1
Sejarah Islam

Menakjubkan! Ini Bangunan Peninggalan Budaya Islam di Granada

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Memiliki peran penting dalam sejarah Islam di Spanyol, Granada menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan muslim dunia. Di Granada, mereka bisa melihat berbagai macam jejak peninggalan kejayaan Islam, seperti di bawah ini.

Alhambra

Alhambra merupakan istana yang dibangun oleh Kesultanan Granada. Setelah dibangun di tahun 1200-an, Alhambra kemudian menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Granada. Setelah ditaklukan oleh kerajaan Katolik, Alhambra diubah menjadi istana bagi Raja Ferdinand I dan Ratu Isabella.

Kini, banyak wisatawan yang berkunjung ke Alhambra. Mereka datang untuk mengagumi keindahan arsitektur istana ini. Istana yang megah ini masih memiliki arsitektur muslim indah yang dipertahankan oleh pemerintah Spanyol saat ini.

Generalife

Generalife merupakan istana dan kebun yang dipakai oleh para Amir Kerajaan Granada untuk menghasilkan musim panas. Hingga saat ini, taman Generalife ini akan dipenuhi oleh semerbak wangi bunga di musim semi.

Mengunjungi Generalife di musim semi, kita bisa melihat hamparan bunga berwarna-warni. Bunga-bunga tersebut ditata rapi, untuk mempercantik taman. Di dalam taman ini, ada kolam berbentuk geometris, yang dilengkapi dengan air mancur.

Albayzin

Albayzin merupakan salah satu dari Warisan Dunia UNESCO di Granada. Tempat ini merupakan pemukiman orang-orang muslim yang masih ingin bertahan di Granada saat pendudukan oleh Raja Ferdinand. Walaupun akhirnya masyarakat muslim di Albayzin juga diasingkan dan masjid di sana diubah menjadi gereja.

Kini, Albayzin dikenal dengan pemukiman yang banyak terdapat bangunan dengan arsitektur Islam. Kita bisa melihat jalan-jalan kecil di perbukitan dengan rumah-rumah berarsitektur indah berwarna putih. Rumah-rumah itu juga dihiasi dengan ubin bercorak lukisan tangan, yang banyak oleh warga Muslim (Suku Moor) kala itu.

Alcaiceria

Ketika Islam masih berjaya di Granada, Alcaiceria merupakan lokasi di mana berdiri pasar besar Granada (Great Bazaar Granada). Dahulu, di sini banyak dijual kain sutera dan rempah-rempah. Para pedagang akan menggelar dagangan mereka di jalanan Alcaiceria.

webinar umroh.com

Sekarang, Alcaiceria dipenuhi oleh toko-toko yang menjual souvenir. Sering dikunjungi wisatawan, kita bisa menemukan oleh-oleh khas Granada dan Andalusia. Seperti keramik Fajalauza, yang merupakan gerabah khas suku Moor (orang Islam di Granada) yang dilukis dengan motif tanaman berwarna hijau atau biru. Selain itu, ada souvenir-souvenir cantik lain yang bisa mempercantik ruangan di rumah.

The Bañuelo

Tampak seperti reruntuhan biasa, The Bañuelo sebenarnya merupakan pemandian yang digunakan oleh para Amir Kesultanan Granada. Pemandian ini masih utuh karena dibangun di bawah tanah dari sebuah rumah, sehingga tidak ikut dihancurkan saat masa pendudukan.

Pemandian ini tampak indah dengan arsitektur berupa pilar-pilar dan lengkungan yang mirip bangunan di Timur Tengah. Di bagian atasnya, ada jendela berbentuk bintang, yang memungkinkan sinar matahari bisa masuk dan menciptakan suasana indah di dalam The Bañuelo.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.