Doa Muslim Lifestyle

Keutamaan yang Didapat Setelah Sholat Sunnah Taubat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam ajaran agama islam, melaksanakan ibadah sholat adalah suatu hal yang wajib dilakukan karena sholat merupakan tiang dari agama islam. Sholat di dalam islam terbagi menjadi dua, yaitu ada sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat Wajib harus dikerjakan dan bilamana ditinggalkan akan mendapat dosa. Sedangkan  sholat sunnah apabila tidak di kerjakan tidak akan mendapat dosa. 

Baca juga: Definisi Sholat Taubat yang Wajib Diketahui

Sebagai umat muslim yang taat akan perintah Allah dan selalu ingin menjadi bagian dari hamba Allah yang baik, tentunya umat muslim akan selalu berbondong – bondong dalam melakukan kebaikan dan menjalankan segala perintah nya, termasuk dalam menjalankan ibadah sholat sunnah.

keutamaan sholat sunnah taubat
source: freepik.com

Umroh.com merangkum, sebagaimana yang kita ketahui ada berbagai macam sholat sunnah yang dapat kita lakukan. namun setiap pelaksanaan dari masing – masing sholat sunnah tentunya memiliki ketentuan dan keutamaannya masing – masing. Termasuk sholat sunnah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu mengenai keutamaan dari sholat sunnah taubah. 

Baca juga: Lihat Jadwal Lengkap Sholat untuk Daerah Anda di Sini

Sholat sunnah taubah merupakan salah satu dari macam-macam sholat sunnah yang dapat kita kerjakan. Sholat ini dikerjakan apabila seorang umat muslim merasa dirinya telah melakukan dosa dan ingin bertaubat untuk kembali ke jalan yang benar sesuai dengan syariat islam. Sama halnya seperti sholat sunnah lainnya, Sholat sunnah taubah pun memiliki keutamaan tersendiri di dalamnya.

Keutamaan sholat sunnah taubat

1. Mendapatkan pahala sholat sunnah

Keistimewaan sholat taubat menurut hadis pertama adalah mendapatkan pahala yang banyak karena kamu telah mengerjakan dan menghidupkan apa yang menjadi sunnah nabi. Sebagaimana Allah SWT telah berfirman  yang artinya : 

“Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.” (QS. Ali- Imron ayat 136)

keutamaan sholat sunnah taubat
source: freepik.com

 2. Diampuni dosa-dosanya

Hikmah melakukan sholat taubat adalah diampuninya dosa-dosa yang telah kita perbuat oleh allah SWT, asalkan taubat yang kita lakukan di iringi dengan niat, tekad, dan keistiqomahan, serta tidak melakukan perbuatan dosa itu lagi. Seperti sabda Rasulullah saw yang berbunyi : ‘Tidaklah seorang (muslim) melakukan suatu perbuatan dosa, lalu dia bersuci, berwudhu dengan baik kemudian melaksanakan salat dua rakaat, lalu meminta ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni (dosa)nya.” 

3. Akan dimudahkan segala sesuatu

Manfaat melakukan sholat sunnah taubat selanjutnya adalah di mudahkan segala sesuatunya oleh Allah SWT seperti firman Allah dalam Al Quran Surat Nuh Ayat 10-12 yang berbunyi : “Maka Aku katakan kepada mereka, mohonlah ampun kepada Tuhan mu, karena sesungguhnya Dia maha pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. dan memperbanyakkan harga dan anak-anakmu dan mengadakan untuk mu kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya untukmu sungai-sungai.”

Baca juga: Setelah Keutamaannya, Ini Jumlah Rakaat Sholat Sunnah Taubat

4. Ditinggikan derajatnya oleh Allah

Keajaiban sholat taubat menurut hadis shahih yang selanjutnya adalah akan ditinggikannya derajatnya oleh Allah SWT, karena telah memperbanyak sujud dengan melakukan sholat taubat dan sholat sunnah yang lainnya. seperti sabda nabi saw yaitu : “hendaklah kamu memperbanyak sujud kepada Allah karena tidaklah kamu memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan akan menghapuskan dosanya.” (H.R.Muslim, No. 488).

keutamaan sholat sunnah taubat
source: freepik.com

Lantas bagaimana jika seseorang umat muslim melakukan kesalahan, kemudian ia bertaubat. Akan tetapi suatu ketika ia melakukan kesalahan yang sama kembali? dari Abu Hurairah Radiyallahu’anhu, bahwasannya Rasulullah saw pernah bersabda yang artinya :

“Sesungguhnya seorang laki – laki berbuat dosa lalu berkata: “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata : “Hambaku berbuat dosa lalu ia tahu bahwa ia memiliki Tuhan  yang Maha Mengampuni dosa dan ia merealisasikannya, sesungguhnya Aku telah ampuni hambaku tersebut. Kemudian ia pun berbuat dosa lagi dosa yang lainnya lalu berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah, maka Allah Tabaroka wa Ta’ala berkata: “Hamba-Ku mengetahui bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun lalu ia pun merealisasikannya: “Sesungguhnya telah aku ampuni hamaku. Kemudian ia melakukan dosa  yang lainnya lagi, dan ia berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa, maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata lagi : “Hamba-Ku tahu bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun dan ia merealisasikannya.” Maka Aku mempersaksikan kepada kalian semua bahwa sesungguhnya Aku sungguh telah mengampuni hamba-Ku maka silahkan dia lakukan apa yang dia kehendaki.” (HR. Al- Imam Ahmad).

Baca juga: Doa Sholat Sunnah Taubat yang Wajib Diamalkan

Demikian ulasan mengenai keutamaan sholat sunnah taubat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda semua. 

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini