1
Travel

Mengagumkan! Inilah 10 Masjid Terindah di Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Masjid adalah tempat ibadah bagi seluruh umat muslim di dunia. Setiap Negara di seluruh dunia tentunya memiliki bangunan masjid masing-masing, yang tersebar di berbagai kota maupun daerah tempat mereka tinggal dengan bentuk dan aristektur yang tentunya berbeda-beda pula. Dan berikut daftar nama deretan 10 Masjid terindah versi Umroh.com.

Masjid Terindah di Dunia

1. Masjid Al Haram, Arab Saudi

Masjidil Haram adalah masjid dan tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Di dalamnya terdapat Kabah, patokan arah kiblat untuk ibadah sholat umat Islam di seluruh dunia. Selain Kakbah, di sana juga ada bangunan dan tempat suci lainnya di antaranya, Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, Multazam, Mustajar, Hathim, dan Hijr Ismail. Masjidil Haram memiliki hukum fikih khusus dibanding masjid lainnya. Syariat Islam mewajibkan bagi setiap muslim yang mampu untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah sekali seumur hidup.

Masjidil Haram memiliki luas lebih dari 356 ribu meter persegi. Dengan luas tersebut, masjid ini bisa menampung lebih dari 900 ribu jamaah. Pantas jika Masjidil Haram menyandang predikat sebagai masjid terbesar di dunia. Setiap harinya, Masjidil Haram di Arab Saudi ini selalu dipenuhi oleh umat Islam yang ingin beribadah salat. Di musim haji, jumlahnya makin bertambah banyak. Diperkirakan jumlahnya menembus angka jutaan orang. Masjidil Haram pun berubah menjadi lautan manusia.

Baca juga: Ini Dia 10 Masjid Tertinggi di Dunia

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi merupakan salah satu masjid yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang telah banyak diketahui, masjid ini menjadi terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah. Rumah ibadah tersebut juga merupakan tujuan bagi umat yang ingin ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. beribadah di Masjid Nabawi pahalanya akan dilipatgandakan hingga 1000 kali. Karena itu, tak heran, sebagian besar umat Islam yang pernah berkunjung ke Madinah, senantiasa menyempatkan diri untuk beribadah di Masjid ini.

masjid terindah di dunia

3. Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Umroh.com merangkum, Masjid Agung Sheikh Zayed adalah masjid yang berada di kota Abu Dhabi, ibu kota Kerajaan Uni Emirat Arab. Masjid ini dinamai sesuai dengan tokoh besar dibalik ide pembangunannya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, tokoh nasional Uni Emirat Arab sekaligus pendiri Negara Uni Emirat Arab.Masjid itu dibangun dengan ketinggian 11 meter di atas permukaan laut dan 9,5 meter di atas permukaan tanah, sehingga bangunan itu terlihat jelas dari semua arah.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

4. Masjid Biru Mazar-i-Sharif di Afghanistan

Masjid Biru terletak di jantung kota Mazar-i Sharif di Afghanistan, yang selama ratusan tahun lalu berkali-kali mengalami kerusakan dan direnovasi. Masjid ini diruntuhkan oleh Genghis Khan pada tahun 1220 Masehi, dalam sebuah pertempuran sekitar kawasan ini dan Sultan Husayn Mirza Bayqara(salah seorang raja Timurid)  merenovasi kembali pada abad ke 15

5. Masjid Kristal di Kuala Trengganu, Malaysia

Masjid terindah di dunia selanjutnya adalah Masjid Kristal. Masjid ini merupakan sebuah masjid di Kuala Terengganu, Malaysia yang menduduki tangga ketiga masjid tercantik di dunia.  Struktur utama diperbuat daripada besi, kaca dan kristal. Masjid ini terletak di Taman Tamadun Islam di Pulau Wan Man. Masjid ini telah dibina di antara tahun 2006 dan 2008 tetapi telah dibuka secara rasmi pada 8 Februari 2008 dan mempunyai kapasiti lebih 1,500 jemaah..

webinar umroh.com

6. Masjid Agung Sheikh Zayed, UAE

Masjid terbesar yang terletak di kota ini dinamakan sama seperti Presiden pertama Uni Emirat Arab (UEA), almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Almarhum Sheikh Zayed telah memilih lokasi didirikannya masjid itu dan ia juga memberikan pengaruh besar pada arsitektur serta desain bangunan tersebut. Berdasarkan visi sang Sheikh, masjid itu dibangun dengan ketinggian 11 meter di atas permukaan laut dan 9,5 meter di atas permukaan tanah, sehingga bangunan itu terlihat jelas dari semua arah. Dikutip dari laman Abudhabi.ae, Selasa (29/5/2018), Masjid Agung Sheikh Zayed dibangun sebagai monumen untuk mengkonsolidasikan budaya Islam dan pusat terkemuka untuk kajian ilmu Islam. Masjid Agung Sheikh Zayed, masjid termegah di Kota Abu Dhabi. 

