play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Luar Biasa! Ini Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Masjid adalah tempat suci bagi setiap umat muslim untuk melaksanakan ibadah. Masjid sendiri sering di istilahkan sebagai rumah Allah SWT yang wajib kita jaga dan hormati setiap saat berada di dalamnya. Namun ada hal lain yang dapat dilakukan oleh setiap umat muslim untuk senantiasa menghormati masjid, yaitu dengan cara melaksanakan sholat tahiyatul masjid. Anda akan banyak mendapatkan keutamaan sholat tahiyatul masjid tentu jika sudah melakukannya.

Tahukah Anda apa itu tahiyatul masjid ? sesuai dengan penjelasan di atas, tahiyatul masjid artinya menghormati masjid dengan cara melaksanakan sholat tahiyatul masjid sebanyak dua rakaat sebelum Anda hendak duduk dalam masjid.  Saat Anda telah menjalankan sholat tahiyatul masjid, itu artinya Anda sudah menjalankan sunnah / anjuran Rasulullah untuk melaksanakan ibadah / amalan sunnah tersebut dengan baik. sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam,

Baca juga : Kenali Keutamaan Puasa Daud, Puasa Terbaik dalam Islam

Keutamaan Shoat Tahiyatul Masjid Jika Melaksanakannya

 “Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia sholat dua rakaat sebelum dia duduk.” (HR. Al-Bukhari no. 537 & Muslim no. 714).

Rasulullah memerintahkan umat islam untuk senantiasa melaksanakan anjuran Rasulullah tentunya bukan tanpa alasan, melainkan tersimpan keutamaan – keutamaan luar biasa di dalamnya. Dan keutamaan dalam melaksanakan sholat tahiyatul masjid ialah :

1. Memuliakan Masjid

Melaksanakan sholat tahiyatul masjid ini ialah merupakan salah satu bentuk mulia terhadap masjid atau istilah lain yang biasa kita dengar ialah rumah Allah. Menurut jumhur ulama, kedudukan dari melaksanakan sholat tahiyatul masjid ini adalah seperti kita sedang mengucapkan salam di saat masuk rumah ataupun mengucapkan salam saat bertemu dengan sesama umat muslim.

Imam Nawawi rahimahullaah mengatakan, “Sebagian mereka (ulama) mengungkapkannya dengan Tahiyyah Rabbil Masjid (menghormati Rabb -Tuhan yang disembah dalam- masjid), karena maksud dari sholat tersebut sebagai kegiatan taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah, bukan kepada masjidnya, karena orang yang memasuki rumah raja, ia akan menghormat kepada raja bukan kepada rumahnya.” (Hasyiyah Ibnu Qasim: 2/252)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

2. Menutupi Kekurangan Sholat Wajib

Melaksanakan sholat tahiyatul masjid sejatinya dapat menutupi kekurangan sholat wajib jika sholat Anda masih belum sempurna. Hal ini tercermin dari sebuah hadits Rasulullah SAW yang berarti,

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada manusia di hari kiamat nanti adalah sholat. Allah berkata kepada malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, “Lihatlah pada sholat hamba-Ku. Apakah sholatnya sempurna ataukah tidak? Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun jika dalam sholatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman: Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah. Jika hamba-Ku memiliki amalan sunnah, Allah berfirman: sempurnakanlah kekurangan yang ada pada amalan wajib dengan amalan sunnahnya.” Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad)

Dengan ini, jika ada kelalaian pada sholat fardhu, lupa, kesalahan atau kekurangan maka bisa disempurnakan dengan sholat sunnah tersebut. Namun bukan berarti pula Anda bebas meninggalkan sholat wajib dan dengan mudah menggantinya dengan hanya melakukan amalan sunnah ya.  

Allah Ta’ala berfirman, “Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya.” (QS. Al-Baqarah : 184).

Tak hanya melancarkan rezeki Anda, Umroh juga menjadikan Anda tamu istimewa. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

3. Sebaik-baiknya Amalan Dalam Islam

umroh.com merangkum bahwa sholat adalah tiang agama bagi seorang umat muslim. Dengan melaksanakan ibadah sholat berarti Anda telah patuh terhadap apa yang sudah menjadi perintah dan kewajiban sebagai seorang muslim. Dalam hal ini melaksanakan sholat tahiyatul masjid adalah salah satu amalan sunnah yang paling utama pula dalam hal ibadah sholat. Sebagaimana Tsauban berkata jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Beristiqamahlah kalian dan sekali-kali kalian tidak dapat istiqomah dengan sempurna. Ketahuilah, sesungguhnya amalan kalian yang paling utama adalah sholat. Tidak ada yang menjaga wudhu melainkan ia adalah seorang mukmin.” (HR. Ibnu Majah no. 277 dan Ahmad 5: 276. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

4. Menggambarkan Ketakwaan dan Tawakal Seorang Muslim

Melaksanakan sholat tahiyatul masjid nyatanya juga merupakan salah satu bentuk gambaran dari tingkat ketakwaan dan juga rasa tawakal atau berserah diri seorang umat muslim pada Allah SWT. melaksanakan salah satu sholat sunnah utamanya dalam sholat tahiyatul masjid ini adalah salah satu wujud dari kesungguhan serta tekad kuat yang dilakukan berasal dari seorang umat muslim hingga Ia rela menghabiskan separuh waktu – waktunya untuk senantiasa mengerjakan sholat agar lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

hukum wakaf

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Oleh karena itu, Allah SWT pun sudah sangat menjanjikan berbagai pahala serta kemuliaan sebagai pahala apabila umatnya senantiasa menjalankan sholat tahiyatul masjid ini sebagai amalan sunnah yang senantiasa dikerjakan baik dan ikhlas.

Facebook Comments