play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Gak Banyak yang Tahu, Ini 12 Peristiwa Saat Maulid Nabi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Betapa istimewanya Rasulullah, hingga pada hari kelahirannya pun diiringi dengan berbagai peristiwa besar saat Maulid Nabi. Berikut adalah peristiwa penting yang terjadi:

1. Keajaiban yang Dialami Ibunda Rasulullah

Di hari-hari pertama bulan Rabiul Awal, Siti Aminah yang sedang mengandung merasakan hal-hal ajaib yang terjadi pada dirinya. Seiring dengan membesarnya kandungannya, Siti Aminah merasa sangat tenang dan damai. Ia meyakini bahwa Allah mengirimkan kedamaian dan ketentraman kepadanya. 

Umroh.com merangkum, di malam kedua bulan Rabiul Awal, Siti Aminah mendapatkan kabar dari Allah bahwa ia akan segera melahirkan dan mendapatkan anugerah yang sangat mulia dan agung. Kemudian malam ketiga bulan Rabiul Awal, barulah Siti Aminah mendapat pesan dari Allah bahwa dari rahimnya akan lahir Nabi yang paling mulia dan agung, yaitu Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Baca juga: Kisah Nabi Muhammad dan Anggur yang Masam

Pada malam keempat bulan Rabiul Awal, Aminah mulai mendengar suara zikir dari para malaikat. Suara ini terdengar jelas di telinga Aminah. Di malam kelima, Aminah bermimpi bertemu dengan Nabi Ibrahim. Dalam mimpi, Aminah diminta untuk bergembira oleh Nabi Ibrahim karena akan menyambut kelahiran Nabi yang sangat mulia. 

Malam keenam bulan Rabiul Awal, Aminah mulai melihat cahaya di sudut-sudut alam semesta. Cahaya ini membuatnya merasakan tidak ada lagi kegelapan. Di malam ketujuh bulan Rabiul Awal, Aminah mulai melihat malaikat yang berbondong-bondong mendatangi rumahnya. Malaikat-malaikat tersebut menyampaikan kabar gembira bahwa kelahiran Rasulullah akan segera tiba. 

 Di malam kedelapan, Aminah mendengar kabar yang diberikan kepada seluruh penghuni semesta alam tentang kelahiran Rasulullah yang semakin dekat. Aminah mulai merasakan ketenangan dan kedamaian di malam kesembilan bulan Rabiul Awal. Aminah kemudian melihat tanah Mina dan Khaif bergembira karena menyambut kelahiran Rasulullah. Di malam kesebelas, Aminah melihat penghuni langit tampak senang karena tengah menyambut kedatangan Rasul yang mulia. 

Pada malam kedua belas, Siti Aminah melihat langit yang begitu cerah. Tetapi saat itu ia sedang berada sendirian di rumah. Karena ayahnya, Abdul Muthalib, sedang berada di Ka’bah untuk bermunajat. Saat itulah Allah mengutus empat orang wanita untuk menemani Siti Aminah bersalin. Keempat wanita itu adalah Siti Hawa istri Nabi Adam, Siti Sarah istri Nabi Ibrahim, Siti Aisyah binti Muzahim, dan Siti Maryam binti Imran (ibunda Nabi Isa). 

2. Langit Tampak Terang

Ketika Rasulullah akhirnya lahir, bumi bergetar hebat dan langit tampak terang karena dipenuhi oleh cahaya. Selain itu, burung-burung ramai bersiul seperti sedang memberi salam.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Berhala yang Bersujud

Dengan kekuasaan Allah, berhala-berhala di Kota Mekah bersujud bersamaan dengan lahirnya Rasulullah. Bersamaan dengan itu pula terdengar suara dari dalam Ka’bah. 

4. Siti Aminah Tidak Merasakan Lelah

Tidak seperti persalinan pada umumnya, Siti Aminah tidak merasa lelah sama sekali setelah melahirkan Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. 

5. Sudah Dikhitan

Bayi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam lahir dalam keadaan sudah dikhitan. 

6. Terguncangnya Istana Kisra

Bersamaan dengan kelahiran Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, Istana Kisra di Persia terguncang hingga belasan ruangannya runtuh.  

7. Padamnya Api Berhala yang Disembah oleh Kaum Majusi

Api yang disembah kaum Majusi di Persia padam seketika. Api tersebut sebelumnya diyakini memiliki kekuatan istimewa, dan disembah selama ribuan tahun. 

