1
Muslim Lifestyle

Selain Menghapus Dosa, Ini 7 Manfaat Lain Puasa Tarwiyah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Menjadi bulan terakhir dari tahun Hijriyah membuat bulan Dzulhijjah memiliki keutamaan. Di bulan Dzulhijjah, umat muslim memiliki agenda besar yakni melaksanakan ibadah haji serta Hari Raya Idul Adha. Namun, ebelum merayakan Hari Raya Idul Adha disitulah ada puasa sunnah tarwiyah dan puasa arafah biasanya dilakukan oleh yang tidak pergi berhaji.

Puasa tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada tangal 8 Dzulhijjah. Sedangkan puasa sunnah arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Baca juga: Ini Pengertian Puasa Tarwiyah yang Wajib Diketahui

Puasa tarwiyah bisa dilakukan bagi muslim yang sedang melaksanakan haji maupun yang tidak melaksanakan ibadah haji, bahkan juga dianjurkan puasa dari tanggal 1 Dzulhijjah. Sementara itu puasa arafah disunnahkan bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji.

“Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari arafah, seperti puasa dua tahun.” (HR. Ali al-Muhairi, At-Thibbi,  Abu Sholeh, Ibnu Abbas)

Meski demikian, disarankan untuk lebih rajin melaksanakan ibadah puasa sunnah mulai dari tanggal 1 dzulhijah sampai dengan 9 dzulhijjah. Dalam rentang waktu tanggal 1 sampai 9 dzulhijah, hari tarwiyah terdapat di dalamnya yakni tanggal 8 dzulhijah.

Manfaat Puasa Tarwiyah

Umroh.com merangkum, umat muslim sejatinya sangat dianjurkan untuk melakukan puasa tarwiyah. Terutama bagi yang tidak melaksanakan haji agar bisa ikut merasakan nikmatnya muslim yang sedang melaksanakan ibadah haji di Makkah.

Selain itu kedua puasa sunnah di bulan Dzulhijjah ini memiliki keutamaan yang luar biasa yakni dapat menghapus dosa-dosa setahun yang sudah pernah dilakukan oleh orang yang melaksanakan puasa ini. Berikut manfaat lain melaksanakan puasa Tarwiyah!

webinar umroh.com

1. Menahan Hawa Nafsu

Hawa nafsu merupakan musuh paling berbahaya dan berat bagi manusia. Untuk bisa mengendalikannya diperlukan kemantapan hati, tekad yang kuat dan cara yang tepat. Salah satunya ialah dengan memperbanyak ibadah puasa. Dengan  berpuasa diri menjadi ditempa dan ditekan untuk memaksakannya menahan hawa nafsu yang bisa merusak pahala nantinya.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

2. Ikut Merasakan Kesusahan Fakir Miskin

Kita yang sudah terbiasa dengan hidup berkecukupan akan mendapatkan pelajaran berharga dan merasakan rasanya menahan lapar seperti fakir miskin dengan berpuasa. Dengan begitu kita akan lebih menghargai dan mensyukuri nikmat yang sudah diberikan kepada kita oleh Allah Swt.

3. Meneladani Rasulullah

Rasulullah SAW telah mencontohkan kepada umatnya untuk menjalankan baik itu puasa wajib atau pun puasa sunah, sehingga sangat baik untuk kita jadikan contoh.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.” (QS Al-Ahzab:21).

4. Mengatasi Godaan Untuk Makan Berlebih

Godaan berbagai jenis makanan yang tidak sehat seperti halnya makanan yang bersifat instant ataupun junk food bisa kita hindari dengan melaksanakan ibadah puasa. Dengan demikian anda akan memperoleh manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Jadilah tamu istimewa di Tanah Suci dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

5. Memberikan Ketenangan dan Ketentraman Hati

Ibadah yang kita lakukan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT pastinya akan membuat jiwa kita menjadi lebih tenang dan juga tentram. Apalagi dengan melaksanakan ibadah puasa, penekanan dan pengendalian hawa nafsulah yang nantinya menciptakan ketenangan hidup. Dampak positifnya yakni mempunyai pemikiran yang lebih tenang dalam menjalani kehidupan.

6. Mengurangi Kadar Lemak

Selama kita menjalankan ibadah puasa, seluruh anggota tubuh akan melakukan proses pembakaran kadar glukosa yang masih ada di dalam tubuh untuk menghasilkan energi tambahan. Apabila kadar glukosa sudah tidak ada lagi, maka tubuh secara otomatis akan menggunakan lemak sebagai pengganti glukosa untuk dijadikan sebagai sumber energi baru dengan melalui proses yang sama yakni pembakaran.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meskipun kondisi berat badan akan mengalami penurunan saat berpuasa, namun hal tersebut justru meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Untuk membantu mendukung peningkatan sistem imun tersebut harus diimbangi dengan mengonsumsi berbagai macam buah yang terdapat banyak kandungan mineral dan juga vitamin di dalamnya ketika sedang sahur atau pun berbuka.

Itulah manfaat puasa Tarwiyah yang dapat kita rasakan setelah melaksanakan. Tak hanya dihapuskan pahala setahun tetapi juga kesehatan jasmani yang lebih baik.