1
Muslim Lifestyle

Ingat Baik-baik! Begini Bunyi Niat Puasa Senin Kamis

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Puasa Sunnah Senin Kamis merupakan puasa Sunnah yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW. Maka dari itu puasa ini termasuk puasa Sunnah yang dianjurkan. Adapun maksud dari puasa Sunnah adalah bagi mereka yang melaksanakannya akan mendapatkan pahala. Dan apabila tidak melaksanakan maka tidak akan berdosa. Lalu bagaimana sih bunyi niat puasa senin kamis itu sendiri? Ini jawabannya.

Baca juga: Inilah 5 Keutamaan Puasa Muharram

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Umroh.com merangkum, adapun keutamaan dari puasa senin kamis ini adalah puasa ini rutin dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. Dari Abu Hurairah meriwayatkan,

“Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut.” (H.R. Ahmad)

Berdasarkan riwayat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hari Senin dan Kamis adalah hari yang istimewa bagi semua hamba Allah. Karena pada dua hari itu, amalan-amalan umat manusia akan diajukan oleh malaikat kepada Allah SWT. Karena itulah Rasulullah SAW berpuasa pada hari Senin dan Kamis.

Dalam ‘Catatan di Sekitar Puasa Senin Kamis’ oleh Alhafiz K, Syekh Bujairimi dalam Attajrid Linaf‘il Abid, Hasyiyah ala Fathil Wahhab menyatakan bahwa,

“Amal perbuatan seseorang diperlihatkan di hadapan Allah pada Senin dan Kamis. Di hadapan para nabi, ayah, dan ibu yang bersangkutan sendiri, amal diperlihatkan pada Jumat. Sementara di hadapan Rasulullah, amal seseorang diperlihatkan setiap hari.”

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Selain itu ada pula yang meriwayatkan bahwa pada hari Senin dan Kamis, apabila hamba Allah tidak berbuat syirik, maka akan mendapatkan ampunan-Nya,

webinar umroh.com

“Pintu surga dibuka pada Senin dan Kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikit pun akan diampuni kecuali seseorang yang bermusuhan dengan saudaranya.” (H.R. Muslim).

Bacaan Niat Puasa Senin dan Kamis

Adapun bunyi niat puasa Senin Kamis adalah sebagai berikut yang sebaiknya kita pelajari dan hafalkan agar puasa Senin Kamis yang kita lakukan semakin afdhol.

1. Puasa Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya, “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala”

2. Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya, “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala”

Adapun mengenai waktu pembacaan niat, niat puasa senin kamis tidak wajib dilakukan pada malam hari. Hal ini berbeda dengan niat puasa bulan Ramadhan yang wajib berniat sebelum mengerjakannya.

Sementara pada niat puasa senin kamis, boleh dilakukan pada terbit fajar asalkan belum makan, minum ataupun melakukan perkara lain yang dapat membatalkan puasa. Dengan demikian, puasa pun boleh langsung dilakukan.

Yuk jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Anjuran puasa senin kamis

Tim Umroh.com merangkum, puasa Sunnah senin kamis sangat dianjurkan karena langsung dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Adapun kisah yang diriwayatkan Abu Qotadah Al Anshori RA, Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa yang dilakukan pada hari senin. Kemudian Rasulullah SAW menawajb,

” Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim)

Adapun keutamaan lain dari puasa Senin Kamis ada pula dalam hadis yang disampaikan Abu Hurrairah,

Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ” Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Tak hanya itu, ada hadits lain yang juga menyinggung masalah keutamaan puasa Senin Kamis, Dari Abu Harrairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai’.” (HR. Muslim)

Manfaat Puasa Senin Kamis

Sementara untuk manfaat puasa senin kamis sendiri ternyata memiliki keberagaman manfaat yang luar biasa. Seperti meningkatkan kondisi tubuh agar stabil, baik secara mental ataupun spiritual. Tak hanya itu, puasa senin kamis juga memberikan kecantikan secara alami.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Lalu dari segi kesehatan, puasa senin kamis dapat meningkatkan kestabilan tubuh, menyeimbangkan kecerdasan intelektual (IQ), emosional (EQ) dan kecerdasaran spiritual (SQ). Luar biasa sekali, bukan? Semoga kita dapat menjalankannya ya!