1
Kuliner

Sheer Kurma, Hidangan Manis dengan Bihun Khas Asia Tengah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Idul Fitri identik dengan beragam makanan yang dihidangkan. Makanan ini menjadi pelengkap dalam momen silaturahim bersama keluarga. Bukan hanya di Indonesia, seluruh umat muslim di dunia juga menghidangkan makanan spesial di hari raya. Tidak terkecuali warga di Asia Tengah. Salah satu hidangan spesial saat Idul Fitri adalah Sheer Kurma.

Dessert Hari Raya Khas Asia Tengah

Sheer Kurma adalah hidangan khas Idul Fitri yang disajikan di Pakistan, Afghanistan, dan sekitarnya di daerah Asia Tengah. Makanan ini berupa puding susu dengan kurma dan bihun. Bihun yang biasanya diolah menjadi masakan asin dan gurih di Indonesia, dijadikan bahan untuk membuat makanan penutup yang manis dalam Sheer Kurma.

Bahan Utamanya Terdiri dari Susu dan Kurma

Dalam bahasa Urdu, Sheer Kurma artinya “susu dengan kurma”. “Sheer” adalah bahasa Persia untuk kurma. Kurma yang digunakan dalam Sheer Kurma adalah kurma kering yang sudah terkaramelisasi.

Bahan Pelengkap Ditambahkan Sesuai Selera

Sheer Kurma sendiri terdiri dari susu kental manis, buah-buahan kering dan kacang-kacangan. Selain kurma, warga asli di Asia Tengah biasa memasukkan almond, pistachio, kapulaga hijau, zafran, kismis, kacang mete, kacang pinus, hingga biji melon. Bahan tambahan ini ditambahkan sesuai selera, namun kurma dan seviyan atau bihun adalah bahan yang tidak bisa ditinggalkan.

Memakai Bihun atau Seviyan sebagai Pelengkap Wajib

Satu lagi bahan yang unik bagi orang Indonesia adalah bihun yang digunakan di dalamnya. Dalam bahasa Urdu, bihun atau vermicelli ini disebut dengan Seviyan. Bagi mereka yang terbiasa menyantap Sheer Kurma, hidangan penutup ini akan terasa kurang tanpa seviyan atau bihun ini.

Dihidangkan setelah Sholat Ied

Keluarga di Pakistan, Afghanistan, dan sekitarnya akan menghidangkan Sheer Kurma setelah sholat Ied. Makanan ini akan menjadi menu sarapan sebelum berkeliling. Bahkan, banyak juga yang menghidangkan Sheer Kurma kepada tamu-tamu dan kerabat yang berkunjung ke rumah. Sheer Kurma sangat identik dengan Idul Fitri, sehingga banyak yang menantikan hari raya tiba untuk membuat hidangan manis ini.

Menjadi Pelengkap Suasana Silaturahim

Rasa Sheer Kurma yang manis menjadi pelengkap suasana Idul Fitri yang hangat. Sheer Kurma akan dihidangkan hangat-hangat, sehingga akan membuat suasana silaturahim semakin hangat. Walaupun Sheer Kurma mengandung banyak susu dan terasa manis, namun banyak orang merasa tidak bosan menyantapnya.

Resep Otentik Sheer Kurma

Sheer Kurma yang otentik dibuat dari susu, gula, dan ghee. Ghee adalah mentega atau minyak samin yang terbuat dari lemak hewani yang dimurnikan. Membuatnya diawali dengan merebus susu hingga berubah lebih kental dan creamy. Setelah itu, bubuk kapulaga hijau, seviyah (bihun), dan kacang dimasukkan. Selanjutnya akan dimasak perlahan dengan api kecil.

webinar umroh.com

Bisa Menggunakan Susu Kental Manis

Sekarang, banyak yang membuat Sheer Kurma dengan menggunakan susu kental manis. Rasa manisnya membuat Sheer Kurma semakin disukai oleh anak-anak. Sebanyak satu setengah kaleng susu kental manis dibutuhkan untuk membuat Sheer Kurma dengan 5 liter susu. Tentunya, penggunaan gula ditiadakan setelah menggunakan susu kental manis. Banyaknya susu kental manis yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan rasa manis yang diinginkan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.