1
Travel

Inilah 5 Masjid Terunik di Indonesia yang Jarang Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Masjid dikenal sebagai salah satu tempat ibadah bagi umat islam di seluruh penjuru dunia. Masjid di bangun dengan besar dan megah agar dapat menampung ratusan atau bahkan ribuan jemaah agar bisa melaksanakan ibadah bersama khusunya pada hari-hari besar keagamaan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa masjid terunik yang ada di Indonesia dan jarang diketahui. Apa saja?

Tim Umroh.com memaparkan, di zaman yang serba modern sekarang, masjid juga menjadi salah satu wisata religi yang sering di kunjungi. Selain karena sejarahnya, arsitekturnya yang indah bahkan unik pun menyita perhatian wisatawan dalam negeri maupun dari luar negeri. Lalu masjid apa saja dan dimana saja yang memiliki arsitektur unik itu? berikut penulis jelaskan untuk Anda.

Baca juga: Mengagumkan! Inilah 10 Masjid Terindah di Dunia!

Masjid Terunik di Indonesia

1. Masjid Kapal Semarang

Masjid Kapal atau yang memiliki nama asli masjid Safinatun Najah ini di bangun pada tahun 2015 di kota Semarang. Masjid ini menjadi salah satu masjid terunik yang dapat Anda kunjungi di Semarang. Kenapa di katakan unik? Tentunya karena masjid ini memiliki bentuk yang unik menyerupai sebuah kapal. Karena arsitekturnya yang unik itu membuat masjid ini dikenal dengan sebutan masjid kapal Bahtera Nabi Nuh. 

Terdapat sebuah filosofi khusus kenapa masjid ini berbentuk menyerupai kapal Nabi Nuh. Mengutip beberapa sumber, Sesuai namanya, Safinatul Najah mengingatkan umat Islam tentang kisah Nabi Nuh saat diperintahkan Allah untuk menyelamatkan kaumnya dari bencana banjir. Oleh sebab itulah masjid ini dibuat menyerupai kapal Nabi Nuh.

Tak hanya memiliki desain unik yang menyerupai kapal Nabi Nuh, masjid ini pun dikelilingi dengan kolam air. Hal itu dibuat agar bangunan masjid seolah mengambang di atas air dan juga berguna untuk membersihkan kaki Jemaah sebelum masuk untuk beribadah.

Masjid ini, terdiri dari empat lantai. Pada lantai pertama berfungsi sebagai ruang pertemuan, sedangkan lantai dua dan lantai tiga merupakan tempat ibadah. Sedangkan di lantai empat berfungsi sebagai tempat wisata untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian. Sungguh luar biasa bukan? Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Semarang Anda bisa mencoba datang langsung ke Masjid Kapal.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Tak hanya masjid kapal saja yang dimiliki kota Semarang, namun ada juga masjid yang menjadi kebanggan masyarakat Semarang. Masjid itu bernama masjid agung jawa tengah. Masjid ini diresmikan pada tahun 2006 oleh mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, masjid ini memiliki arsitektur dengan perpaduan antara Arab, Jawa, dan juga Barat. Selain itu masjid ini memiliki payung bak Masjid Nabawi di Mekkah, yang membuat masjid ini terlihat unik dan berbeda.

webinar umroh.com

Masjid agung ini dapat menampung sepuluh ribu jamaah ini, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini juga merupakan objek wisata terpadu pendidikan, agama, sekaligus pusat syiar Islam yang berada di Semarang.

masjid terunik di Indonesia

3. Masjid Cheng Ho

Mendengar namanya saja mungkin orang akan menyangka bahwa bangunan ini merupakan sebuah klenteng, apalagi jika Anda melihat langsung bentuk bangunanya. Tetapi, ternyata bangunan ini merupakan sebuah masjid yang diperuntukkan bagi umat Muslim.

Yaa, masjid itu bernama Masjid Cheng Ho, masjid yang di bangun pada tahun 2001 ini terletak di Ketabang Genteng, Surabaya. Masjid ini merupakan salah satu masjid di Surabaya yang memiliki perpaduan arsitektur antara kebudayaan Arab dan Tiongkok, yang membuat masjid ini terlihat unik dan berbeda.

Masjid Cheng Ho di bangun sebagai salah satu wujud rasa syukur dan penghormatan segenap Muslim di Surabaya dan Indonesia terhadap Laksamana bahariawan asal negeri China yang memeluk agama Islam. 

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

4. Masjid An-Nurumi

Masjid selanjutnya yang tak kalah unik adalah Masjid An-Nurumi, salah satu masjid yang terletak di Yogyakarta. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik karena terdapat bentuk kubah yang menyerupai ikon kota Moskow.

Kubahnya yang berwarna-warni menyerupai lolipop dan bergaya arsitektur Rusia ini menjadi daya tarik tersendiri bagi jemaah atau wisatawan. Walaupun ukuran masjidnya yang tidak terlalu besar, namun masjid ini mampu memberikan keteduhan bagi jemaah yang ingin beristirahat sejenak dan menjalankan ibadah sebelum melanjutkan perjalanan.

5. Masjid Agung Demak

Masjid terunik di Indonesia yang terakhir adalah Masjid Agung Demak. Masjid ini merupakan Masjid tertua di Pulau Jawa sekaligus landmark kabupaten Demak yang didirikan oleh Wali Songo. Lokasi berdirinya masjid ini yaitu di Demak Bintoro, pusat kota Demak. Dahulunya masjid ini merupakan cikal bakal kerajaan Glagahwangi Bintoro Demak.

Keunikan masjid ini terletak pada arsitekturnya yang mempunyai nilai historis seni arsitektur bangunan khas Indonesia. Megah, anggun, kharismatik, mempesona dan berwibawa. Soko Majapahit, berjumlah delapan buah terletak di serambi masjid. Benda ini merupakan hadiah Prabu Brawijaya V yang diberikan kepada Raden Fattah ketika menjadi Adipati Notoprojo di Glagahwangi Bintoro Demak 1475 M. Soko Tatal / Soko Guru yang berjumlah 4 ini merupakan tiang utama penyangga kerangka atap masjid yang bersusun tiga. Masing-masing soko guru memiliki tinggi 1630 cm. Formasi tata letak empat soko guru dipancangkan pada empat penjuru mata angin. Yang berada di barat laut didirikan Sunan Bonang, di barat daya karya Sunan Gunung Jati, di bagian tenggara buatan Sunan Ampel, dan yang berdiri di timur laut karya Sunan Kalijaga Demak. Masyarakat menamakan tiang buatan Sunan Kalijaga ini sebagai Soko Tatal.

Kini Masjid Agung Demak difungsikan sebagai tempat peribadatan dan ziarah.Penampilan atap limas piramida masjid ini menunjukkan Aqidah Islamiyah yang terdiri dari tiga bagian ; (1) Iman, (2) Islam, dan (3) Ihsan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Bagaimana? Tertarik untuk datang dan melihat keindahan serta keunikan masjid-masjid yang ada di Indonesia. Ke lima masjid tersebut dapat menjadi pilihan wisata religi bagi Anda semua yang berencana melakukan liburan bersama keluarga ataupun sahabat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.