1
Kuliner

Suka Keju? Cicipi Gurih Lembutnya Dahi Kabab

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bicara tentang kebab, pasti banyak yang langsung terpikir hidangan khas Turki yang berbahan dasar daging. Ya, Turki memang memiliki beragam hidangan kebab yang lezat, dan kebanyakan berbahan utama daging.

Namun berbeda dengan Dahi Kabab. Hidangan ini bukan dari Turki, melainkan dari India. Dahi Kabab populer di daerah utara India. Bedanya lagi, jika kebab ala Turki menggunakan bahan dasar daging, Dahi Kabab menggunakan dahi sebagai bahan dasar.

Terbuat dari Dahi dan Keju

Dahi adalah sebutan untuk bahan yang terbuat dari yoghurt. Namun, tekstur dari dahi ini sedikit lebih kering, karena seluruh cairan dari yoghurt sudah dikeluarkan. Bisa dibilang, Dahi adalah yoghurt kering.

Karena terbuat dari dahi, Dahi Kabab ini memiliki tekstur yang lembut di bagian dalamnya. Di bagian luar, terasa renyah karena dilapisi dengan tepung roti atau tepung panir sebelum digoreng. Cita rasanya gurih, lembut, dan renyah di luar. Karena itu, Dahi Kabab banyak dihidangkan sebagai makanan pembuka dan dihikmati dengan chutney atau saus tomat.

Bahan lain untuk membuat Dahi Kabab adalah keju. Inilah yang membuat cita rasa Dahi Kebab jadi asin gurih. Sedap!

Membuat Dahi Kabab

Daripada penasaran, kita bisa membuat sendiri Dahi Kabab di rumah, lho. Bahan yang dibutuhkan adalah :

– 250 gram dahi (atau di Indonesia disebut juga Curd atau Tahu Susu)

– 2 sendok makan daun ketumbar

webinar umroh.com

– 100 gram keju paneer

– 50 gram keju parut

– 2-3 sendok makan tepung yang sudah disangrai

– Garam secukupnya

– 1 sendok teh cabe bubuk

– 1 sendok teh cabai hijau cincang

– 1 sendok teh jahe parut

– Tepung roti untuk membalut kabab.

Pertama, campurkan curd, daun ketumbar yang sudah dicincang, keju panir, keju, jahe parut, cincangan cabai hijau, garam, dan cabe bubuk. Campurkan hingga rata.

Setelah itu, masukkan tepung untuk mengikat adonan agar mudah dibentuk. Aduk lagi. Kita bisa menambahkan tepung lagi jika dirasa masih terlalu basah untuk dibentuk.

Ketika adonan sudah rata, bulatkan adonan. Sebelumnya, boleh lumuri tangan dengan minyak agar lebih mudah. Setelah semua adonan habis, panaskan minyak dengan api sedang.

Lumuri adonan yang sudah dibulatkan dengan tepung roti, lalu masukkan ke dalam minyak yang sudah panas. Setelah seluruh permukaannya berwarna cokelat keemasan, angkat dan tiriskan sebentar. Sajikan Dahi Kabab bersama saus tomat atau saus cabai.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.