1
Muslim Lifestyle

Manfaat Puasa Senin Kamis yang Bisa Anda Rasakan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Menjalankan ibadah tidak hanya melakukan sholat wajib saja, tetapi berpuasa pun dapat menjadi salah satu ibadah sunnah yang bisa kita jalani dan mendapatkan berbagai amalan-amalan jika menjalankannya. Ibadah sunnah sendiri merupakan ibadah yang apabilah kita jalankan akan mendapat pahaladan jika tidak di jalankan tidak akan mendapat dosa pula, contohnya puasa senin kamis. Namun akan lebih baik jika ibadah tersebut di jalankan, mengingat begitu banyak manfaat puasa senin kamis dan kenikmatan yang dapat kita peroleh.

Baca juga : Umurnya Hampir Seabad, Ini Masjid Tertua di Dunia

Asal – Usul Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis memiliki cerita yang cukup menarik sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang mengatakan : “Pintu-pintu surga di buka pada hari senin dan kamis maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu apapun akan di ampuni dosa-dosanya kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai”. (HR. Muslim).

Jadi mengapa Rasulullah SAW senantiasa menjalankan puasa senin kamis, hal tersebut karena amalan-amalan manusia di periksa di hadapan Allah SWT dalam setiap pekan (jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari senin dan kamis.

Niat Puasa Senin Kamis

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Tak hanya itu hari senin merupakan hari dimana Rasulullah SAW dilahirkan, hari dimana beliau di utus dan hari dimana wahyu di turunkan pada beliau, sedangkan hari kamis menjadi hari dimana semua amal ibadah umat manusia di kumpulkan di depan Allah SWT, sehingga Rasulullah SAW sangat senang jika saat amal perbuatannya di periksa di hadapan Allah SWT beliau sedang dalam keadaan berpuasa.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Berpuasa senin kamis tentunya semata-mata bukan hanya menjalankan ibadah sunnah saja, melainkan dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kita yang menjalaninya. Beberapa manfaat yang bisa kita rasakan diantaranya yaitu :

1. Meningkatkan Amalan

Dengan menjalankan puasa senin kamis dapat mendorong kita untuk lebih menjalankan amalan-amalan sunnah yang di perintahkan Allah SWT yang kelak nantinya akan mendatangkan pahala dan juga kenikmatan untuk kita yang menjalankannya dari Allah SWT.

2. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Dari segi medis berpuasa dapat membantu kesehatan sistem pencernaan, sedangkan dari sisi psikologis berpuasa dapat menjaga emosi menjadi lebih stabil, Anda tidak mudah marah ataupun stress karena ketenangan dalam berpuasa dapat menghadirkan kebahagiaan dan ketentraman dalam jiwa.

webinar umroh.com

Ingin Umroh dengan Paket Menarik? Dapatkan hanya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

3. Meningkatkan Rasa Syukur

Umroh.com merangkum, dengan rutin berpuasa seminggu dua kali yaitu pada hari senin dan kamis setidaknya kita dapat merasakan sedikit bagaimana penderitaan yang di alami oleh orang-orang yang kelaparan dan juga kekurangan di luar sana. Oleh karena itu puasa dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih bersyukur terhadap kehidupan yang telah kita jalani sekarang. Jangan pernah kita merasa kurang, karena sebenarnya masih banyak di luar sana yang lebih membutuhkan dan kita jauh lebih beruntung diantara mereka.

4. Mengencangkan Kulit

Mungkin Anda tidak akan percaya jika puasa senin kamis dapat mengencangkan kulit. Apakah ada hubungannya? Jawabannya tentu ada. Karena saat anda berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh juga ikut beristirahat sehingga dapat membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Maka hasilnya organ tubuh luar seperti kulit akan lebih terasa kencang dan juga sehat. Jika Anda tidak percaya, Anda bisa mulai mencobanya dan rasakan manfaatnya.

5. Melatih Diri Agar Lebih Disiplin

manfaat puasa senin kamis

Puasa akan melatih seseorang untuk lebih disiplin dalam segala hal, baik dari segi tindakan maupun tingkah laku. Karena secara tidak langsung Anda akan merasakan selalu diawasi dengan Allah SWT sehingga Anda akan selalu menghindari perbuatan yang dapat menimbulkan dosa yang  hanya akan mengakibatkan batalnya puasa yang Anda jalani.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Melihat dari berbagai banyaknya manfaat yang kita peroleh dari berpuasa senin kamis, sangat di sayangkan bukan jika kita melewatinya. Untuk itu Anda bisa mencoba pelan-pelan membiasakan diri untuk menjalankan ibadah puasa sunnah tersebut. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.