1
Fashion Kecantikan News Tips Travel

Sejarah Singkat Saree Tradisional India

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dengan keberadaan lebih dari 5.000 tahun, saree India dianggap sebagai salah satu bentuk garmen tertua di dunia yang masih ada. Veda – di antara literatur tertua yang disusun oleh umat manusia – menyebutkannya, dan catatan dari Peradaban Lembah Indus (3300–1300 SM) juga menunjukkan penggunaannya pada saat itu. Namun menjadi kuno sama sekali tidak memengaruhi popularitasnya. Masih ada di mana-mana – di jalur landai di peragaan busana terkemuka, di bollywood, di jalan-jalan pedesaan dan perkotaan India, di antara para mahasiswa modern dan nenek-nenek mereka yang konservatif – saree itu sama mengakar dalam budaya kita seperti sebelumnya.

Sepotong kain tanpa ikatan berevolusi karena kepercayaan Hindu kuno bahwa menjahit kain membuatnya tidak murni. Jadi, kain setinggi empat setengah sampai delapan meter – terbungkus di sekitar tubuh bagian bawah dan kemudian dengan proses lipatan yang bijaksana terlipat di bagian atas tubuh – menjadi pakaian yang tepat. Saree dianggap telah berevolusi dari pakaian tiga potong yang terdiri dari peregangan kain tanpa jahitan terbungkus sebagai garmen yang lebih rendah, pita dada dan sepotong yang dikenakan di atas bahu atau kepala seseorang. Pendahulu saree ini disebutkan dalam literatur Sanksrit kuno yang berasal dari abad ke-6 SM. Bahkan lehengas, ghagras, dan cholis dianggap berakar pada pakaian ini.

Dengan kemampuannya untuk menjadi pemanasan di musim dingin, dan pendinginan di musim panas, penampilannya yang profesional dan penuh gaya namun kegunaannya, saree dikembangkan menjadi pakaian yang paling cocok untuk perempuan Asia Selatan.

Walaupun ada gaya profesional atau klasik dalam membuat saree, ada lebih dari 80 variasi di seluruh anak benua. Ada gaya-gaya Bengali dan Odia yang tanpa-lipatan, saree gaya Kodagu yang merupakan versi belakang dari gaya klasik, versi Malaysia dua potong, dan sebagainya. Variasi juga ada tergantung pada jenis kain, serta pada metode tenun yang telah digunakan. Oleh karena itu ada sari sate Bandhani, saree kapas Chanderi dan berbagai saree sutra termasuk saree Kanchipuram, Banarasi dan Mysore.