1
Travel

Layaknya Istana, Ini 5 Masjid Termewah di Korea Selatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Korea salah satu negara yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Negara Korea Selatan terkenal dengan budaya pop yang berpengaruh besar pada reputasi negara yang terkenal akan gingsengnya tersebut. Di negara Korea Selatan music dan drama mereka adalah komiditi laris manis di pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tidak heran jika negara Korea Selatan itu sendiri menjadi tujuan yang menarik untuk ditelusuri serta belajar mengenai sejarah, terutama perkembangan Islam di negara Korea Selatan bagi kaum milineals tanah air. Berikut ini ada beberapa masjid termewah di Korea yang layaknya istana.

Asal Mula Masjid di Korea Selatan

Umroh.com merangkum, islam masuk ke Korea paska ditandatanganinya gencatan senjata antara Korea Utara dan Korea Selatan di tahun 1955. Perang suadara dua Korea tersebut dimulai sejak 25 Juni 1950. Pasukan perdamaian internasional di bawah koordinasi PBB akhirnya mendarat dii Korea Selatan guna menjaga proses genjatan senjata. Turki menjadi negara dengan kontigen pasukan perdamaian terbanyak kedua setelah Amerika Serikat yang tergabung dalam misi ini.

Baca juga: 5 Masjid Tertinggi di Dunia yang Megah dan Mewah

Dua dari anggota kontigen pasukan perdamaian Turki bernama Zubercoch dan Abdul Rahman yang ditempatkan di Korea Selatan, menggunakan salah satu tenda di kamp pengungsian sebagai masjid. Masjid ini kemudian dijadikan tempat anggota pasukan melaksanakan sholat berjamaah dan kegiatan syiar Islam di sana.

Syiar Islam juga termasuk kepada masyarakat Korea, Islam disambut dengan baik oleh warga Korea yang sedang dilanda ketakpastian selama daan pasca perang. Hingga akhirnya masyarakat korea menemukan Islam sebagai panduan menghadapi masa depan mereka, banyak di antara masyarakat pribumi Korea beralih keyakinan memeluk Islam.

Impian panjang muslim Korea untuk memiliki masjid akhirnya terwujud di tahun 1976. Peresmian tersebut dihadiri 55 perwakilan dari 20 negara. Peresmian Masjid Raya serta Islamic Center tersebut menjadi begitu penting sepanjang perjalanan sejarah perkembangan Islann di Korea. Dari momen tersebut juga membuahkan hasil yang cukup manis dengan banyaknya orang Korea asli yang memeluk agama Islam.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Masjid Termewah di Korea Selatan

Korea Selatan yang sebagian minoritasnya muslim memiliki perkembangan sangat pesat peradaban Islamnya. Di negeri ini ternyata menyimpan masjid-masjid megah nan mewah yang menjadi tempat ibadah umat Islam di Korea Selatan. Negara ini juga termasuk salah satu negara yang ramah pada umat muslim. Inilah 5 masjid termewah di Korea Selatan, sebagai berikut.

1. Masjid Seoul Center Mosque

Seoul Central Mosque adalah masjid pertama yang berada di kota Seoul. Dibangun tahun 1976 sampai saat ini masjid ini masih berdiri di kawasan Itaweon, Seoul. Masjid ini menjadi masjid pertama tertua yang dibangun oleh pemerintah Korea Selatan. Masjid mewah pertama yang ada di Korea Selatan ini juga menjadi salah satu pusat berkunjung para muslim. Pembangunan masjid pertama ini juga dibantu oleh negara Islam lainnya terutama Arab Saudi. Masjid berlantai ini memiliki beberapa fungsi, bukan hanya sebagai tempat ibadah saja. Seoul Central Mosque juga menjadi kantor Federasi Muslim Korea. Masjid pertama ini juga memiliki madrasah sebagai sarana pendidikan Islam bagi anak-anak selain itu ada juga Pusat Penelitian Kebudyaan Islam dan Organisasi Islam lainnya.

2. Masjid Busan

Masjid kedua yang dibangun di negeri K-Pop adalah Masjid Al-Fatah. Masjid ini dibangun di Busan pada tahun 1980. Daerah Namsan-dong Keumjeong-ku menjadi rumah bagi masjid kedua yang berada di Korea. Masjid Al-Fatah dibantu dana dari Ali Fellaq yang merupakan Menteri Keuangan Libya. Di masjid ini jamaah dapat bertemu dan bertanya banyak hal mengenai Islam kepada kepala masjid. Terdapat pula perpustakaan, sehingga selain beribadah pengunjung dapat menambah ilmu pengetahuan Islam di Korea Selatan.

masjid termewah di korea selatan

3. Masjid Gwangju

Masjid yang unik ini berbeda dengan masjid pada umumnya yang berhias kubah. Masjid Gwangju ini menjadi salah satu penggerak muslim di kota Gwangju. Masjid ketiga di Korea Selatan ini mulai dibuka tahun 1981. Berdiri di Yeok-dong 48-9, Gwangju, Gyeonggi-do masjid ini dikelola oleh Federasi Muslim Korea dan menjadi pusat dakwah di Gwangu. Jamaah yang biasanya datang ke masjid ini adalah muslim pendatang dari Mesir, Bangladesh, dan India.

Tak hanya melancarkan rezeki, Umroh juga menjadikan Anda tamu istimewa Allah. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

4. Masjid Jeonju

Berdiri di tanah budaya yang merupakan ibukota provinsi Jeolla Utara, Jeonju. Dibangun pada tahun 1985 atas prakarsa Dr. Abdul Wahab Zahid yang tak lain merupakan imam besar Korea Selatan. Diberi nama Masjid Abu Bakar Al Siddiq sebagai bukti kecintaan terhadap shahabiyah. Arsitektur masjid ini perpaduan antara seni Islam dan Korea yang tampak pada kubah khas masjid namun atapnya khas bangunan Korea. Masjid ini merupakanmasjid keempat yang dibangun di negeri ginseng sebagai pusat ibadah bagi lebih dari 400-an muslim asli yang tinggal di Jeonju dan akan terus bertambah.

5. Masjid Ansan

Masjid ini dikenal dengan nama Masjid Sirothol Mustaqim. Masjid ansan ini terletak di Wongok-dong, Danwon-gu, Ansan-si, provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Masjid Ansan terbilang baru di negeri ginseng ini, pembangunan masjid ini baru dimulai tahun 2007. Imron Rosyadi selaku pegiat Korea Migrant Humanrights Centre menyatakan bahwa penggerak utama pembangunannya adalah seorang buruh migran asal Brebes bernama Adjat Sudrajat yang didukung penuh oleh Komunitas Muslim Indonesia (KMI) dan Indonesian Community in Corea (ICC).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Konstruksinya terdiri dari empat lantai. Lantai pertama digunakan sebagai tempat parkir, tempat wudhu, dan ruangan untuk imam. Di lantai dua dan ketiga sebagai tempat shalat. Lantai keempat digunakan untuk kegiatan organisasi TKI Korea di kota Ansan. Masjid Sirothol Mustaqim sebenarnya sudah ada sejak tahun 2006 dengan mengontrak sebuah gedung dan sampai tahun 2013 sudah pindah kontrak tiga kali. Selain yang disebutkan di atas masih ada masjid resmi Korea Muslim Federation (KMF) seperti Masjid Paju yang berada di daerah perbatasan Korsel dengan Korut dan masjid Anyang.