1
News

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mandi air panas sering disarankan kepada mereka yang sedang sakit. Itu karena mandi air panas memang memberikan efek positif bagi tubuh. Namun bukan berarti mandi air dingin memiliki efek negatif. Ada juga manfaat mandi dengan air dingin, lho. Guyuran air dingin membantu mengaktifkan beberapa sel dan organ sehingga kita jadi lebih sehat.

Di bawah ini adalah 5 manfaat mandi dengan air dingin dilansir dari Medical Daily.

  1. Memberikan Efek Segar

Mandi dengan air dingin tampaknya memang menyegarkan. jangan heran dengan manfaat tersebut, karena mandi dengan air dingin memang membuat tubuh jadi lebih segar. Saat tubuh bersiap menerima guyuran air dingin, kita akan mengambil nafas dalam, yang akan membantu menyeimbangkan suhu tubuh, sekaligus memperbanyak asupan oksigen dalam tubuh. Kondisi ini juga akan membuat detak jantung meningkat, sehingga darah akan mengalir ke seluruh tubuh. Inilah alasan mengapa mandi dengan air dingin terasa lebih menyegarkan.

  1. Merawat Rambut dan Kulit

Jika ingin menjaga kecantikan rambut dan kulit, maka mandilah dengan dengan air yang dingin. Air yang panas akan melonggarkan pori-pori. Efek negatif dari pori-pori yang melonggar adalah rambut yang mudah rontok dan kulit yang mudah kering. Mandi dengan air dingin juga akan membuat rambut jadi tampak lebih berkilau, lebih kuat, dan lebih sehat. Air dingin membantu meratakan folikel rambut, sehingga meningkatkan kemampuannya bertahan pada kulit kepala.

Mandi dengan air dingin membantu mengencangkan pori-pori. Jumlah rambut yang rontok jadi berkurang. Selain itu, pori-pori kulit jadi lebih rapat sehingga kotoran tidak akan berkumpul di dalamnya. Pori-pori yang rapat juga mencegah kelembaban alami dalam tubuh menghilang.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mandi dengan air dingin mampu memperlancar aliran darah, sehingga suplai darah ke seluruh organ dapat terjaga. Kemampuan arteri dalam memompa darah akan meningkat ketika tubuh menerima guyuran air dingin, sehingga bisa bekerja lebih efisien dalam memompa darah. Inilah yang kemudian akan menyehatkan jantung, sehingga tekanan darah jadi normal, membersihkan arteri yang tersumbat, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Ternyata mandi dengan air dingin bisa membantu menurunkan berat badan, lho. Mandi dengan air dingin bisa meningkatkan aktivitas lemak coklat. Tubuh manusia terdiri dari dua macam lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah lemak yang tertimbun ketika kita mengkonsumsi kalori berlebih. Lemak inilah yang akan berkumpul di pinggang, punggung, leher, dan paha. Lemak inilah yang sering membuat seseorang berusaha menghilangkannya.

Sedangkan lemak coklat adalah lemak baik yang bekerja menghangatkan suhu tubuh. Lemak coklat ini kan lebih aktif ketika tubuh terpapar suhu yang dingin. Lemak ini bekerja menaikkan suhu tubuh, sehingga kita juga membakar lemak-lemak putih yang bertumpuk.

webinar umroh.com
  1. Mempercepat Penyembuhan Cedera Otot

Otot yang terasa sakit akan cepat sembuh jika dibarengi dengan mandi air dingin. Metode ini bahkan digunakan oleh para atlet untuk menyembuhkan cedera setelah berlatih. Mandi dengan air dingin memang membantu meringankan rasa sakit pada otot, terutama setelah latihan berat (delayed-onset muscle soreness).

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2009 menguatkan pendapat tersebut. Studi tersebut melibatkan partisipan yang diminta berolahraga dengan intensitas tinggi. Mereka yang langsung mandi air dingin selama 24 menit akan lebih cepat sembuh dari cedera otot setelah berlatih.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.