1
Serba-serbi Ramadhan

Resep Es Oyen Spesial Khas Bandung yang Sangat Segar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Saat mendengar kata kota Bandung tentu Anda akan langsung membayangkan betapa sejuknya suasana kota, tempat wisata hits, kiblat fashion, serta yang tak kalah penting ialah kuliner yang menggugah selera. saat Anda berkunjung ke Bandung, rasanya belum lengkap jika tak mencoba berbagai macam kuliner yang ada di kota kembang tersebut. Salah satunya ialah minuman resep es oyen spesial khas Bandung.

Apa si es Oyen ? Nah, es oyen ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan minuman es campur atau es teller yang biasa kita minum. Hanya saja es oyen ini mempunyai bahan tambahan sebagai pelengkap cita rasa khas yaitu cincau dan mutiara/pacar cina yang membuat minuman ini semakin nikmat untuk di minum terlebih saat berbuka puasa.

Asal Usul Nama Es Oyen Bandung

Umroh.com merangkum, wajib Anda ketahui sebenarnya Es Oyen ini termasuk ke dalam jenis es campur, yang terdiri dari potongan buah segar, susu, kelapa, dan ditambah dengan es. Kenapa minuman ini dinamakan es oyen ? karena es satu ini dibuat oleh salah satu rumah makan terkenal dari Bandung, yakni Warung Pak Oyen 18. Berlokasi di Jalan Sukajadi Bandung, rumah makan Pak Oyen tidak pernah sepi dengan pengunjung.

Kisahnya pada tahun 1954 Pak Oyen pertama kalinya menjual minuman satu ini secara berkeliling menggunakan gerobak. Hingga pada tahun 1962, es Oyen mulai dikenal luas oleh masyarakat kota Bandung. Dan pada akhirnya kemudian Pak Oyen berani mendirikan sebuah rumah makan yang mana di dalamnya menyediakan berbagai menu olahan es, termasuk salah satunya adalah es Oyen ini.

Baca juga : Berawal dari Hobi Bersedekah, Inilah Sejarah Batagor

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa manis es Oyen ini, Anda bisa langsung saja datang ke Rumah Makan Pak Oyen 18. Tenang, tidak perlu khawatir masalah harga, karena Anda bisa mencicipi es ini dengan merogoh kocek sebesar Rp. 8 ribu saja untuk satu porsi. Murah banget kan ???

Nah bagi Anda yang kebetulan sekarang sedang haus, dan ingin menikmati minuman yang segar. Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Bandung hanya untuk membeli minuman satu ini.

Bahan-bahan Membuat Es Oyen Spesial Bandung

  • Buah nangka kuning 10 buah, potong kecil atau memanjang ( bisa ganti dengan buah lain )
  • Alpukat 500 gram, keruk dagingnya
  • Pacar china / mutiara
  • Kelapa muda 1 buah, ambil air dan dagingnya
  • Aneka jelly sesuai selera, masak sesuai petunjuk kemasan, lalu potong kecil-kecil
  • Sirup : dibuat dari 250 gram gula pasir yang dicairkan dengan sedikit air
  • Susu kental manis putih secukupnya
  • Es batu secukupnya

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Cara Membuat Es Oyen Bandung :

resep es oyen spesial khas bandung
  • Siapkan bahan-bahan yang digunakan, potong nangka dengan irisan dadu, keruk alpukat dengan sendok, sisihkan.
  • Selanjutnya tata di atas mangkok saji buah nangka, alpukat, daging buah kelapa dan airnya, jelly, lalu beri beberapa sendok cairan sirup.
  • Beri es batu secukupnya, lalu taburi pacar cina/mutiara yang sudah direbus dan tak lupa tambahkan susu kental manis putih di atasnya.
  • Es Oyen spesial khas Bandung siap untuk di hidangkan selagi dingin.

Bagaimana mudah bukan cara dari resep es oyen spesial khas Bandung buatan sendiri di rumah? Kalau ingin yang special, boleh ditambahkan beberapa biji buah durian di atasnya. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan lain kedalam minuman satu ini agar semakin segar. Mulai dari buah nanas, buah strawberry, buah berry, mangga, manggis, dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan selera Anda masing-masing.

webinar umroh.com

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Es Oyen ini sangat cocok lho dijadikan sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. Selain cara membuatnya yang mudah dan bahan yang mudah didapat. Es Oyen ini tentu ampuh melepas dahaga kita setelah seharian berpuasa. Rasanya yang segar , manis dan nikmat juga menjadi alasan mengapa masyarakat bandung dan sekitarnya menyukai es yang satu ini. Selamat mencoba