1
Muslim Lifestyle

Perlu Coba! Ini Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Dalam islam itu sendiri ada banyak sekali jenis puasa sunnah yang bisa dikerjakan oleh setiap umat muslim dan untuk puasa wajib Ramadhan itu sendiri harus dikerjakan oleh umat muslim. Dengan menjalankan puasa sunnah tentunya kita akan mendapatkan pribadi yang jauh lebih baik lagi dan mampu menjadikan diri kita lebih dekat dengan Allah SWT. Keutamaan puasa ayyamul bidh tidak hanya satu, melainkan banyak yang akan Anda dapatkan jika melaksanakannya sesuai dengan aturan yang ada.

Selain itu, kompilasi bagi seseorang yang menjalankan ibadah puasa sunnah yang lainnya tentu saja akan mendapatkan pahala dari Allah SWT, sehingga kelak ketika kita sudah di akhirat maka ada catatan yang baik, selama kita menjalankan perintah Allah SWT, salah satunya dengan puasa sunnah.

Baca juga : Luar Biasa! Ini Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid

Dalil Mengenai Puasa Ayyamul Bidh

Selain puasa Arafah, puasa Asyura atau puasa senin kamis dan puasa Daud, ternyata terdapat puasa jenis lain yang disunnah untuk umat muslim agar dikerjakan dan tentunya untuk menambah pahala dan amalan kita kelak. Puasa tersebut adalah puasa ayyamul bidh. Lalu tahukan kalian apa itu puasa ayyamul bidh ? Puasa Ayyamul Bidh ini merupakan puasa sunnah 3 hari yang dilakukan pada tanggal 13,14 dan 15 Hijriah. Selain itu puasa ayyamul bidh juga bisa disebut sebagai puasa putih karena pada malam-malam tersebut telah bersinar bulan purnama dengan sinarnya rembulan yang berwarna putih.

Dari Abu Hurairah R,A mengatakan,

“Kekasihku (yaitu Rasulullah SAW) mewasiatkan meminta tiga nasihat yang tidak saya sampaikan sampai mati : (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan sholat Dhuha (3) mengerjakan sholat witir sebelum menonton.”

Dari Mi’adzah bertanya kepada Aisyah, yang mengatakan,

“Apakah Rasulullah SAW berpuasa tiga hari setiap bulannya ?” Aisyah menjawab “Iya.” Mu’adzah lalu bertanya, “Pada hari apa dia melakukan puasa tersebut?” hari apa dia puasa (artinya semaunya Rasulullah SAW)

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Dari Ibnu ‘Abbas R.A yang mengatakan,

“Rasulullah SAW biasa berpuasa pada ayyamul bidh kompilasi tidak tersedia serta kompilasi bersafar.”

Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda memenangkan,

“Jika ingin berkuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah)

Dari Abdulullah bin Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah SAW bersabda,

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya seperti puasa sepanjang tahun.”

Bila hidup bukan untuk ridha Allah lantas apalagi yg engkau cari? Segera penuhi panggilan-nya bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Islam adalah agama yang memberikan banyak pilihan pahala yang bisa kita raih dengan menjalankan amalan ibadah dan diniatkan semata-mata hanya kepada Allah SWT. Berikut ini keutamaan puasa ayyamul bidh:

1. Perintah langsung dari Allah SWT

Allah SWT langsung memerintahkan kepada Nabi untuk berpuasa ayyamul bidh pada tanggal yang sudah ditentukan. Oleh karena itu sebagai umat islam alangkah baiknya bagi kita untuk menjalankan perintah tersebut. Walaupun puasa ayyamul bidh hukumnya sunnah.

2. Perintah yang diberikan oleh Rasulullah SAW

Salah satu keutamaan puasa ayyamul bidh adalah saat dikisahkannya sebuah hadits yang menerangkan bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan perintah langsung perihal ibadah puasa sunnah ayyamul bidh. Sebagaimana kisah ini juga diriwayatkan dalam hadits dari Abu Hurairah yang sudah ada di dalam dalil tersebut.

3. Seperti puasa setahun

Puasa ayyamul bidh hanya dilakukan pada 3 hari puasa, namun siapa saja yang mengerjakan dan melaksanakan puasa tersebut, maka pahalanya di ibaratkan puasa sepanjang tahun atau 12 bulan atau 36 hari. Bayangkan saja bila kita semua mampu melakukan berbagai ibadah yang lainnya seperti tilawah Al-Quran, berpuasa sunnah seperti puasa ayyamul bidh. Maka akan berapa banyak pahala yang telah kita kumpulkan kelak di akhirat.

4. Mengurangi lemak

Selain memproses detoksifikasi dalam tubuh, berpuasa tentunya dapat mengurangi kadar lemak yang ada dalam tubuh kita, karena dengan berpuasa, energi yang terdapat dalam tubuh kita akan dihasilkan oleh pembakaran sisa glukosa dalam tubuh. Kemudian jika glukosa tersebut telah habis maka tubuh akan menggantinya dengan lemak yang tersimpan di dalam otot tubuh. Proses pembakaran lemak ini juga menghasilkan energi bagi tubuh jadi tidak perlu khawatir mengenai lemas saat berpuasa karena energi tetap terproduksi dari pembakaran lemak dan glukosa tersebut.

5. Meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh

Umroh.com merangkum, sistem imunitas atau pertahanan dalam tubuh juga bisa ditingkatkan dengan berpuasa. Namun untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh ini harus didukung dengan konsumsi asupan makanan yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan dan lainnya.

6. Menurunkan berbagai risiko penyakit

Berpuasa juga dapat menurunkan berbagai risiko penyakit yang ada di dalam tubuh seperti darah tinggi, risiko plak jantung, risiko diabetes, dan penyakit ginjal serta masih banyak yang lainnya.

7. Memanjangkan umur

Selama berpuasa, tentunya akan banyak hal-hal positif yang diterapkan dalam kehidupan kita, termasuk juga yang terjadi di dalam tubuh kita seperti detoksifikasi dan lainnya sehingga hal ini dapat memperpanjang usia kita.

keutamaan puasa ayyamul bidh

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua, mengenai puasa ayyamul bidh.