1
Kuliner

Penggemar Nasi atau Roti, Di Arab Saudi Kamu Bisa Menikmati 6 Hidangan Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap negara biasanya memiliki makanan pokok masing-masing. Ada yang berupa nasi, roti, atau gandum. Di Arab Saudi, makanan pokok yang banyak disantap warga di sana adalah nasi dan roti. Tidak heran, ada beragam hidangan khas Arab Saudi yang terbuat dari kedua bahan tersebut.

Di bawah ini, adalah 6 makanan khas Arab Saudi yang terbuat dari Nasi atau roti, yang akan memanjakan lidahmu.

Kabsa

Bisa dibilang, Nasi Kabsa merupakan hidangan nasional dari Arab Saudi. Hidangan Kabsa ini berupa nasi yang dihidangkan bersama ayam. Keduanya dimasak dengan rempah-rempah Kabsa, yang merupakan kombinasi dari saffron, kayu manis, limau hitam, kapulaga, pala, dan daun salam.

Kimaje

Selain nasi, roti juga menjadi makanan pokok warga di Arab Saudi. Salah satu roti tradisional yang banyak dihidangkan di sana adalah Kimaje. Kimaje adalah roti pipih khas Arab Saudi. Roti ini terbuat dari tepung, air, minyak, dan ragi. Biasanya, roti pipih ini digunakan untuk menyendok hidangan pendamping, seperti daging, sayur, saus, atau sup.

Mandi

Nasi Mandi ini biasa disajikan pada acara penting, atau di acara kerajaan di Arab Saudi. Tidak heran, karena Nasi Mandi merupakan hidangan Istimewa yang biasanya disajikan dengan daging domba yang disajikan dengan potongan besar atau utuh. Nasi ini juga dibumbui dengan beragam rempah-rempah.

Bukhari

Sama-sama hidangan nasi berbumbu khas Arab Saudi, namun nasi Bukhari ini konon berasal dari Afghanistan. Nasi Bukhari ini juga dimasak dengan rempah-rempah. Hal yang membedakan dengan hidangan nasi khas Arab Saudi lainnya adalah Nasi Bukhari biasa disajikan dengan ayam panggang. Selain itu, Nasi Bukhari juga biasa dinikmati dengan saus tomat, potongan salad yang segar, serta kentang goreng yang dipotong kotak-kotak.

Maqluba

Maqluba merupakan hidangan unik khas Arab Saudi. Selain di Arab Saudi, Maqluba juga populer di Suriah, Palestina, dan Libanon. Wajar saja, karena hidangan ini berasal dari daerah Syam.

Sama-sama hidangan nasi, namun yang membedakan Maqluba dengan hidangan lain adalah cara memasak dan menyajikannya. Nasi dimasak bersama daging dan sayuran, lalu dihidangkan dengan cara dibalik. Jadi kita akan mendapatkan nasi yang menyerupai cake dengan topping daging.

webinar umroh.com

Saleeq

Jika kamu penyuka makanan lembut, Saleeq bisa jadi cocok untuk lidahmu. Hidangan ini disebut sebagai hidangan yang tidak bisa ditolak oleh warga di sana karena sangat enak. Bagaimana tidak, Saleeq merupakan hidangan khas Arab Saudi yang terbuat dari nasi, kaldu, dan susu.

Nasi tersebut memiliki tekstur yang lembut mirip bubur, kemudian dibumbui dengan berbagai macam rempah, jahe, cabai, paprika, jintan, ketumbar, serta bawang putih. Saleeq kemudian disajikan dengan potongan ayam di atasnya. Hmmm, lembut dan sedap.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.