play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Travel

Ada Sejuta Manfaat Memiliki Paspor, Apa Saja?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Istilah paspor sendiri berasal berasal dari Sea Port (pelabuhan laut). Di Eropa abad pertengahan, dokumen itu dikeluarkan bagi pelancong oleh penguasa setempat, dan biasannya berisi daftar kota di mana pemilik dokumen diijinkan lewat.

Pengertian Paspor

Umroh.com merangkum, paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Fungsi Tersembunyi dari Paspor

Paspor berisi biodata pemegangnya yang meliputi antara lain foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan kadang-kadang juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual.

Kegunaan Paspor

Paspor digunakan untuk membuktikan identitas pemiliknya di negeri asing. Paspor jenis pertama mencakup uraian pemegang paspor. Pemasangan foto pada paspor dimulai pada abad ke-20 ketika fotografi semakin meluas.

Paspor biasa yang habis masa berlakunya, yang halamannya sudah penuh, atau yang rusak harus diganti dengan yang baru. Dengan penggantian ini, pemohon akan diberikan paspor baru (nomor paspor yang berbeda) yang berlaku selama lima tahun. Pada saat ini, sudah tidak ada lagi pelayanan perpanjangan paspor untuk paspor biasa.

Mau dapat tabungan umroh? Cukup dengan download aplikasinya di sini, dan uang jutaan rupiah menunggu Anda!

Saat melewati bagian imigrasi suatu negara, pemegang paspor biasa akan diperiksa secara manual oleh petugas, artinya paspor akan dibuka dan diperiksa halaman demi halaman. Pemeriksaan pada pemilik paspor elektronik lebih mudah, yaitu cukup dengan scan data biometrik yang ada pada halaman depan paspor. Banyak negara, termasuk Indonesia (di Jakarta dan Bali), sudah menyiapkan gate otomatis (autogate) bagi pemegang e-paspor yang memudahkan dan mempersingkat waktu pemeriksaan paspor. Terkait penyimpanan, pada dasarnya sama, namun karena keberadaan chip pada e-paspor membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam menyimpannya karena jika chip rusak, maka paspor tidak bisa digunakan.

Manfaat Paspor

  1. Mendapatkan kepastian hukum di luar negri
  2. Identitas diri di luar negri
  3. Persyaratan dokumen untuk studi di luar negri, kerja, travelling, umroh dan haji
  4. Setelah memiliki paspor lebih termotivasi untuk trevelling luar negri ke banyak negara 
  5. Lebih ada jalan dan solusi mewujudkan mimpi travelling ke luar negri, mencatat negara-negara yang ingin dikunjungi, dan mengusahakannya.
  6. Baik ada ataupun tidak ada uang. Banyak atau sedikit. Bisa terwujud mengusahakannya berawal dari memiliki paspor.
  7. Berkesempatan besar mendapatkan tiket super murah hingga gratis karena sudah memiliki nomor paspor
  8. Feel international people. Dengan memiliki paspor, terutama bila sudah sering ke luar negri. Muncul rasa, kita telah masuk bagian interaksi masyarakat global.
  9. “Memepetkan” diri agar segera bisa travelling ke luar negri dengan segera bagaimanapun keadaan sekarang. Tujuan sebagai tanda pengenal di luar negeri, sehingga kita memiliki identitas yang jelas di luar negeri 
  10. Banyak maskapai penerbangan yang rutin mengobral tiket promosi. Kadang, tiket ini hanya bisa dibeli jika paspor sudah dikantongi.
  11. Tak perlu khawatir paspormu sia-sia. Masa berlakunya cukup lama untuk menjaminnya bisa berguna sebelum kadaluarsa.
  12. Banyak beasiswa studi ke luar negeri yang mengharuskanmu punya paspor lebih dahulu jika mau mengirimkan aplikasi

Punya rencana untuk pergi umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan impian Anda di umroh.com sekarang juga!

Punya paspor itu sama sekali bukan berarti kamu sombong. Siapapun boleh membuatnya, karena itu adalah salah satu hakmu sebagai warga negara. Tak peduli seberapa banyak uang yang kamu miliki, tak peduli apapun status ekonomimu saat ini, percayalah bahwa suatu saat nanti kamu akan berterima kasih telah mengurus paspormu sejak jauh-jauh hari. Itulah manfaat jika Anda memiliki paspor.

Facebook Comments