play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Terungkap, Ini Tujuan Hidup Seorang Muslim di Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Tujuan Hidup, dua kata ini memang singkat tapi dua kata ini adalah kata yang paling berpengaruh dalam pola kehidupan seseorang dari dia lahir sampai meninggal. Manusia hidup tentu saja mempunyai tujuan. Jika seorang manusia sudah tak punya tujuan hidup seorang muslim, maka mati lebih baik baginya. Karena hidupnya pasti akan menderita serba terombang-ambing oleh semua ketidakpastian yang akan terus datang menghampirinya.

Manusia yang tidak punya tujuan hidup layaknya sampah di tengah lautan yang terombang ambing oleh ombak kesana dan kemari tak jelas arahnya. Artinya jika manusia tak punya tujuan hidup maka pastilah menjadi manusia yang mudah dipermainkan oleh orang lain. Seringkali kita mendengar orang bertanya-tanya sendiri “apa sih tujuan kita hidup di dunia ini ?”. Kata ini adalah yang sering muncul ketika manusia sudah mulai merenung karena pikirannya dilanda lelah dan badannya terlalu lelah mengurus kesibukan dunianya. Kadang juga pertanyaan ini sering muncul tiba-tiba ketika orang itu sudah bosan dengan kesibukan hidupnya ternyata yang selama ini mereka cari-cari tidak juga mendatangkan kebahagiaan batin dan dhohirnya.  

Baca Juga : Raih Kebahagiaan dengan Memperhatikan Dasar Hidup Ini

Tujuan Hidup Seorang Muslim Sejati

1. Beribadah kepada Allah Ta’ala (merealisasikan Tauhid).

Alam semesta yang serba besar dan indah beserta isinya ini tidaklah diciptakan secara sia-sia namun hakikat sebenarnya adalah ada hikmah dibalik semua penciptaan, sebagaimana yang dikemukakan orang-orang kafir yang selalu berpikir menggunakan hawa nafsunya tidak mau berpikir dengan akal dan menganut Tuhannya.

Begitu juga dengan penciptaan manusia dan juga jin. Ternyata jika kita mempelajari al-Qur’an yang merupakan sebenar-benar perkataan dan sebenar-benar pedoman hidup sebenarnya tujuan Allah Ta’ala menciptakan kita semua adalah untuk beribadah (menyembah) kepada-Nya. Sebagaimana dalam Firman Allah ta’ala (yang artinya),

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Iman kepada Allah dan Meng-Esakan-Nya merupakan hakikat yang paling benar dari tujuan diciptakannya manusia. Dengan iman dan tauhid tata kehidupan dibersihkan dari berbagai jenis keraguan yang menyangkut trandensi Tuhan dan keesaan-Nya; yang menyangkut tujuan hidup dan identitas peradaban; dan yang menyangkut seluruh nilai-nilai kehidupan.

Sedangkan syirik (menyekutukan Allah) dan segala derifasinya merupakan refleksi dari kekacauan pandangan dan anggapan tentang Tuhan dan alam. Kekacauan persepsi tentang dua realitas yang sama sekali mutlak berbeda dalam wujud atau eksistensinya yaitu Tuhan dan bukan Tuhan (Khalik dan makhluk).

2. Memperoleh Ridha Allah SWT

Dr. Shalih bin Sa’ad As-Syuhaimy menyebutkan  syarat pertama diterimanya suatu amalan, yaitu syarat ikhlas karena Allah ta’ala. Maksudnya adalah seseorang hanya mengharapkan ridho Allah dari setiap amalannya, bersih dari penyakit riya’ (ingin dilihat orang lain) dan sum’ah (ingin didengar orang lain), tidak mencari pujian dan balasan melainkan hanya dari-Nya. Pendek kata seluruh amalan yang ia kerjakan hanya ditujukan kepada Allah subhanahu wa ta’ala semata, dan ini merupakan inti ajaran akidah yang dibawa oleh seluruh nabi dan rasul.

Ingin rezeki Anda lancar? Dengan umroh mempermudah rezeki Anda, yuk temukan paketnya di umroh.com!

Adapun tujuan hidup orang kafir hanya untuk memenuhi syahwatul bathn (syahwat perut) dan syahwatul farj (syahwat seks). Maka, aktivitas hidupnya pun hanya untuk memburu sesuatu yang menyenangkan sesaat, tapi hakikatnya kesengsaraan dhohir dan batin yang kekal sehingga pada akhirnya penyesalan tidak berguna.

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, hal itu mereka lakukan demi menumpuk-numpuk harta dan saling berlomba dalam kemegahan dunia. Begitu seterusnya jika diteruskan sampai maut menjemput. Namun ternyata hal itu membuat manusia lupa amanah untuk apa dan siapa dia diciptakan.

3. Menjadi manusia yang berguna bagi orang lainnya

Menurut Ibnu Khaldun hal itu mengandung makna bahwa manusia tidak bisa hidup sendirian dan keberadaannya tidak akan terwujud kecuali dengan kehidupan bersama. Oleh karena itu manusia tidak bisa hidup sendirian. Jadi sifat individualisme,  materialisme dan modernisme yang diagung-agungkan oleh orang barat yang sudah mewabah di lingkungan perkotaan dan menjadi banyak peminat di bagi kalangan remaja sekarang ini yang memfavoritkan artis daripada nabinya dan lebih suka gaya hidup orang barat yang amburadul daripada budaya Islam yang luhur.

Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk tidak pelit dan kikir kepada orang lain (tetangga) tanpa memilah dan membedakan apakah mereka itu muslim atau bukan. Al-Hafizh bin Hajar berkata, “Kata tetangga mencakup orang muslim dan kafir, orang taat beribadah dan orang fasik, teman dan musuh, orang asing dan pribumi, orang baik dan orang jahat, kerabat dan bukan kerabat, yang paling berdekatan rumahnya dan yang berjauhan.

Itulah keteladanan sosial yang di contohkan oleh Rasulullah saw. Untuk itu, hendaknya pengkajian keislaman tidak berhenti pada tataran ilmu pengetahuan, namun di aplikasikan dalam wujud yang nyata, sehingga kemaslahatan umat dapat dicapai sebagaimana amanah dari Sang Pencipta.

4. Mengutamakan kehidupan Akhirat daripada dunia.

Yang terakhir adalah tujuan hidup seorang muslim adalah untuk kebahagiaan kekal di akhirat (surga) sebagai balasan dari Allah  bagi orang yang bertakwa. Maka tak sepantasnya sebagai seorang mukmin berlomba-lomba dalam kesibukan dunia namun lalai akan akhirat. Tetapi seorang muslim adalah orang yang bersusah payah mencari dunia untuk membeli akhirat bukannya malah sebaliknya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menganjurkan untuk meniru perilaku orang asing, karena orang asing yang baru tiba di suatu negeri tidaklah mau berlomba di tempat yang disinggahinya dengan penghuninya dan tidak ingin mengejutkan orang lain dengan melakukan hal-hal yang menyalahkan kebiasaan mereka misalnya dalam cara berpakaian, dan tidak pula menginginkan perselisihan dengan mereka.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Ingatlah juga kata pepatah hakikat dunia ini supaya kita menjadi orang yang sabar dalam menjalani hidup ini. Oleh karena itu, bisa dibilang mengingat kematian dan hari kiamat merupakan motivasi yang terbaik untuk beramal sholih. Sabda nabi saw “Cukuplah maut sebagai pelajaran (terbaik) dan keyakinan (keimanan) sebagai kekayaan (terbanyak). (HR. Ath-Thabrani)

Facebook Comments