Tak hanya melancarkan rezeki, umroh juga menjadikan Anda tamu istimewa Allah. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

7. Masjid Hassanal Bolkiah, Brunei Darussalam

Masjid terbesar di Brunei ini didirikan tahun 1988 dan resmi dibuka untuk umum pada 1994. Dibangun untuk merayakan kepemimpinan Sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah, yang memasuki masa kepemimpinan perak, 25 tahun. Dikenal juga dengan sebutan masjid Kiarong.

Terdapat 29 kubah emas menghiasi masjid ini. Dua kubah emas besar dan 27 buah kubah penutup menaranya yang mengelilingi bangunan utama. Dua sembilan mengandung arti, Sultan Hassanal Bolkiah adalah Sultan Brunei yang ke-29.

Ruang utamanya yang berornamen kaligrafi dan khas Arab ini mampu menampung lebih dari 3.500 jamaah. Terdapat lampu gantung kristal indah yang dilapisi emas, yang berasal dari Austria. Sementara di sisi timurnya juga terdapat ruang ibadah, tapi hanya cukup untuk 1.000 orang.

8. Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hassan II terletak di kota Casablanca, Maroko. Mulai dibangun tahun 1980 dan didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Masjid ini dibangun untuk memperingati ulang tahun mendiang Raja Maroko, Hassan II. Bangunannya yang menjorok ke samudra Atlantik membuatnya terlihat seakan akan berada di tengah laut. Masjid ini diklaim sebagai masjid terbesar ketiga setelah Masjid Al-Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Dianggap terbesar karena masjid ini mampu menampung sekitar 25 ribu jamaah di bagian dalam, dan 80 ribu pada bagian pelantaran luarnya. Dari segi arsitektur, keindahan masjid ini hampir sama dengan masjid Cordoba yang ada di Spanyol.

masjid terindah di dunia

9. The Blue Mosque, Istanbul, Turki

ialah satu keindahan yang memukau di Turki adalah Masjid Sultan Ahmed. Orang-orang mengenalnya dengan Masjid biru atau Blue Mosque. Masjid yang gagah nan megah ini merupakan simbol kejayaan Islam melalui Kekaisaran Utsmaniyah Turki dimasa lampau. Masjid Biru didirikan antara tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I, yang kemudian menjadi nama masjid tersebut. Ia memberikan mandat kepada seorang arsitek bernama Sedefhar Mehmet Aga untuk membangun masjid ini. Sedefhar juga diminta Sultan untuk tidak perlu berhemat biaya dalam pembangunan tempat ibadah umat Islam yang besar dan indah ini.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

10. Education City Mosque, Doha, Qatar

Masjid terindah di dunia yang terakhir adalah Masjid Education City Mosque. Masjid ini terletak dalam Kompleks Fakultas Studi Islam Qatar (QFIS). Lembaga pendidikan tersebut merupakan bagian dari Education City, sebuah kawasan mandiri seluas 14 kilometer persegi di ar-Rayyan, Qatar. QFIS menjadi lembaga pertama yang memadukan masjid dengan konsep arsitektur modern kontemporer di kawasan Education City. 

Masjid yang dibangun pada 2012 dan rampung pembangunannya pada 2015 itu dirancang oleh perusahaan multinasional, Mangera Yvars Architects. Perusahaan ini berbasis di London (Inggris) dan Barcelona (Spanyol). Menurut laman resminya, Masjid Education City merupakan salah satu proyek tersuksesnya. Letak masjid ini berdekatan dengan gerbang Education City. Masjid Education City menjadi bangunan khas kawasan ini serta destinasi utama yang menarik perhatian pengunjung, baik dalam maupun luar negeri. Tambahan pula, ini merupakan masjid pertama yang berdesain arsitektur modern di sekitar Doha, ibu kota Qatar. Tata rancang masjid ini menjadi inspirasi bagi pembangunan masjid-masjid modern lainnya, termasuk di Dubai.