1
Muslim Lifestyle

Tata Cara Puasa Daud Dan Manfaatnya yang Wajib Anda Ketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Puasa merupakan salah satu dari rukun islam yang wajib di jalani bagi setiap umat muslim diseluruh dunia. Puasa saat bulan ramadhan merupakan puasa yang paling populer karena dilakukan satu bulan penuh sebelum tiba idul fitri. Namun taukah Anda bahwa puasa bukan hanya saat bulan ramadhan saja? melainkan masih ada beberapa puasa sunah yang bisa mendatangkan pahala bagi kita yang menjalaninya, salah satunya yaitu puasa sunah daud yang menjadi puasa sunah dengan keistimewaan karena paling disukai oleh Allah SWT. Tata cara puasa Daud tidak jauh berbeda dengan puasa lainnya yang mewajibkan niat dan sahur.

Baca juga : Pahami Keutamaan Puasa Senin Kamis Dalam Islam

Apakah Itu Puasa Daud?

Puasa Daud atau puasa Nabi Daud merupakan puasa yang dilaksanakan selang seling, maksud selang seling yaitu hari ini Anda puasa dan besok harinya Anda tidak puasa. Disebut puasa Daud karena puasa ini merupakan puasa yang rutin di jalankan oleh Nabi Daud. Sejarah singkatnya Nabi Daud melakukan amalan – amalan wajib dan juga sunah, salah satu amalan yang dijadikan sebagai panutan yaitu puasanya, sehingga di kenal dengan sebutan puasa Daud.

Nabi Daud rutin menjalankan puasa sunah ini, akan tetapi bagi umatnya nabi Muhammad SAW puasa ini hukumnya sunah. Yang memiliki arti jika di lakukan akan mendapat pahala dan jika tidak di lakukan maka tidak akan berdosa pula.

Bagaimana Tata Cara Puasa Daud?

Tata cara puasa daud umumnya hampir sama dengan puasa lainnya. Secara singkat tata caranya sebagai berikut :

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

1. Niat

Niat puasa daud sebaiknya dilakukan di malam hari, sebelum fajar terbit. Namun karena ini puasa sunah maka jika terlupa di perbolehkan mengucapkan niat di pagi hari asalkan belum makan dan minum apa – apa. Serta tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

2. Makan sahur

tata cara puasa daud

Makan sahur merupakan sunah yang wajib di jalankan agar mendapat keberkahan dan juga pahala. Namun jika ada tidak sempat makan sahur, karena terlambat bangun dan waktu sahur terburu habis, maka puasanya akan tetap sah.

3. Menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa

Menahan saat berpuasa bukan hanya menah diri dari makan dan minum saja, tetapi menahan diri dari hawa nafsu dan segala bentuk kemaksiatan lainnya seperti berdusta, ghibah, mengunjing dan lainnya, dari mulai terbitnya matahari sampai dengan terbenamnya matahari.

webinar umroh.com

4. Berbuka

Waktu berbuka puasa daud sama halnya dengan puasa lainnya yaitu saat terbenamnya matahari. Yang di anjurkan untuk segera membatalkan puasa Anda, karena merupakan salah satu sunah puasa.

Dapatkan Paket Umroh Menarik Hanya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Manfaat Dari Menjalankan Puasa Daud

Menjalankan puasa daud bukan hanya mendatangkan amalan bagi diri kita, tetapi kita juga akan merasakan manfaat dari puasa daud yang dapat kita rasakan melalui kesehatan tubuh, kejiwaan dan kedekatan kita dengan Allah SWT. Berikut beberapa manfaat yang dapat kita rasakan dengan berpuasa daud :

1. Mencegah sering sakit

Manfaat puasa daud dapat kita rasakan dalam tubuh kita, salah satunya yaitu tubuh menjadi jarang terkena sakit.  Karena pelaksanaan puasa daud di ibaratkan seperti sebuah imunitas bagi tubuh. Karena dengan melakukan puasa daud yang dilakukan selang-seling maka kondisi tubuh menjadi lebih sehat terutama pada organ pencernaan.

2. Dapat menguatkan fisik

Nabi daud merupakan nabi dengan kekuatan fisik yang mengangumkan, yang di dukung dengan perawakan yang tinggi dan juga pesona kharismatik dengan menjalankan puasa daud dapat menunjang produktivitas sehari – hari.

3. Membuang racun dalam tubuh

tata cara puasa daud

Umroh.com merangkum, puasa daud  bisa menjadi proses detoksifikasi bagi tubuh.  Yang dimana puasa daud ini berguna untuk membersihkan tubuh, karena jika dilakukan rutin setiap hari dapat membuang racun yang ada dalam tubuh melalui makanan, minuman dan udara yang anda hirup dan konsumsi yang dapat merugikan tubuh jika tidak di buang.

4. Dapat menahan hawa nafsu

Manfaat lainnya yang bisa kita dari menjalankan puasa daud yaitu mengontrol hawa nafsu. Hawa nafsu yang dimaksud bukan hanya hawa nafsu syahwat atau gairah seks melainkan juga hawa nafsu amarah.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

            Bagaimana sudah mengerti bukan tata cara pelaksanaan puasa daud? Tunggu apalagi, yuk mari kita coba perlahan-lahan menjalankan puasa sunah daud, karena insyaallah puasa ini memiliki begitu banyak keistimewaan yang dapat kita rasakan. Semoga informasi yang penulis sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.