1
News

Sinyal WiFi Lemah, Mungkin Ini Penyebabnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat ini, internet merupakan kebutuhan bagi hampir setiap orang. Banyak dari kita membutuhkan internet untuk berkomunikasi sehari-hari, atau mencari hiburan.

Salah satu cara untuk mendapat akses internet adalah dengan memasang WiFi di rumah. Perangkat WiFi akan dipasang, sehingga seluruh penghuni rumah bisa menikmati internet. Sebenarnya, menggunakan WiFi memberikan banyak kelebihan. Di antaranya, WiFi hanya membutuhkan satu perangkat, namun seluruh penghuni rumah bisa mendapat akses internet tanpa kabel.

Namun menggunakan WiFi terkadang juga bisa lemot. WiFi yang lemot bisa disebabkan karena pengaturan atau masalah pada perangkat. Namun, seringkali koneksi Wifi yang bermasalah disebabkan karena benda-benda tertentu yang ada di sekeliling perangkat atau yang ada dalam rumah.

Berikut ini adalah benda-benda yang bisa menyebabkan koneksi WiFi lemot.

Furnitur dengan Permukaan Metal

Metal merupakan konduktor, yang artinya ia akan menyerap aliran listrik. Sementara itu, WiFi melepaskan gelombang elektromagnetik. Benda-benda dengan permukaan metal di dalam rumah bisa mengganggu gelombang tersebut menyebar, karena terserap olehnya.

Jika terjadi masalah pada WiFi, coba teliti apakah ada benda dengan permukaan metal di dekat perangkat WiFi. Sebaiknya jauhkan perangkat WiFi dari benda-benda tersebut.

Dinding Bata atau Batu

Ada berbagai macam dinding yang bisa menghentikan sinyal WiFi. Bahan-bahan yang bisa menghalangi gelombang WiFi antara lain marmer, semen, batu, atau bata. Itulah mengapa orang-orang yang ada di lantai dua atau yang berada di ruangan yang terpisah dinding di dalam rumah mengalami koneksi internet yang lebih lemah. Untuk mengatasinya, Letakkan perangkat WiFi di ruangan yang terbuka dan jauh dari dinding.

Cermin

Cermin bisa memantulkan sinyal yang dilepaskan oleh perangkat WiFi. Benda ini bisa membuat gelombang elektromagnetik memantul jika diletakkan di dekat perangkat WiFi. Cermin akan membuat sinyalnya menjadi lebih lambat dan tidak stabil.

webinar umroh.com

Kulkas dan Mesin Cuci

Secara umum  peralatan elektronik yang memiliki pipa dan bisa mengalirkan air bisa mengganggu sinyal WiFi. Air bisa menahan energi dari gelombang wireless, sehingga akan mempengaruhi kualitas dari koneksi internet.

Microwave

Microwave adalah perangkat elektronik yang memiliki spektrum frekuensi yang mirip dengan yang digunakan WiFi. Jika kita memiliki microwave, sebaiknya diletakkan berjauhan dengan perangkat WiFi, atau meletakkannya di tempat yang lebih tinggi dari microwave. Cara ini bertujuan untuk menghindari gelombang dari microwave yang mempengaruhi kualitas sinyal WiFi.

Lampu Warna-Warni

Lampu warna-warni biasanya digunakan untuk dekorasi. Sayangnya lampu warna-warni bisa melemahkan sinyal WiFi di dalam rumah. Di dalam lampu-lampu tersebut terdapat lempengan berkilau yang akan mengganggu gelombang magnetik yang dilepaskan oleh perangkat WiFi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.