1
Serba-serbi Ramadhan

Tata Cara Puasa Sya’ban dan Hikmah Melakukannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Puasa termasuk dalam rukun islam yang artinya wajib dilakukan. Namun selain puasa wajib di bulan Ramadhan, Allah SWT menganjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah lainnya. Salah satu puasa sunnah  yang dianjurkan ialah Puasa Sya’ban. Kita dianjurkan berpuasa sunnah pada bulan-bulan agung. Anjuran dalam tata cara Puasa Sya’ban telah dijelaskan sesuai dengan Sabda Rasulullah. Bahwa pada bulan Sya’ban ini adalah bulan dinaikkannya amalan-amalan manusia kepada Allah. Itulah mengapa, Rasulullah sendiri sangat suka untuk berpuasa di bulan Sya’ban. Rasulullah sendiri memang banyak melakukan puasa di bulan Sya’ban dibandingkan di bulan-bulan lainnya.

Diriwayatkan oleh Aisyah Ra ,

“Bulan yang paling disenangi oleh Rasululah untuk berpuasa adalah Sya’ban, kemudian dilanjutkan dengan puasa bulan Ramadhan.”

Baca juga : Pengertian Puasa Ayyamul Bidh dan Hukumnya di Islam

Cara Puasa Sya’ban

Umroh.com merangkum, puasa Sya’ban ialah ibadah puasa yang dilaksanakan pada bulan ke-8 penanggalan kalender hijriyah. Puasa Sya’ban hukumnya sunnah muakkad, yakni sunnah yang sangat dianjurkan. Untuk cara mengerjakan Puasa Sya’ban ini masih sama seperti mengerjakan Puasa Bulan Ramadhan ataupun Puasa Sunnah lainnya yang dimulai dari Waktu Imsak sampai terbenamnya Matahari (masuk waktu sholat Maghrib) untuk berpuasa tidak makan, minum, menahan hawa nafsu, emosi dan perkara lainnya yang bisa membuat batal puasa.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Namun di dalam cara Puasa Sya’ban ini tidak ada Sholat Sunnah Tarawih di malam harinya seperti yang terdapat pada Puasa Bulan Ramadhan, hanya saja untuk sahur Puasa Sya’ban masih diSunnahkan atau boleh Sahur dan boleh tidak Sahur karena perlu kalian ketahui bahwa di dalam Sahur Puasa terdapat keberkahan yang dapat kalian peroleh.

Niat Puasa Sya’ban

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

webinar umroh.com

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Sya‘bana lillâhi ta‘âlâ.

Artinya:“Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT.”

Orang yang ingin berpuasa Sya‘ban di siang hari tetapi tidak sempat melafalkan niat dan berniat puasa di malam harinya boleh menyusul pelafalan niat dan memasang niat sunah puasa Sya‘ban seketika itu juga. Kewajiban niat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib. Untuk puasa sunnah, niat boleh dilakukan di siang hari sejauh yang bersangkutan belum makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh.

Berikut ini lafal niat puasa sunah Sya‘ban di siang hari:

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Sya‘bana lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Sya‘ban hari ini karena Allah SWT.”

Menjalani ibadah umroh adalah impian orang-orang yang beriman dan wujudkan itu bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Waktu Melaksanakan Puasa Sya’ban

Adapun untuk waktu mengerjakan Puasa Sya’ban tentunya dilakukan di Bulan Sya’ban pada Kalender Hijriyah (Kalender Islam) dan perlu kalian mengetahui urutan dalam Kalender Hijriyah tersebut yang pertama Bulan Muharram, Bulan Safar, Bulan Rabiul Awal, Bulan Rabiul Akhir, Bulan Jumadil Awal, Bulan Jumadil Akhir, Bulan Rajab, Bulan Sya’ban, Bulan Ramadhan, Bulan Syawal, Bulan Dzulkaidah dan Bulan Dzulhijjah. Lalu untuk Waktu Puasa Bulan Sya’ban sendiri bisa kalian lakukan di Awal Bulan Sya’ban sampai pertengahan Bulan antara tanggal 13, 14 dan 15 atau paling tidak kalian lakukan pada tanggal 15 karena tanggal tersebut merupakan Hari Nisfu Sya’ban yg sangat mulia dan baik sekali untuk mengerjakan Puasa Sya’ban.

Hikmah Puasa Sya’ban

Bulan Sya’ban yang istimewa menjadi bulan dimana umat islam bisa memperbanyak amalan puasanya. Menjalankan Puasa Sya’ban secara rutin memiliki hikmah tersendiri, diantaranya:

1. Sebagai latihan sebelum melaksanakan puasa Ramadhan

Umroh.com merangkum, menjalankan puasa Syaban bisa dijadikan sebagai sebuah pemanasan untuk memasuki puasa di bulan Ramadhan. Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat islam. Seluruh umat islam wajib berpuasa selama 1 bulan penuh di bulan Ramadhan. Dengan melaksanakan ibadah puasa di bulan Sya’ban, maka nantinya umat islam akan terbiasa untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tidak hanya itu, ia akan menjadi lebih bersemangat untuk menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Semoga setiap insan yang berpuasa di bulan Syaban akan mendapatkan keutamaan.

2. Bisa mengingatkan seorang hamba untuk tidak lalai

Sebelum memasuki bulan Sya’ban, umat islam telah terhanyut dengan keistimewaan bulan Rajab dimana bulan tersebut merupakan bulan Harom serta menanti bulan Ramadhan.

3. Sama saja dengan menjalankan syariat dari Rasulullah

Rasulullah telah terbiasa melaksanakan puasa di setiap bulan sebanyak 3 hari. Namun, beliau juga terkadang menunda dan bahkan mengumpulkan puasa-puasnya untuk dijalankan di bulan Sya’ban. Rasululah menjalankan puasa sebulan penuh di Bulan Sya’ban. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Daud, bahwa Ummu Salamah mengatakan,

“Rasulullah dalam setahun tidak mengerjakan puasa sebulan penuh selain pada bulan Sya’ban, lalu dilanjutkan dengan mengerjakan puasa di bulan Ramadhan.”

tata cara Puasa Sya’ban

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikian tata cara melaksanakan Puasa Sya’ban. Sebagai hamba yang senantiasa ingin mendekatkan diri kepada Allah, kita bisa memperbanyak amalan puasa di bulan Sya’ban. Semoga kita selalu mengikuti sunnah Rasul sehingga dicintai Allah SWT.