8. Air Danau Surut

Bersamaan dengan terguncangnya Istana Kisra dan padamnya api berhala, air di danau Sawah juga surut. Fenomena alam tersebut diikuti dengan mengeringnya sejumlah mata air. Inilah yang membuat Kisra dan rakyat yang ada di wilayah tersebut kebingungan.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

9. Mimpi Orang Kepercayaan Kisra

Salah satu orang kepercayaan Kisra bermimpi melihat unta-unta bermuatan berat menuntun kuda-kuda yang bagus untuk mengarungi Sungai Tigris dan sungai Eufrat, lalu menyebar ke beberapa negeri. Penafsiran ahli mimpi mengungkapkan bahwa akan terjadi sebuah peristiwa besar di penjuru Arab. Peristiwa yang dimaksud berawal dari lahirnya Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. 

10. Ka’bah Diserang Tentara Gajah

Tim umroh.com memaparkan, pada tahun 571 Masehi, tepat dengan tahun kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam, Ka’bah diserang oleh tentara Raja Abrahah. Dengan membawa pasukan gajah, Raja Abrahah berniat menghancurkan Ka’bah.

Raja Abrahah merasa iri karena Ka’bah selalu dikunjungi oleh bangsa Arab dari berbagai penjuru. Ia bahkan telah membangun gereja yang sangat megah untuk menandingi Ka’bah, namun tetap tidak bisa mengalahkan Ka’bah, sebuah bangunan lama yang didirikan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Karena terbakar rasa cemburu, Raja Abrahah berangkat dari kediamannya di Yaman. Ia bersama puluhan gajah dan tentara-tentaranya. Raja Abrahah memiliki satu tujuan, yaitu menghancurkan Baitullah.  

Tetapi Allah menunjukkan kebesarannya dengan mengirimkan burung ababil pembawa batu-batu dari tanah yang terbakar. Pasukan burung ababil menjatuhkan batu-batuan panas kepada tentara Raja Abrahah. Dengan kebesaran Allah, gajah-gajah yang ditunggangi oleh pasukan Raja Abrahah tidak mau bergerak, dan berdiam di satu tempat. Di tempat itulah burung ababil menjatuhkan batu-batuan yang membara, hingga akhirnya menghancurkan pasukan Raja Abrahah.

11. Kaum Jin Tak Bisa Lagi Mengintip Berita dari Langit

Kaum jin memiliki kegemaran mencuri dengar berita dari langit, dan kemudian disampaikan kepada para ahli sihir atau tukang ramal. Namun sejak kelahiran Rasulullah, kaum jin tidak lagi bisa mencuri dengar atau mengintip berita dari langit.

Sejak itu Allah meminta para malaikat memperketat penjagaan di langit, dan menembakkan panah-panah api agar jin tidak lagi bisa mencuri dengar berita dari langit.

Punya keinginan untuk berangkat umroh gratis? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Peristiwa tersebut akhirnya dilaporkan oleh kaum Jin kepada pemimpin besarnya, Iblis. Iblis kemudian menyuruh kaum Jin menyebar ke penjuru bumi untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi. Salah satu pasukan jin menemukan bahwa ada bayi di Kota Mekah yang sedang dikerumuni oleh malaikat. Bayi itu memancarkan sinar hingga ke langit, dan para malaikat pun sibuk memberi salam kepada bayi tersebut. Iblis dan pasukan jin kemudian mulai memahami bahwa umat manusia akan dilimpahi oleh rahmat dari Allah dengan lahirnya manusia yang akan menjadi panutan semesta alam.  

12. Beberapa Peristiwa Ajaib Menimpa Halimah As Sa’diyah

Ibu susu Rasulullah, Halimah As Sa’diyah, mengalami beberapa peristiwa ajaib bertepatan dengan lahirnya Rasulullah. Kala itu, Halimah As Sa’diyah dan beberapa wanita dari kaumnya (Bani Said) mendatangi Mekah untuk mencari bayi agar bisa disusui demi mendapatkan upah. Dengan diantar suaminya, Halimah turut serta berangkat ke Mekah. 

Namun selama dua hari berada di sana, ia tidak juga mendapatkan bayi untuk disusui. Bayi yang tersisa adalah seorang bayi mungil bernama Muhammad bin Abdullah. Saat itu, bayi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam lahir dalam keadaan yatim, sehingga para wanita Bani Said tidak tertarik untuk menyusuinya. Mereka takut tidak akan mendapat upah.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Karena tidak ada pilihan dan tak ingin pulang dengan tangan kosong, Halimah As Sa’diyah akhirnya membawa bayi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang yatim itu. Mulai saat itulah peristiwa ajaib menimpa Halimah. Ia dibuat takjub dengan wajah bayi yang ada dalam gendongannya itu tampak bercahaya. Ketika disusui, air susu Halimah mengalir dengan sangat deras. Unta yang mereka tumpangi tadinya kurus, menjadi gemuk. Saat itulah terjadi banyak peristiwa yang penuh berkah bagi keluarga Halimah dan kaumnya.

Facebook Comments