1
Muslim Lifestyle

Begini Proses Mudah Lakukan Taaruf, Auto Pengen!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Mendengar kata taaruf, banyak dari kita yang berasumsi bahwa hal tersebut merupakan suatu cara untuk mendapatkan pasangan hidup. Padahal secara bahasa, taaruf sendiri berarti perkenalan. Lalu bagaimana sih proses dari taaruf itu sendiri?

Pengertian Taaruf

Umroh.com merangkum, secara pengertian dalam kebahasaan, taaruf diartikan sebagai perkenalan. Hal tersebut dianjurkan dalam agama Islam. Sesuai dengan surah Al-Hujurat ayat 13 yang memiliki arti, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.”

Baca juga: Buat Jomblo, Ini Lho Hukum Menjalankan Taaruf

Namun, jika taaruf yang dimaksud adalah untuk mencari jodoh, belum ada hukum yang mewajibkan ataupun melarang hal tersebut. Tetapi, jika taaruf dibandingkan dengan pacaran, maka secara agama, taaruf lebih dianjurkan karena beberapa alasan.

Hakikat Taaruf

taaruf yang dimaksud di sini adalah proses saling mengenal antara dua orang lawan jenis yang ingin menikah. Jika di antara mereka berdua ada kecocokan maka bisa berlanjut ke jenjang pernikahan namun jika tidak maka proses pun berhenti dan tidak berlanjut.

Islam tidak melarang taaruf, dalam sebuah hadits disebutkan, “Dari Anas bin Malik bahwa Al-Mughirah bin Syu’bah ingin menikah seorang wanita, maka Rasulullah saw berkata kepadanya, “Pergi lalu lihatlah dia, sesungguhnya hal itu menimbulkan kasih sayang dan kedekatan antara kalian berdua.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Majah no 1938 dan dishahihkan oleh Syekh al-Albani – rahimahullah – dalam Shahih Ibnu Majah).

Mau dapat tabungan hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Sejatinya taaruf memang sudah sering sekali terdengar di kalangan masyarakat muslim. Namun, masih banyak yang belum mengerti bagaimana proses taaruf  berlangsung  dengan benar sesuai Syari’at Islam. Untuk itu dibawah ini sudah kami rangkumkan penjelasannya untuk anda. 

Proses Taaruf Pra Menikah

Bagaimana biasanya proses taaruf terjadi? Pada dasarnya proses taaruf ini tergantung pada individu dan budaya masing-masing. Namun, secara umum berikut langkah-langkah dalam menjalani taaruf pra nikah:

webinar umroh.com

1. Membuat Proposal

Sebelum melakukan taaruf langkah pertama yang bisa kita lakukan yaitu membuat proposal, biasanya proposal ini berisikan cerita mengenai diri sendiri, prinsip hidup yang dijalankan, kriteria apa yang dibutuhkan dari pasangan, dan hal lainnya. Nantinya, proposal ini akan ditukarkan dengan orang yang ingin bertaaruf juga.

2. Mencari calon pasangan dan bertemu lewat mediator

Mencari pasangan dapat dilakukan lewat saudara, teman, ataupun keluarga, atau biro jodoh di masjid. Nantinya, mereka juga yang akan menjadi mediator saat kedua belah pihak bertemu. Saat bertemu, kedua pihak sebaiknya bertanya berbagai macam hal untuk mengetahui pribadi masing-masing. Misalnya seperti, apakah bisa memasak? Pekerjaan saat ini apa? Atau ingin tinggal di mana nantinya setelah menikah?. Hal tersebut diperlukan agar kedua belah pihak  bisa memutuskan untuk melanjutkan taaruf atau tidak.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Cuma di umroh.com, semua rencana Anda akan terwujud sekarang juga!

3. Sholat istikharah

Setelah bertemu, keduanya dianjurkan untuk sholat istikharah agar tidak ada keraguan dari dalam hati. Berdoa sekhusyuknya saat melaksanakan sholat istikharah untuk mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Jika setelah salat istikharah keduanya mantap dan tidak ada keraguan, maka taaruf bisa dilanjutkan.

4. Khitbah atau peminangan

Sebelum menikah, pihak laki-laki baiknya meminang pihak perempuan terlebih dahulu. Acara peminangan ini tidak perlu diadakan secara meriah. Acara peminangan ini juga bisa menjadi ajang untuk lebih mendekatkan kedua keluarga. Sekaligus bersilaturahmi dengan saudara-saudara terdekat yang diundang.

5. Akad atau pernikahan

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, setelah semua proses dijalankan dengan baik, maka keduanya bisa menikah. Untuk sampai ke jenjang pernikahan, biasanya hanya dibutuhkan waktu tiga sampai empat bulan saja untuk menuju jenjang pernikahan.

Bagi Anda yang ingin memiliki hubungan serius, taaruf bisa menjadi pilihan yang tepat karena taaruf lebih mudah dari pada pacaran dan yang terpenting taaruf merupakan suatu anjuran dari Allah SWT. Sudah banyak pula orang yang menjalankan taaruf saat ini, mulai dari orang biasa hingga artis ternama juga telah menjalankan taaruf. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi langkah awal kia untuk lebih mengenal tentang taaruf.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Proses Taaruf Pasca Menikah

Proses taaruf pasca menikah merupakan proses lanjutan dari sebelum menikah dalam hal ini terjadinya penyesuaian pasangan dalam meleburkan kepentingan dua kepala dan individu menjadi satu kepentingan atas nama bersama dalam membangun keluarga yang harmonis. Proses taaruf pasca menikah tidak sekedar mengenali diri pasangannya masing-masing, tetapi memungkinkan untuk mengenali keluarganya, sahabat-sahabatnya dan juga lingkungan yang membentuknya