1
Muslim Lifestyle

Perlu Tahu! Pengertian Puasa Daud dalam Islam dan Niatnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Puasa merupakan salah satu metode yang Allah gunakan untuk mendidik umat muslim agar menjadi manusia yang bertakwa. Manusia yang bertakwa adalah manusia yang baik hubungannya dengan Allah, sesama manusia, dan lingkungannya. Nah, contohnya puasa Daud merupakan salah satu cara agar kita baik hubungannya dengan sesama manusia. Puasa Daud dalam islam salah satu puasa sunah yang dianjurkan karena Anda akan mendapatkan banyak hal baik di dalamnya,

Mengingat manfaat yang begitu besar dari berpuasa, maka islam memberi kesempatan umat islam untuk tidak hanya melakukan puasa wajib, tetapi juga yang sunnah. Dari banyaknya puasa sunnah yang dianjurkan dalam islam, ada satu puasa yang sudah familiar kita dengar dengan sebutan puasa daud. Merupakan puasa sunnah yang diistimewakan oleh Allah SWT. Bahkan tidak ada satupun puasa sunnah yang lebih baik dibandingkan dengan puasa daud.

Baca juga : Terkuak, Ternyata Begini Hukum Junub saat Puasa

Apa itu Puasa Daud ?

Puasa Daud merupakan puasa khusus amalannya Nabi Daud. Menurut pengertiannya, puasa Daud dapat diartikan sebagai puasa sunnah yang dikerjakan dengan cara sehari berpuasa, kemudian sehari berbuka. Puasa ini merupakan puasa sunnah yang paling afdhal dan tidak ada lagi puasa yang afdhal selain itu. sebagaimana Rasulullah saw bersabda :

“Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)”

keutamaan surat al ikhlas

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa puasa Daud adalah puasa yang paling disukai oleh Allah SWT. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata Rasulullah SAW mengatakan padanya :

“Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.” (HR. Bukhari)”

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa puasa Daud merupakan puasa yang disyariatkan oleh Nabi Daud dan diamalkan oleh Nabi SAW. serta umatnya hingga saat ini. Puasa daud hukumnya ini termasuk dalam  puasa sunnah. Jadi, sebagaimana sunnah, puasa Daud merupakan amalan yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa dan tidak mendapat pahala. Akan tetapi, jika dikerjakan memiliki pahala dan keutamaan yang sangat besar.

webinar umroh.com

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Keutamaan Puasa Daud

Umroh.com merangkum, setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT tentunya akan memiliki segudang keutamaan di dalamnya. Puasa Daud memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Berikut ini empat keutamaan Puasa Daud:

1. Puasa sunah paling utama

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang paling afdhal, paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Puasa yang paling utama adalah puasa Nabi Daud ‘alaihis salam. Beliau berpuasa sehari dan tidak berpuasa sehari.” (HR. An Nasa’i; shahih)

2. Puasa sunnah yang paling dicintai Allah

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang paling dicintai Allah SWT. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Dan sholat yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. Dan ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari”. (HR. Muslim)

Harga pas di kantong, pilih paket umroh Anda hanya di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

3. Puasa sunnah tertinggi

Puasa Daud merupakan puasa terbaik sekaligus puasa tertinggi dan terberat. Tidak boleh berpuasa melebihi ini karena tubuh juga punya hak untuk dijaga. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan lainnya:

Abdullah bin Amr berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menanyakan kepadaku, “Aku mendengar kabar bahwa engkau selalu qiyamul lail dan siangnya berpuasa.” Aku menjawab, “Benar ya Rasulullah.”

Maka Rasulullah bersabda, “Berpuasalah dan berbukalah. Shalatlah dan tidurlah! Karena tubuhmu memiliki hak terhadapmu. Istrimu memiliki hak terhadapmu. Dan tamumu juga memiliki hak terhadapmu. Cukuplah bagimu berpuasa tiga hari setiap bulan.”

Abdullah berkata, aku bertahan, maka Rasulullah pun bersikeras pula. Akhirnya aku berkata, “Ya Rasulullah, aku sanggup lebih dari itu.”

Rasulullah bersabda, “Kalau begitu, berpuasalah tiga hari setiap pekan.”

Abdullah berkata, aku bertahan, maka Rasulullah pun bersikeras pula. Aku berkata lagi, “Ya Rasulullah, aku sanggup lebih dari itu.”

Rasulullah bersabda, “Kalau begitu, berpuasalah seperti Nabi Daud dan jangan lebih dari itu.”

Aku bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana puasa Nabi Daud itu?” Rasulullah bersabda, “Ia berpuasa sehari lalu berbuka sehari.”

4. Puasa yang paling adil

Dalam riwayat Imam Muslim, Rasulullah menganjurkan puasa Daud dan menyebutnya sebagai puasa yang paling adil.

“Berpuasalah satu hari dan berbukalah satu hari dan itu adalah puasa yang paling adil. Itu puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam.” Aku berkata, “Sesungguhnya aku mampu lebih baik dari itu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada yang lebih utama dari itu.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

5.      Mencegah sering sakit

Manfaat puasa Daud dalam islam yang sangat terasa untuk kesehatan tubuh adalah menjaga kesehatan tubuh. Hal ini persis seperti kondisi kesehatan Nabi Daud ‘alaihissalam yang selalu sehat dan jarang sakit. Pelaksanaan puasa daud bagaikan sebuah imunitas bagi tubuh. Dengan melakukan puasa daud yang dilakukan berselang satu hari maka kondisi tubuh menjadi lebih sehat terutama pada saluran pencernaan.

Bacaan Niat Puasa Daud

Semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah hati. Melafadzkan niat bukanlah syarat, namun jumhur ulama berpendapat hukumnya sunnah agar membantu hati dalam menghadirkan niat. Sedangkan menurut mazhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak bersumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

puasa daud dalam islam

Lafadz niat puasa Daud adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAL LILLAHI TA’ALA

Artinya : “Saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta’ala”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Dengan melakukan amalan-amalan yang dicontohkan oleh rasulullah shalallahu’alaihi wassalam maka mengartikan Anda telah mengikuti sunnah beliau yang diyakini memiliki manfaat dunia akhirat.