1
Travel

Umurnya Hampir Seabad, Ini Masjid Tertua di Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Masjid adalah tempat ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain tempat ibadah, bangunan yang biasa di kenal dengan sebutan rumah Allah ini juga kerap kali difungsikan sebagai tempat belajar mengajar seputar keagamaan. Berikut ini ada 10 Masjid tertua di dunia yang wajib Anda kunjungi.

Keberadaan masjid sebagai sarana ibadah tentunya tidak hanya ada di Indonesia. Melainkan terdapat pula di seluruh penjuru dunia. Mengingat keberadaan umat muslim yang tersebar luas diseluruh dunia sangatlah banyak. Berkembang pesatnya ajaran islam di dunia membuat banyak nya masjid yang dibangun kala itu saat ini tercatat sebagai masjid tertua  yang tersebar luas diseluruh dunia. Masjid apa dan dimana sajakah letaknya? 

Baca juga: Ini Dia 10 Masjid Tertinggi di Dunia

Masjid Tertua di Dunia

1. Quba mosque

Umroh.com merangkum, masjid Quba adalah lokasi peribadatan Umat Islam yang pertama dibangun Rasulullah SAW, saat hijrah ke Madinah. Tepatnya pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi. Masjid Quba berlokasi sekitar 5 kilometer (km) di sebelah tenggara Kota Madinah. Berada di kawasan perkampungan bernama Quba. Nama masjid diambil dari nama telaga di masjid tersebut. Masjid ini telah beberapa kali mengalami renovasi sebelum akhirnya seperti kondisi saat ini. 

2. Al-Masjid al-Nabawi, Saudi Arabia

Masjid Al Nabawi adalah sebuah masjid yang didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad, berlokasi di pusat kota Madinah di Arab Saudi. Dibangun pada tahun 622 M, Masjid Nabawi merupakan masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini menjadi tempat paling suci kedua dalam agama Islam, setelah Masjidil Haram di Mekkah.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Masjid al-Qiblatain, Saudi Arabia

Masjid Qiblatain (artinya: masjid dua kiblat) dibangun pada tahun 623 M adalah salah satu masjid terkenal di Madinah. Masjid ini mula-mula dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah, karena masjid ini dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Letaknya di tepi jalan menuju kampus Universitas Madinah di dekat Istana Raja ke jurusan Wadi Aqiq atau di atas sebuah bukit kecil di utara Harrah Wabrah, Madinah.

4. Jawatha Mosque, Saudi Arabia

Masjid Jawatha terletak di kawasan desa Al-Kilabiyah. Tepatnya ada di sekitar 12 km timur laut dari Hofuf, Al-Ahsa, Saudi Arabia, dan menjadi masjid yang pertama kali di bangun di wilayah timur saudi arabia pada tahun 629 M.

masjid tertua di dunia

5. Masjid cheraman Juma palli

Masjid Cheraman juma terletak di kerala, India. Masjid Cheraman Juma, dibangun pada 629 M. Selain menjadi salah satu masjid tertua di dunia, masjid tersebut merupaka masjid pertama yang berdiri di india. Masjid cheraman juma palli di bangun Hz Malik Dinar (RA) untuk mengenang Raja Chera Cheraman perumal.

webinar umroh.com

6. Masjid al-Haram, Saudi Arabia

Masjidil Haram adalah masjid dan tempat tersuci bagi umat Islam. dibangun pada tahun 638 M, Masjid ini terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah Sholat. Selain Kakbah, di sana juga ada bangunan dan tempat suci lainnya di antaranya, Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, Multazam, Mustajar, Hathim, dan Hijr Ismail.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

7. Great Mosque of Kufa, Iraq

Dibangun pada tahun 639 M. masjid agung kufah, atau masjid al-kufah, atau masjid-al-azam terletak di kufah, irak, merupakan salah satu masjid paling awal dalam islam. Dibangun pada abad ke-7, berisi sisa-sisa muslim ibn ‘aqil – sepupu pertama dari husain bin’ ali, rekan hani nya ibn ‘urwa, dan mukhtar al-thaqafī revolusioner.

8. Mosque of Uqba, Tunisia

Nama resmi dari  masjid Agung di Kairouan ini adalah Masjid “Uqba Bin Nafi“ atau dikenal juga dengan nama “Sidi Uqba dan Uqba Bin Nafis”. Nama tersebut diambil dari salah satu seorang sahabat Rasululllah SAW yang juga merupakan seorang panglima perang Islam penakluk Afrika Utara. Pada tahun 670 M Uqba Bin Nafi pula yang pertama kali mendirikan masjid ini dan menjadi seorang penguasa muslim pertama di Kairouan, Tunisia. 

Masjid Agung Kairouan berada di timur laut wilayah medina kota Kairouan dan juga masuk ke dalam wilayah Houmat a-Jami sebagai perkembangan wilayahnya hingga ke arah selatan. Dari Tunis, yaitu ibukota Tunisia menuju kota Kairouan dapat ditempuh dengan jarak 116 kilometer. Dalam perjalanannya menuju kesana membutuhkan tenaga yang lumayan karena melewati padang rumput yang kering. Tak hanya itu, dalam perjalanan akan menemukan banyak pohon anggur dan pohon zaitun di sepanjang jalan. Bahkan terdapat pohon zaitun yang masih berbuah meskipun usianya sudah berumur lebih dari 1000 tahun.

masjid tertua di dunia

9. Imam Hussain Mosque, Iraq

Ali bin husain vihara ‘adalah sebuah tempat suci syiah islam di kota karbala, irak. Ia berdiri di lokasi makam ali, cucu kedua muhammad, dekat tempat di mana ia terbunuh selama pertempuran karbala pada 680 masehi makam husain bin ‘ali bin husain adalah salah satu tempat suci untuk shi ‘sebagai luar mekah dan madinah, dan banyak berziarah ke situs. Setiap tahun, jutaan peziarah mengunjungi kota untuk mengamati ‘asyura, yang menandai ulang tahun husain bin’ ali kematian.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

10. Al-Aqsa Mosque, Jerusalem

Masjid al-aqsa, adalah tempat suci islam di kota lama yerusalem. Dibangun pada tahun 705 M, tempat yang termasuk masjid (bersama dengan kubah batu), juga disebut sebagai al-haram ash-sharif atau “suci noble sanctuary”, adalah temple mount, situs paling suci dalam yudaisme, tempat di mana pertama dan kedua candi yang berlaku umum untuk memiliki berdiri. Muslim percaya bahwa muhammad adalah diangkut dari masjidilharam di mekah ke al-aqsa selama perjalanan malam. Tradisi islam menyatakan bahwa muhammad memimpin doa terhadap situs ini sampai bulan ketujuh belas setelah emigrasi, ketika tuhan mengarahkan dia untuk mengubah arah kabah