1
Doa

Inilah Makna dan Keutamaan Kalimat Tahmid

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Salah satu kalimat thoyyibah yang kita kenal adalah tahmid. Lafalnya “Alhamdulillah” atau “Alhamdulillahi robbil ‘alamin”. Arti dari kalimat tahmid ialah “Segala puji bagi Allah” atau “segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam”. Kalimat ini biasanya digunakan sebagai dzikir bersamaan dengan tasbih dan takbir.

Bacaan Tahmid ini biasa dilantunkan ketika setelah melaksanakan solat fardu. Tidak hanya Tahmid saja, tapi juga Anda dianjurkan untuk membaca tasbih dan takbir sebanyak 33 kali. Rasulullah bersabda ” Barangsiapa bertasbih sebanyak tiga puluh tiga kali, bertakbir tiga puluh tiga kali, dan bertahmid tiga puluh tiga kali, kemudian mengucapkan: Laa ilaaha illa Allah wahdahu laa syarikalah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ’ala kulli sya’in qadir, setiap selesai shalat, maka akan diampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan”.

Baca juga : Inilah Macam-macam Kalimat Dzikir Serta Keutamaannya

Kenali Bacaan Tahmid yang Dilantunkan Setelah Solat

Kalimat tahmid atau hamdalah merupakan kalimat yang mulia. Di dalam kalimat itu, terdapat pengakuan tentang keesaan Allah, serta pujian kepada Allah. Membiasakan diri membaca kalimat tahmid akan membuat Allah menghapuskan keburukan-keburukan pada diri kita. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengatakan ‘laa ilaha illaallah’ maka ia akan dicatat sebagai 20 kebaikan dan dihapus 20 keburukan darinya.

Dan barangsiapa yang mengucapkan ‘alhamdulillahi robbil alamin’, maka ia akan dicatat sebagai 30 kebaikan dan akan dihapus darinya 30 keburukan.” Di dalam Al Quran, ada banyak surat yang menggunakan kalimat tahmid sebagai pembuka. Seperti surat Al An’Am, surat Al Kahfi, surat Saba, dan surat Fathir.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Allah Memerintah Hamba-Nya untuk Bertahmid

Kalimat tahmid di dalam Al Quran banyak yang bersanding dengan kebesaran-kebesaran Allah. Menurut para ulama, hikmah yang bisa kita ambil adalah kita perlu banyak mengingat kebesaran Allah untuk bisa memujiNya. Seperti yang tercantum dalam surat berikut:

1. Al A’raf ayat 43

وَنَزَعْنَا مَا فِى صُدُورِهِم مِّنْ غِلٍّ تَجْرِى مِن تَحْتِهِمُ ٱلْأَنْهَٰرُۖ وَقَالُوا۟ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى هَدَىٰنَا لِهَٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِىَ لَوْلَآ أَنْ هَدَىٰنَا ٱللَّهُۖ لَقَدْ جَآءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِٱلْحَقِّۖ وَنُودُوٓا۟ أَن تِلْكُمُ ٱلْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: “Dan Kami mencabut rasa dendam dari dalam dada mereka, di bawahnya mengalir sungai-sungai. Mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan kami ke (surga) ini. Kami tidak akan mendapat petunjuk sekiranya Allah tidak menunjukkan kami. Sesungguhnya rasul-rasul Tuhan kami telah datang membawa kebenaran.” Diserukan kepada mereka, “Itulah surga yang telah diwariskan kepadamu, karena apa yang telah kamu kerjakan.”

webinar umroh.com
makna rukun iman

2. Ghafir ayat 65

هُوَ ٱلْحَىُّ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ فَٱدْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَۗ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Artinya: “Dialah yang hidup kekal, tidak ada tuhan selain Dia; maka sembahlah Dia dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam.”

Kunci Meraih Cinta Allah

Kalimat tahmid menjadi kunci untuk mendapatkan cinta Allah. Rasulullah pernah bersabda tentang seseorang yang ditinggal mati anaknya, namun ia tetap mengucapkan hamdallah.

Dituturkan Abu Musa, Rasulullah bersabda, “Jika salah satu anak manusia meninggal, maka Allah akan bertanya kepada malaikat-Nya, “Kalian telah mencabut nyawa anak hamba-Ku?”. “Ya” jawab mereka. “Kalian telah mencabut nyawa buah hatinya?”. Mereka menjawab lagi, “Ya”.

‘Apa yang diucapkan hamba-Ku?”. “Ia memuji-Mu dan mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un!”. Maka Allah pun berfirman, “Bangunkan untuk hamba-Ku rumah di surga dan namailah dengan rumah pujian!”.  (HR.Tirmidzi)

Sekarang Umroh dan Haji bisa Anda dapatkan degan harga yang Terjangkau. Kunjungi Umroh.com segera!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Doa yang Paling Utama

Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah bersabda, “Dzikir yang paling afdhal adalah La ilaha Illallah. Dan doa yang paling afdhal adalah Alhamdulillah”. (HR.Tirmidzi)

Menurut para ulama, memuji Allah juga merupakan doa, dimana seorang hamba meminta kepada Rabb-Nya dengan cara yang halus. Pujian pada Allah menunjukkan bahwa seseorang mensyukuri apa yang telah Allah berikan. Dengan itu, Allah akan memberikan rizki tambahan kepada hambaNya.

Umroh.com merangkum, kalimat tahmid menunjukkan rasa syukur pada Allah. Rasa syukur seorang hamba akan membuat Allah menambah nikmat untuknya. Sebagaimana tercantum di surat Ibrahim ayat 7, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Penutup Doa Orang yang Beriman

strategi dakwah rasul (source shutterstock)

Di dalam Al Quran, Allah menggambarkan karakter seorang hamba yang beriman. Diantaranya tercantum pada surat Yunus ayat 9:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ يَهْدِيهِمْ رَبُّهُم بِإِيمَٰنِهِمْۖ تَجْرِى مِن تَحْتِهِمُ ٱلْأَنْهَٰرُ فِى جَنَّٰتِ ٱلنَّعِيمِ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, niscaya diberi petunjuk oleh Tuhan karena keimanannya. Mereka di dalam surga yang penuh kenikmatan, mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Kemudian di surat Yunus ayat 10, Allah menambahkan bahwa orang beriman adalah mereka yang menutup doa dengan kalimat tahmid.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

دَعْوَىٰهُمْ فِيهَا سُبْحَٰنَكَ ٱللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلَٰمٌۚ وَءَاخِرُ دَعْوَىٰهُمْ أَنِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Artinya: “Doa mereka di dalamnya ialah, “Subhanakallahumma” (Maha Suci Engkau, ya Tuhan kami), dan salam penghormatan mereka ialah, “Salam” (salam sejahtera). Dan penutup doa mereka ialah, “Al-Hamdu lillahi Rabbil ‘alamin” (segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam).”

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.