1
Serba-serbi Ramadhan

Mengatasi Cegukan Saat Puasa Tanpa Minum

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap orang pastinya pernah mengalami yang namanya cegukan. Entah muncul pada saat selesai makan atau sedang dalam keadaan perutnya kosong. Bila pada saat itu cegukan tidak berhenti, maka kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari terutama ketika kita sedang dalam kondisi berpuasa, berikut pembahasan mengatasi cegukan saat puasa.

Apabila Anda cegukan pada saat puasa, Anda tentunya akan bingung bagaimana cara mengatasinya karena pada saat berpuasa dilarang untuk minum atau makan hingga waktu berbuka puasa tiba. Lalu bagaimana cara mengatasi cegukan saat puasa ? Berikut ini cara mengatasi cegukan saat puasa.

Baca juga : Hukum Menagih Hutang Telah Diatur Al Quran

Apa itu Cegukan ?

Umroh.com merangkum, cegukan adalah peregangan yang tidak sengaja terjadi pada diafragma, otot yang memisahkan dada dengan perut. Setiap kali peregangan atau sedang kontraksi yang diikuti oleh menutupnya pita suara secara tiba-tiba sehingga menimbulkan cegukan.

Kenali Penyebab Cegukan

Cegukan saat puasa tentunya bisa saja terjadi, hal ini disebabkan karena otot diafragma yang berada di bawah ulu hati dan perut di atas perut sedang mengalami kejang atau sedang dalam kontraksi. Berikut ini hal-hal yang dapat memicu kondisi adanya cegukan  tersebut antara lain :

  • Kebanyakan makan pada saat sedang sahur.
  • Makan dan minum terlalu cepat pada saat sahur
  • Mengkonsumsi minuman yang bersoda pada saat sahur.
  • Menelan udara akibat dari mengunyak permen karet.
  • Adanya perubahan suhu yang mendadak.

Apabila Anda tidak sedang merasa mengalami salah satu diantara gejala tersebut, maka ada kemungkinan bahwa penyebab datangnya cegukan yang dialami karena adanya pengaruh emosi yang meluap-luap. Bisa dari stres, cemas ataupun memiliki perasaan semangat yang tidak stabil, tentunya itu akan menyebabkan gangguan pada saraf penghubung otak dan diafragma. Maka hasilnya adalah terjadinya cegukan.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa

Kita tahu adalah cegukan harus disertai dengan minum. Tetapi terdapat cara lain untuk mengatasi cegukan terutama pada saat berpuasa, karena pada saat puasa kita tidak diperbolehkan untuk minum. Maka hal inilah yang harus dilakukan sehingga tidak membuat puasa kita batal. Cara-cara ini mungkin akan berbeda-beda pada setiap orang. Namun tidak ada salahnya untuk kita terapkan. Berikut merupakan tips mengatasi cegukan saat puasa yang cepat dan alami :

1.      Menahan napas

Untuk yang pertama, Anda bisa mencoba untuk bernapas dalam-dalam dan tahan selama kurang lebih sepuluh detik. Setelah itu, hembuskan napas secara perlahan-lahan, jangan terburu-buru. Lalu ulangi cara ini lagi sekitar tiga hingga empat kali setiap 20 menit sehingga cegukan pun menghilang.

webinar umroh.com

2.      Memijat ulu hati

Cara menghilangkan cegukan saat puasa juga bisa dilakukan dengan memijat sekitar area ulu hati. Otot diafragma biasanya berada di bawah area tersebut sehingga jika Anda memijatnya dengan lembut sekitar 20 hingga 30 detik, maka cegukan Anda bisa segera mereda.

3.      Duduk sambil memeluk lutut

Untuk yang ketiga ini, cobalah untuk duduk sambil memeluk lutut Anda sembari mencondongkan badan sedikit ke depan layaknya orang yang sedang meringkuk. Jika Anda mampu menahan posisi ini selama dua menit, maka Anda bisa memberikan tekanan pada otot diafragma sehingga bisa membantu mengatasi cegukan.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4.      Bernapas menggunakan kantong

Cara yang keempat ini, dapat dikatakan cara yang cukup unik untuk mengatasi cegukan. Anda hanya membutuhkan kantong kertas untuk menutupi mulut dan hidung, kemudian cobalah menghirup udara dari kantong kertas ini hingga otot-otot diafragma kembali menjadi lemas.

Jangan pernah menggunakan kantong plastik, karena kantong plastik ini akan menempel pada bagian mulut saat Anda sedang mengambil napas, tentunya hal tersebut tidak dapat menghilangkan cegukan.

5.      Tarik lidah

Cara yang kelima ini adalah dengan menarik lidah Anda, maka hal ini dapat merangsang saraf dan otot di tenggorokan. Cara ini sangat mudah, dengan langsung memegang ujung lidah menggunakan tangan Anda yang sudah dicuci bersih, kemudian Tarik lidah secara perlahan ke depan sekali atau dua kali.

6.      Menekan diafragma

Diafgarma itu sendiri adalah dimana otot yang berfungsi untuk menarik dan mengeluarkan napas, rongga diafragma ini memisahkan perut Anda dari paru-paru. Cara untuk menghilangkan cegukan pada saat puasa dapat dilakukan dengan menekan diafragma.

Cara ini sangatlah mudah, gunakan tangan Anda untuk memberikan tekanan pada area tepat di bawah ujung tulang dada Anda secara perlahan. Jika cegukan masih belum berhenti, maka ulangi tekanan tersebut.

7.      Pijat arteri karotis

mengatasi-cegukan-saat-puasa

Arteri karotis adalah tempat pembuluh darah yang berada di kedua sisi leher yang tugasnya untuk mengantarkan darah ke otak dan bagian kepala. Bila disentuh, Anda akan merasakan denyut nadi di leher Anda.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Hal pertama untuk menghilangkan cegukan pada saat puasa adalah dengan berbaringlah, kemudian putar kepala ke kiri dan pijatlah arteri karotis di sisi kanan leher dengan gerakan memutar selama 5 hingga 10 detik.