1
Doa

Tak Hanya soal Percaya, Ini Pengertian Rukun Iman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dalam Islam, iman merupakan kepercayaan yang diyakini di dalam hati, diucapkan secara lisan, dan dibuktikan dengan amal perbuatan. Keimanan yang ada di dalam hati manusia akan mendorongnya untuk berbuat sesuai petunjuk Allah SWT. 

Pengertian Rukun Iman 

Umroh.com merangkum, bagi seorang muslim, ada enam hal yang harus diimani di dalam hati. Iman kepada Allah SWT, iman kepada Malaikat, Iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada hari akhir, serta iman kepada qada dan qadar. Keenam hal ini disebut dengan rukun iman.

Istilah ‘rukun iman’ ditetapkan oleh para ulama, bukan istilah baku dari syariat. Salah satu pedoman tentang rukun iman adalah hadist Rasulullah, “Iman itu meliputi Iman kepada Allah, pada malaikatNya, kitab-kitabNya, para rasulNya, hari akhir, serta takdir baik dan buruk”.

Baca juga: Terungkap, Begini Makna Rukun Iman yang Sebenarnya

Pengertian Iman kepada Allah 

Pengertian rukun iman kepada Allah mencakup iman terhadap rububiah Allah, uluhiah Allah, mengimani nama dan sifat Allah, serta menghindarkan diri dari sikap menghilangkan dan memalingkan makna sekaligus mempertanyakan dan menyerupakanNya. 

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Hasyr ayat 22-24, “Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. 

Pengertian Iman kepada Malaikat 

Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang selalu taat pada perintahNya dan tak pernah bermaksiat atau membangkang. Di surat At Tahrim ayat 6, digambarkan bahwa malaikat adalah makhluk yang memiliki sifat tidak pernah mendurhakai Allah dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan Allah.

Mau dapat tabungan umroh? Cukup dengan download aplikasinya di sini sekarang juga!

Begitu banyak malaikat diciptakan dengan tugas masing-masing. Namun hanya 10 malaikat yang wajib kita kenal dan imani, yaitu Malaikat Jibril yang bertugas menyampaikan wahyu kepada utusan Allah, Malaikat Mikail yang bertugas memberi rizki pada manusia, Malaikat Israfil yang meniup sangkakala di hari kiamat, Malaikat Izroil yang bertugas mencabut nyawa, Malaikat Munkar dan Nakir yang bertugas memeriksa amal manusia di alam kubur, Malaikat Roqib yang mencatat amal baik manusia, Malaikat Atid yang mencatat amal buruk manusia, Malaikat Malik yang menjaga pintu neraka, dan Malaikat Ridwan yang menjaga pintu surga. 

webinar umroh.com

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh pilihan Anda di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Pengertian Iman kepada Kitab Allah 

Beberapa Rasul menerima kitab yang berisi firman dan petunjuk dari Allah. Namun kini umat muslim hanya berpedoman pada Al Quran. Di dalamnya terkandung kebenaran dan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Dan setiap mukmin wajib mengimaninya.  

Selain Al Quran, kita juga harus percaya bahwa ada kitab-kitab lain yang diturunkan kepada rasul Allah. Sebagaimana perintah Allah di surat An Nisa ayat 136, “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya” 

Pengertian Iman kepada Rasul Allah 

Rasul adalah manusia yang menerima wahyu dari Allah dan mengajarkannya kepada umat manusia. Selain Rasul, ada juga Nabi yang menjadi utusan Allah. Namun Nabi tidak wajib menyampaikan wahyu kepada umat di suatu wilayah tertentu.

Seorang muslim juga harus percaya bahwa Allah telah mengutus Nabi dan rasul terakhir, yaitu Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Beliau mendapat tugas untuk menyampaikan wahyu dan mendapat kitab Al Quran sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia. Ada 25 Nabi dan Rasul yang disebutkan di dalam Al Quran. Keberadaan mereka juga harus kita imani.

pengertian rukun iman

Pengertian Iman kepada Hari Akhir 

Hari akhir adalah hari dimana dunia hancur, dan semua manusia akan dibangkitkan di Padang Mahsyar. Saat itulah terjadi penghitungan amal manusia yang akan menentukan keberadaan manusia kelak, di surga atau neraka.  

Datangnya hari kiamat telah disampaikan di dalam Al Quran. Salah satunya dalam surat An Naml ayat 87 dimana Allah berfirman, “Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri”. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Pengertian Iman kepada Qada dan Qadar 

Pengertian rukun iman yang terakhir terhadap qada dan qadar (ketetapan Allah, baik yang sudah ditetapkan sejak zaman azali, maupun perwujudan dari ketetapan itu) adalah kewajiban bagi setiap mukmin. Dengan beriman pada qada dan qadar, seorang mukmin akan yakin kepada kebesaran dan kekuasaan Allah. Serta percaya bahwa segala yang terjadi merupakan kehendak Allah.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.