa ya ‘izzu man ‘aadait, tabaarakta rabannaa wa ta’aalait, Falakal hamdu ‘alaa maa qadhait, astaghfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa baarik wa sallam”

Artinya:

webinar umroh.com

“Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau berikan petunjuk, dan berilah aku kesehatan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan, dan pimpinlah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau pimpin, dan berilah berkah pada segala sesuatu yang telah Engkau berikan kepadaku, Dan berilah aku perlindungan dari segala kejahatan yang telah Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menentukan (menghukum) atas apa yang Engkau izinkan. Sesungguhnya tidak akan hina orang-orang yang telah Engkau berikan kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia siapa saja yang telah Engkau musuhi. Segala berkah atas-Mu dan segala keluhuran atas-Mu.

Segala puji bagi-Mu atas segala yang Engkau pastikan. Hamba memohon ampunan dan kembali (taubat) pada-Mu. dan sholawat, rahmat dan berkah-Mu atas baginda Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

2. Qunut Nazilah

Qunut nazilah adalah qunut yang dilakukan ketika terjadi sesuatu yang besar seperti perang, bencana alam atau kejadian lainnya. Qunut nazilah berbeda dengan qunut shubuh. Jika qunut shubuh dilakukan pada shalat shubuh saja, maka qunut nazilah dilakukan dalam shalat lima waktu. Bacaan qunut antara qunut shubuh dan qunut nazilah juga berbeda.

“Allaahummaghfir lanaa wa lil mu’miniina wal mu’minaati wal muslimiina wal muslimaati wa allif baina quluubihim wa ashlih dzaata bainihim wanshurhum ‘alaa ‘aduwwika wa ’aduwwihim”.

“Allahummal’an kafarata ahlal kitaabi alladziina yashudduuna ‘an sabiilika wa yukaddzibuuna rusulaka wa yuqaatiluuna auliyaaika”.

“Allahumma khaaliif baina kalimihim wa zalzil aqdaamahum wa anzil bihim ba’sakal ladzii laa tarudduhuu ‘anil qaumil mujrimiin(a)”

Artinya:

“Ya Allah, Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatukanlah hati mereka. Perbaikilah hubungan di antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka.”

“Ya Allah, laknatlah orang-orang kafir ahli kitab yang senantiasa menghalangi jalan-Mu, dan mendustakan utusan-utusan-Mu, dan yang membunuh wali-wali-Mu.”

“Ya Allah, cerai-beraikanlah persatuan dan kesatuan mereka. Goyahkanlah langkah-langkah mereka, dan turunkanlah atas mereka siksa-Mu yang tidak akan Engkau jauhkan dari kaum yang berbuat jahat”

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Manfaat Membaca Doa Qunut

Manfaat dari membaca doa qunut ini sangatlah banyak, karena mengandung berbagai macam hal yang positif, yang diantaranya ialah :

1. Permohonan agar tetap diberikan petunjuk 

Membaca doa qunut secara rutin pada sholat subuh, maka Allah SWT akan memberi petunjuk kepada umat-Nya. Petunjuk yang diberikan dapat berupa ilmu yang bermanfaat atau pun amal sholeh seseorang.

2. Permohonan agar tetap diberikan kesehatan 

Sering membaca doa qunut bisa menuntun umat manusia senantiasa terhindar dari hal yang menyimpang, baik dari segi hawa nafsu maupun dari tahta atau harta. Membaca doa qunut membuat hati sehat, jasmani pun sehat. Hal ini tentu akan membawa kedamaian hati bagi yang sering membacanya.

3. Agar senantiasa diberikan sesuatu yang penuh barokah dari-Nya

Nikmat yang telah diberikan, sedikit atau pun banyak akan tetap berkah. Nikmat yang berkah tentu akan lebih terasa cukup dan tidak pernah merasa kurang.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

4. Agar senantiasa tetap dalam perlindungan Allah dari segala mara bahaya yang mengancam dirinya

Perlindungan yang diberikan tak hanya perlindungan untuk keselamatan dunia saja, tapi juga keselamatan akhirat. Dengan doa qunut, Allah akan menyelamatkan umat manusia dari segala cobaan yang tengah dilalui supaya umat-Nya selalu berada di jalan yang lurus.

5. Permohonan agar senantiasa diberikan ampunan oleh-Nya.

Setiap manusia pasti memiliki salah dan tak luput dari dosa, membaca doa qunut dengan mengharap ridho dari Allah SWT tentunya akan senantiasa menghapus dosa dan akan diberikan ampunan oleh Allah SWT.