play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Pengertian Pernikahan dan Maknanya dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Islam memang agama yang lengkap dengan segalanya yang telah diatur dan memiliki ketentuan. Termasuk pernikahan yang sakral. Pernikahan adalah hal yang di impikan semua manusia entah itu laki-laki ataupun perempuan, yang pasti semua manusia memimpikan nya. Sebenarnya apa sih pengertian pernikahan itu sendiri? Berikut penjelasannya. 

Berbicara mengenai pernikahan, sebuah topik yang selalu menarik untuk dibahas. Membangun sebuah rumah tangga bukan hanya sekedar bermain peran ataupun terikat antar dua individu. Namun sebuah pernikahan memiliki arti lebih mendalam daripada itu.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Tujuan Pernikahan dalam Islam

Pengertian Pernikahan

Umroh.com merangkum bahwasanya pernikahan merupakan sunnah Nabi Muhammad Saw. Sunnah dalam pengertian mencontoh tindak laku Nabi Muhammad Saw. Perkawinan diisyaratkan supaya manusia mempunyai keturunan dan keluarga yang sah menuju kehidupan bahagia di dunia dan akhirat. Di bawah naungan cinta kasih dan ridho Allah SWT. Hal ini telah diisyaratkan pula dari sejak dahulu dan sudah banyak sekali di jelaskan dalam Al Quran salah satunya ialah : 

“ Dan kawinlah orang – orang yang sendirian diantara kamu, dan orang – orang yang layak ( berkawin ) dan hamba – hamba sahayamu yang lelaki dan hamba – hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mampukan mereka dengan Karunia-Nya, dan Allah Maha Luas ( Pemberian- Nya ) lagi Maha Mengetahui.” ( Q.S Al Nuur : 32 )

Pernikahan adalah sebuah ikatan atau perjanjian, memiliki tata cara dan proses. Ijab dan qabul diucapkan untuk menandakan pernikahan yang sah dan pasangan siap untuk melangkah ke babak kehidupan baru. Pernikahan telah dituntunkan oleh Rasulullah SAW sebagai ibadah apabila dilakukan berdasarkan niat yang tulus dan ikhlas.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Ada beberapa pengertian pernikahan dari berbagai sudut pandang. Akan tetapi seluruh pengertian pernikahan tersebut mengandung nilai yang sama meskipun redaksionalnya berbeda. Kata nikah berasal dari bahasa Arab yakni nikaahun yang merupakan masdar dari kata kerja nakaha. Sinonimnya tazawwaja kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai perkawinan. Kata nikah sering kita gunakan sebab telah masuk ke dalam bahasa Indonesia.

Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Oleh karena itu pengertian perkawinan dalam ajaran Islam mempunyai nilai ibadah, sehingga Pasal 2 Kompilasi Hukum Islam menegaskan bahwa perkawinan adalah akad yang sangat kuat untuk menaati perintah Allah, dan melaksanakannya merupakan ibadah.

Keluarga merupakan kesatuan sosial terkecil yang dibentuk atas dasar ikatan pernikahan, yang unsur-unsurnya terdiri dari suami, isteri, dan anak-anaknya. Sedangkan sifat-sifat keluarga sebagai suatu kesatuan sosial meliputi rasa cinta dan kasih sayang, ikatan pernikahan, pemilikan harta benda bersama, maupun tempat tinggal bagi seluruh anggota keluarganya.

Yuk jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

Makna Pernikahan Dalam Islam

Allah SWT menciptakan manusia dan menjadikannya khalifah di muka bumi, agar sebagian yang satu dengan yang lain saling mengisi. Serta menciptakan karakter fisik manusia melalui pernikahan, agar golongan manusia tetap eksis di muka bumi. Bahkan memposisikan pernikahan sebagai suatu sistem hukum yang relevan dengan fitrah manusia. Oleh karena itu, Allah menjadikan pernikahan sebagai satu-satunya media demi terealisasinya tujun mulia tersebut.

Pernikahan akan berperan setelah masing-masing pasangan siap melakukan peranannya yang positif dalam mewujudkan tujuan dari pernikahan itu sendiri. Allah tidak menjadikan manusia seperti makhluk lainnya, yang hidup bebas mengikuti nalurinya dan berhubungan antara jantan dan betina secara anergik atau tidak ada aturan, akan tetapi untuk menjaga kehormatan dan martabat manusia, maka Allah swt mengadakan hukum sesuai dengan martabat tersebut. Dan berikut makna pernikahan yang dapat diraih bagi yang menjalankan sesuai dengan syariat islam dan semata karena Allah SWT :

  1. Sebagai Bentuk Ketakwaan Terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala serta Menjalankan Perintah-Nya
  2. Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam
  3. Nantinya Bisa Membedakan Antara Nikmat Dunia dan Akherat
  4. Tercipta Ketenangan Jiwa dan Memupuk Rasa Cinta Kasih
  5. Mendapatkan Keturunan Sebagai Generasi Penerus
  6. Dapat Menjaga Kehormatan Seorang Wanita serta Menjaga Kemaluan dan Pandangan
  7. Mendapatkan Ridha Allah dengan Menyalurkan Hasratnya Hanya dengan yang Halal serta Dapat Meredam Syahwat
  8. Terhindar Dari Zina serta Dapat Mencegah Penyakit yang Menular
  9. Mendapatkan Kebahagiaan serta Rahmat Dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala
  10. Adanya Rasa Tanggung Jawab
  11. Dapat Menjaga Diri Dari Maksiat
  12. Menyempurnakan Separuh Agama
  13. Dapat Membuka Pintu Rezeki
  14. Membentuk Benteng yang Kokoh Untuk Akhlak Manusia
  15. Dapat Mewujudkan Tujuan Diciptakannya Seorang Laki-Laki dan Perempuan

Anjuran Menikah Dalam Islam

Seperti yang telah diketahui bahwa agama kita banyak memberikan anjuran untuk menikah. Allah menyebutkannya dalam banyak ayat di Kitab-Nya dan menganjurkan kepada kita untuk melaksanakannya. Di antaranya,

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

 “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum-mu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan…” [Ar-Ra’d/13: 38]

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan menjadikan mereka mampu dengan karunia-Nya…” [An-Nuur/24: 32].

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Dan hadits-hadits mengenai hal itu sangatlah banyak.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah saw bersabda: 

“Jika seorang hamba menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya; oleh karena itu hendaklah ia bertakwa kepada Allah untuk separuh yang tersisa.”

Pasangan suami istri haruslah memahami satu sama lain. Hidup bersama berarti juga menghilangkan sifat individualis. Saling membutuhkan satu sama lain baik secara biologis maupun psikologis. Suami harus menafkahi istri dan istri harus berbakti kepada suami. Segalanya akan lebih indah jika berpedoman pada nilai-nilai Islam. 

Facebook Comments