1
News

Rawtootbrush, Siwak yang Menjadi Tren di Eropa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Siwak Ternyata bukan hanya populer di Timur Tengah. Namun kini, kepopuleran Siwak menyebar hingga ke dataran Eropa.

Diperkenalkan oleh Yoni’s

Popularitas siwak di dataran Eropa tidak lepas dari peran sebuah perusahaan yang bernama nama Yoni’s. Perusahaan ini menawarkan gaya hidup baru yang lebih sehat dengan menyikat gigi menggunakan siwak.

Disebut Rawtoothbrush

Oleh perusahaan Yoni’s, Siwak disebut dengan rawtoothbrush. Perusahaan ini membuat siwak diidentikkan dengan gaya hidup natural yang kembali ke alam. Siwak atau rawtoothbrush  ini menjadi gaya hidup yang trendi. Siwak juga dipromosikan sebagai sikat gigi dan pasta gigi menjadi satu. Untuk satu batang siwak dijual dengan harga sekitar Rp 64.000 atau £3,49.

Diklaim sebagai Alat Pemebrsih Gigi Alami

Perusahaan ini berusaha memperkenalkan siwak sebagai alat pembersih mulut alami dalam website resminya Yonilife.com.  Yoni’s mengemas siwak sebagai alat pembersih gigi yang bisa menggantikan sikat gigi biasa, yang banyak terbuat dari plastik. Mereka menilai rawtoothbrush atau siwam ini lebih ramah lingkungan karena 100% bisa didaur ulang. Tidak seperti sikat gigi plastik yang akan menjadi sampah di bumi.

Dinilai Lebih Hemat

webinar umroh.com

Mereka juga menekankan kelebihan siwak yang bisa digunakan tanpa menggunakan pasta gigi dan air. Penggunaan siwak diklaim bisa menghemat 6 liter air setiap harinya. Menggunakan siwak dinilai lebih hemat dibandingkan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi. Jika siwak sendiri dibanderol dengan harga £3,9, tentu lebih murah dibandingkan penggunaan sikat gigi dan pasta gigi di sana yang membutuhkan dana sekitar £4 hingga £10.  Lumayan hemat juga, ya.

Menyehatkan

Siwak juga diperkenalkan sebagai alat pembersih gigi yang menyehatkan. Siwak mengandung cairan organik yang memiliki kemampuan menyehatkan atau menyembuhkan. Cairan organik dalam siwak atau rawtoothbrush ini, disebutkan bisa menetralisir ph dalam mulut, serta memicu reaksi kimia yang akan merevitalisasi email gigi secara alami. Jika tidak sengaja tertelan, cairan organik dalam siwak ini juga mampu memberikan manfaat terhadap pencernaan manusia.

Selain itu siswa juga diperkenalkan mengandung fluoride, silisium, sulfur, vitamin C, salicylic acid, kalsium, potasium, sodium, tanin, saponin, san flavonoid. Senyawa tersebut terkandung secara seimbang dalam siwak atau rawtoothbrush.

Mendapat Pro Kontra Netizen

Produk yang diluncurkan sekitar tahun 2017 ini sempat mendapatkan pro-kontra dari netizen di dunia maya. Para pengguna media sosial, yang melihat media promo rawtoothbrush, mengomentari harga Siwak yang terlalu mahal dan cara mereka mengemas kegiatan promosi.

Siwak sendiri telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Bagi umat muslim, siwak adalah alat pembersih gigi yang disarankan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Siwak merupakan ranting dari pohon Arok. Untuk membersihkan gigi, digunakan batang atau ranting yang kecil. Ranting pohon ini di harus dikuliti di bagian ujungnya agar serabut-serabut batang terlihat. Serabut-serabut batang inilah yang digunakan untuk menyikat gigi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.