1
Muslim Lifestyle

Manfaat Puasa Daud dan Keutamaan Jika Melakukannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi umat muslim, sudah seharusnya untuk mengetahui apa saja yang diperintahkan oleh Allah SWT serta sunah – sunah apa saja yang harus dikerjakan, seperti salah satunya dengan menjalankan puasa daud. Puasa daud ini merupakan puasa yang disunnahkan oleh Nabi Daud terdapat banyak manfaat yang terkadung dalam puasa daud tersebut, berikut merupakan manfaat puasa daud yang banyak orang belum tahu.

Baca juga : Penjelasan Adab Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Pengertian Puasa Daud

Puasa daud adalah puasa yang merupakan salah satu jenis dari puasa sunnah. Untuk puasa daud ini biasanya dengan cara berpuasa berselang-seling hari, satu hari puasa dan hari berikutnya tidak puasa. Berdasarkan hukumnya, maka puasa daud dapat dikelompokkan menjadi puasa sunnah. Untuk sunnah itu sendiri jika seseorang tersebut melaksanakaannya, maka akan mendapatkan pahala dan jika tidak melaksanakannya maka seseorang tersebut tidak mendapatkan dosa.

Manfaat Puasa Daud

Ketika kita mengerjakan segala sesuatunya yang diwajibkan serta di sunnah kan oleh Allah SWT, maka hal tersebut tidak akan sia-sia, karena didalam perintah untuk menjalankan puasa daud maka tersimpan manfaat didalamnya, berikut merupakan manfaat saat melaksanakan puasa daud.

1. Mencegah Sering Sakit

Manfaat yang dirasakan oleh seseorang ketika menjalankan puasa daud adalah membuat seseorang tersebut menjadi jarang sakit, karena puasa daud diibaratkan sebagai sebuah imunitas bagi tubuh. Kondisi tubuh menjadi sehat terutama pada saluran pencernaan. Pada saat itu kondisi Nabi Daud juga selalu sehat dan jarang sakit.

2. Detoksifikasi

Umroh.com merangkum, puasa daud juga diyakini dapat dijadikan sebagai proses detoksifikasi bagi tubuh, jika puasa daud dapat dijalankan dengan rutin, maka dapat membuang segala jenis racun yang ada didalam tubuh dengan berpuasa daud

3. Menekan Hawa Nafsu

Ketika melaksanakan puasa daud maka seseorang dapat mengontrol hawa nafsu itu sendiri. Hawa nafsu yang dimaksud tidak hanya nafsu syahwat atau gairah seks saja melainkan juga nafsu amarah dan dapat mengontrol amarah tersebut.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

4. Menguatkan Fisik

Manfaat Mengucapkan Istighfar

Yang harus Anda ketahui adalah Nabi Daud merupakan nabi yang memiliki kekuatan fisik mengagumkan. Kekuatan fisik ini melengkapi perawakan tubuh tinggi dan pesona kharismatik. Bahkan dahulu Nabi Daud terkenal karena jarang sakit, hal tersebut karena Nabi Daud berpuasa. Untuk bisa mendapatkan kekuatan fisik seperti Nabi Daud, maka Anda bisa melakukan amalam sunnah puasa daud. Manfaat puasa nabi daud sangatlah berguna untuk menunjang produktivits sehari-hari.

webinar umroh.com

5. Melatih Titik Optimal

Titik optimal merupakan titik yang paling baik untuk segala urusan termasuk kedalam urusan beribadah. Manfaat dari puasa daud adalah bisa berguna untuk melatih diri untuk melakukan segala sesuatu hal pada titik optimal.

6. Mengikuti Sunah

Manfaat dari puasa daud dari segi kesehatan dan kejiwaan sudah disebutkan diatas. Maka yang perlu seseorang yakini adalah puasa daud tentu memilik manfaat dalam bidang sisi spiritual. Ini berarto puasa daud juga merupakan amalan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan amalan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW maka Anda telah mengikuti segala sunnah beliau yang diyakini memiliki kejayaan di dunia dan akhirat.

7. Mendapatkan Ridho Allah

Puasa daud merupakan puasa yang disukai oleh Allah SWT sebagaimana hadits diberikut ini “Puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling dicintai Allah adalah shalat Daud. Ia tidur setengah malam, dan bangun sepertiga malam, kemudian tidur (lagi) seperenam malam dan ia berpuasa satu hari dan berbuka satu hari.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi dengan melakukukan puasa daud maka ini bisa membawa suatu manfaat, manfaat maksud disini adalah dalam rangka mendapatkan ridho dari Allah SWT sehingga Anda bisa semakin dekat dengan Allah SWT.

Punya rencana untuk pergi umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan impian Anda sekarang juga bersama umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Keutamaan Puasa Daud

Puasa Nabi Daud merupakan puasa yang dilakukan secara selang-seling dan puasa daud merupakan puasa yang disunnahkan serta puasa yang paling utama. Untuk keutamaan puasa daud ini sebagaimana yang telah tertuang pada salah satu hadits dibawah ini :

“Puasalah sehari dan berbukalah sehari, karena demikian itu adalah seutama-utamanya puasa, itulah puasa saudaraku Daud ‘alahissalam.” (HR. Bukhari dan Muslim) selain merupakan puasa sunnah yang paling utama, puasa daud juga memiliki keutamaan sebagai puasa sunnah yang paling dicintai oleh Allah SWT sebagaimana yang ada didalam hadits berikut:

Puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling dicintai Allah adalah shalat Daud. Ia tidur setengah malam, dan bangun sepertiga malam, kemudian tidur (lagi) seperenam malam dan ia berpuasa satu hari dan berbuka satu hari.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Manfaat Puasa Daud

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Keutamaan puasa Nabi Daud sebagai puasa sunnah yang paling utama dan merupakan puasa sunnah yang paling dicintai oleh Allah SWT Karena puasa daud merupakan puasa (amalan sunnah) yang optimal. Yang dimaksud dengan optimal adalah puasa yang tidak berlebihan tetapi merupakan syarat akan tingkat ketaqwaan yang sangat tinggi.