1
News

Setahun Sudah Arab Saudi Menghapus Larangan Wanita Menyetir, Ini Dampaknya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

24 Juni 2019 adalah tepat setahun sejak wanita di Arab Saudi diperbolehkan menyetir. Dihapuskannya larangan menyetir membuat ribuan wanita di seantero kerajaan Arab Saudi bisa menyetir dengan bebas selama 12 bulan terakhir ini.

Agar Wanita Saudi Bisa Berperan Lebih

Dilansir dari thenational.ae, kebijakan itu diambil Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Langkah tersebut merupakan bagian dari rencana besar untuk memajukan peran wanita di negara tersebut.

Sebelum larangan itu dihapus, wanita akan ditanya apakah ia memiliki supir ketika sedang menjalani wawancara kerja. Perusahaan biasanya takut para wanita akan sering terlambat karena mereka tidak memiliki transportasi yang baik.

Para Wanita Bisa Mengembangkan Karirnya

Diberlakukannya kebijakan itu juga memungkinkan wanita bisa mengembangkan karirnya. Para wanita juga bisa menjadi mitra transportasi online, seperti Careem.

Salah satu yang merasakan manfaatnya adalah Ammal Farahat, kapten wanita pertama di Careem. Ia juga kemudian membentuk klub mobil khusus wanita pertama di Arab Saudi. Dalam waktu setahun, Farahat berhasil melayani 100 pelanggan Careem, sekaligus mengorganisir aktivitas yang berkaitan dengan mobil.

Farahat juga menceritakan pengalamannya di hari pertama menjadi mitra Careem. Saat itu, penumpang pertamanya adalah seorang lelaki yang berasal dari UK. Di aplikasi, penumpang itu meminta untuk diantar dari hotelnya menuju airport. Saat melihat mobil yang dipesannya dikendarai oleh seorang wanita, lelaki itu terkejut hingga melompat-lompat. Farahat masih mengingat betapa antusiasnya lelaki itu.

Lebih Nyaman Saat Bepergian

Kepada thenational.ae, Farahat mentuturkan bahwa pemasukannya dari Careem bukan hanya membantu kehidupannya. Kemampuan untuk mengemudikan kendaraan di jalan juga melawan stereotype yang melekat pada wanita. Farahat merasakan ada perubahan posisi wanita di masyarakat Arab Saudi. Selain itu, wanita juga tidak merasa gelisah saat harus berkomunikasi dengan pria.

Wanita juga kini bisa lebih nyaman saat bepergian. Jika dahulu mereka sangat bergantung kepada supir, kini mereka bisa menggunakan jasa Careem atau Uber. Wanita di Arab Saudi bahkan bisa mengajak anak-anaknya bepergian ke tempat-tempat yang menyenangkan.

webinar umroh.com

Lebih Leluasa Mengatur Jadwalnya

Seorang konsultan dan pengajar di Arab Saudi, Rozana Al Banawi, kebebasan mengemudi membuat para wanita bisa mengontrol gaya hidup mereka. Mereka bisa lebih leluasa menjalani aktivitas dan pekerjaannya, walaupun bagi ibu rumah tangga, diperbolehkannya menyetir membuat para ibu rumah tangga mendapat tugas baru. Mereka harus belajar memelihara kendaraanya agar tetap terawat. Namun hal itu menjadi pengalaman baru bagi wanita di Arab SAudi.

Baginya, kebebasan untuk mengemudi juga membuatnya bisa menghemat waktu, karena tidak harus mengurus transportasi. Al Banawi mengungkapkan bahwa diperbolehkannya wanita mengemudi menunjukkan bahwa Arab Saudi ingin memberikan perubahan agar rakyatnya memiliki aspirasi dan gaya hidup yang lebih baik.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.